Cara Perpanjang STNK Online Area Surabaya Lengkap - Urban - www.indonesiana.id
x

Sabrina Apriliani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 September 2020

Jumat, 2 Oktober 2020 17:25 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Cara Perpanjang STNK Online Area Surabaya Lengkap

    Cara Perpanjang STNK Online Area Surabaya Lengkap adalah cara terampuh dalam perpanjang stnk dengan metode online yang cepat dan aman.

    Dibaca : 12.073 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Warga surabaya saat ini anda sudah bisa perpanjang STNK kendaraan anda secara online, tanpa harus ke kantor Samsat. Untuk caranya adalah dengan menggunakan layanan yang disediakan marketplace tokopedia dan bukalapak, yang saat ini sudah menyediakan pembayaran e samsat.

    Namun sebelum melakukan pembayaran, ada hal sangat penting yang harus anda lakukan, yaitu mengetahui syarat perpanjang STNK, untuk syarat wilayah Ssurabaya anda bisa baca di : syarat perpanjang stnk surabaya.


    Pastikan anda membaca persyaratanya dulu agar anda tidak bingung ketika membayar pajak anda.
    Berikut ini adalah langkah-langkah perpanjang STNK online di Surabaya.


    1. Masuk ke tokopedia
    Hal pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus masuk ke tokopedia dulu menggunakan akun yang anda miliki, jika anda belum punya silahkan daftar terlebih dahulu menggunakan nomor telpon atau email anda.


    2. Masuk ke Menu E-Samsat
    Setelah anda masuk ke tokopedia, segera cari menu e-samsat, e samsat sendiri adalah singkatan dari electronic samsat, alias samsat elektronik dimana anda bisa memperpanjang pajak stnk anda secara online.


    3. Pilih jawa timur
    Karena anda berada di surabaya, maka anda bisa memilih jawa timur di pilihan yang tersedia. Namun jika kendaraan anda berada di wilayah lain, anda bisa memilih wilayah lainya juga.
    Namun sayangnya untuk saat ini hanya ada 5 wilayah yang terdaftar dan bisa melakukan perpanjangan pajak stnk online. Antara lain jawa timur, jawa tengah, jawa barat, riau dan juga banten. Lainya belum, namun insyaAlloh akan segera ada tambahan untuk wilayah lainya.


    4. Masukan data kendaran anda
    Setelah anda memilih jawa timur, anda tinggal masukan data kendaraan anda, antara lain Plat Nomor Kendaraan, dan juga Nomor mesin kendaraan, dan NIK KTP anda,. Kemudian anda tinggal pilih bayar


    5. Bayar biaya perpanjang stnk anda
    Untuk biayanya sendiri berbeda-beda untuk masing-masing kendaraan, anda akan dikenakan biaya yang sesuai dengan PKB anda di STNK.


    6. mendapatkan SMS dari SAMSAT
    Setelah anda membayar perpanjangan stnk anda, anda akan mendapatkan sms dari samsat online jawa timur, yang isinya adalah Link E-STNK anda, atau stnk elektornik.
    E-STNK ini bisa anda cetak dan anda gunakan sebagai pengganti STNK, jadi anda tidak perlu lagi datang ke samsat surabaya untuk membayar dan memperpanjang STNK anda lagi.


    7. jika anda tidak mendapatkan SMS
    Jika anda sudah menunggu SMS namun sms berisi link E-STNK tidak kunjung dikirim, maka anda bisa mengirimkan SMS ke 7070 dengan format sms JATIMBUKTIBAYAR[no bukti bayar].
    Anda tunggu saja 1X24 jam maksimal, jangan terburu-buru komplain karena bisa jadi pelayanan SMS sedang delay.


    Namun jika anda tetap tidak mendapatkan sms beriksi Link E-STNK anda, maka anda bisa datang ke samsat surabaya untuk meminta cetak STNK anda disana, anda bisa membawa syaratnya antara lain, KTP, STNK asli dan bukti pembayaran E-STNK Di tokopedia.  Itulah cara perpanjang STNK online di surabaya semoga bermanfaat.

    Ikuti tulisan menarik Sabrina Apriliani lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.



    Oleh: Mulia Zachrie

    Jumat, 13 Januari 2023 21:58 WIB

    Digital Marketing di Era 4.0

    Dibaca : 432 kali