Menangkal Radikalisme ala Muhadjir Effendy - Analisa - www.indonesiana.id
x

Yanuar Nurcholis Majid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Agustus 2019

Kamis, 10 September 2020 13:54 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Menangkal Radikalisme ala Muhadjir Effendy


    Dibaca : 241 kali

    Berpikir untuk maju dan tidak berfikir untuk mundur untuk negara ini. Sebab, negara ini kuat karena rakyatnya. Agar negara ini kuat perlu ada pendidikan bela negara bagi penerus anak bangsa. Karena bela negara bentuk pertahanan negara.

    Program ini bela justru terbuka bagi semua kalangan yang memang memiliki inisiatif untuk mengikutinya. Dengan merangkul seluruh elemen masyarakat, justru menurutnya akan semakin mendorong bangsa Indonesia bangga akan identitasnya.

    Tidak hanya milenial termasuk yang dewasa pun harus punya jiwa bela negara. Apa lagi dari kalangan mahasiswa, karena kalau enggak, ya, kita ini kan harus ada yang kita banggakan di kancah internasional, kebanggaan kita sebagai warga bangsa.

    Perlu dicatat nih, program tersebut menanamkan nilai-nilai cinta Tanah Air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai ideologi negara, serta rela berkorban untuk bangsa dan negara.

    Program ini dinilai sangat penting. Berdasarkan keterangan yang penulis kutip. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, program bela negara penting untuk mencegah radikalisme.

    "Ini pentingnya bela negara untuk mencegah radikalisme. Radikalisme apa saja. Caranya dengan melatih kepemimpinan, baik mandiri maupun berkelompok," ujar Muhadjir saat menjadi pembicara pada Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2020 Universitas Abdurrab Pekanbaru melalui video conference, Kamis (3/9/2020).

    Kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga negara ini?.

    Kalau bukan penerus kita siapa lagi. Ini penting pendidikan bela negara di lingkungan kampus harus diperkuat untuk membentengi para mahasiswa dari paparan radikalisme.

    Mahasiswa merupakan ujung tombak dalam membela negara. Terlebih radikalisme dapat mengancam keutuhan NKRI.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.