x

jenis cat kayu

Iklan

Akhmad Tefur S

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 September 2020

Rabu, 21 Oktober 2020 16:27 WIB

3 Jenis Cat Kayu untuk Hasil Mengkilap, Lengkap dengan Teknik Menggunakannya

Pengetahuan tentang jenis cat, khususnya cat kayu sangat penting untuk mendapatkan hasil yang optimal untuk perabot kayu Anda. Masing-masing jenis memiliki teknik aplikasi dan perntukan perobot yang khas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Back to nature menjadi salah satu tema hunian kekinian yang banyak dipilih, karena mampu menghasilkan tampilan vintage yang kaya unsur kayu. Untuk menghasilkan kilauan bahan kayu yang pas, tentu dibutuhkan jenis cat yang mampu mewujudkannya. Baik itu untuk dinding, tiang penyangga, hingga ornamen kayu di berbagai bagian hunian. Berikut ini sederet cat yang bisa Anda gunakan, sekaligus teknik yang tepat untuk mengaplikasikannya.
 
Lacquer, Berkilau Sebening Kaca
 
Merupakan jenis dari cat kayu dengan bahan khusus, yang mampu menghasilkan tampilan permukaan kayu yang halus dan bening seperti kaca. Cocok untuk dijadikan cat furniture kayu ruang tamu, pintu berukir, hingga lemari kayu di kamar Anda. Tekniknya dengan terlebih dahulu mengamplas permukaan kayu terlebih dahulu, pilih amplas jenis aluminium oxide 150. Lalu bersihkan sisa amplas menggunakan kain kering, setelah semua bagian benar-benar rata maksimal.
 
Jika Anda ingin permukaan kayu mulus maksimal, bisa menambahkan wood filler dan bahan pelarutnya pada bagian yang berlubang tunggu kering dan amplas kembali. Barulah masuk pada teknik penyemprotan jenis cat lacquer sebanyak tiga lapisan, lapisan pertama disemprotkan secara rata kemudian tunggu kering 20 menit. Sebelum lanjut pada lapisan kedua, pastikan untuk mengamplas permukaan kayu kembali.
 
Begitu selanjutnya hingga lapisan ketiga, tapi di akhir proses lacquer jangan beri amplas sebelum kering sempurna maksimal dua minggu. Barulah setelah itu Anda beri air di permukaan kayu, dan amplas dengan tiga tingkat mulai dari ampas 400, 600, hingga 1200. Finishing touchnya adalah menyemprotkan air atau minyak di permukaan kayu, lalu gosok menggunakan kain katun sampai mengkilap sempurna.
 
Shellac Untuk Tampilan Kilap Alami
Jika Anda ingin mendapatkan hasil kilap permukaan bahan kayu yang alami, bisa memanfaatkan jenis cat shellac dengan bantuan alat poles khusus. Caranya dimulai dengan amplas semua permukaan kayu hingga licin, kemudian bersihkan. Selanjutnya aplikasikan shellac dengan alat khusus yang dibuat dari tiga jenis kain, yaitu wol, kasa dan katun di bagian terluarnya. Buat seperti bola dan celupkan shellac yang sudah dicairkan.
 
Selanjutnya Anda bisa mengusapkan shellac pada permukaan kayu, lakukan dengan gerakan searah dan hanya sekali usap untuk satu bidang. Pastikan semua bagian sudah diolesi merata lalu biarkan kering dalam beberapa menit, kemudian tutup lubang yang ada pada permukaan kayu dengan campuran shellac pakai serbuk kayu. Lanjutkan dengan polesan kedua hingga lapisan kelima dengan teknik yang sama.
 
Water Based Agar Permukaan Kayu Berkilau
Beda dengan dua jenis cat sebelumnya, yang ini lebih mampu menampilkan sisi berkilau dengan warna kayu lebih cemerlang. Tekniknya dengan menggunakan kuas, dimulai dari proses pengamplasan, lalu penutupan lubang menggunakan wood filler. Jika sudah kering, bisa diamplas kembali hingga licin dan dilanjutkan dengan menggunakan cat water based dengan menggunakan kuas cat. Pastikan arah aplikasi kuas searah untuk hasil terbaik.
 
Jika sudah selesai, diamkan sekitar 60 menit sebelum diamplas kembali. Terakhir adalah menggunakan jenis cat glossy untuk finishing, agar kemilaunya tahan lama. Jangan lupa untuk memastikan cat sudah kering sempurna, biasanya hanya butuh waktu maksimal 24 jam saja. cat ini lebih banyak dipakai karena prosesnya yang cepat dan hasilnya yang dinilai lebih bagus.
 
Demikianlah informasi yang bisa didapatkan terkait jenis cat yang bisa dipakai untuk bahan kayu pada hunian baru. Pilih saja cat yang paling cocok dengan keinginan Anda, lalu aplikasikan dengan cara yang tepat. Hasilnya? Anda akan mendapatkan ornamen kayu yang berkilau dan membuat tampilan rumah kayu jadi lebih original dan kaya makna.

Ikuti tulisan menarik Akhmad Tefur S lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB