x

Buruh

Iklan

Ferguso Kubangun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 22 Oktober 2020 22:55 WIB

Pekerja Harus Tau, Ini Keuntungan Jika Jadi Peserta BPJAMSOSTEK

Artikel ini untuk memberikan edukasi kepada para pekerja Indonesia pentingnya menjadi peserta BPJAMSOSTEK (BPJS Ketenagakerjaan) dengan perlindungan 4 Jaminan serta iuran yang sangat terjangkau

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setalah Presiden Joko Widodo mengeluarkan kebijakan relaksasi iuran BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) lewat Peraturan Pemerintah (PP) No 49 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Iuran Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Selama Bencana Non-Alam Penyebaran COVID-19, yang ditandatangani 31 Agustus lalu. Kebijakan ini memberikan angin segar bagi dunia usaha di tengah kesulitan akibat Pandemi Covid-19. Kebijakan ini jelas sangat membantu mengurangi beban perusahaan terkait iuran BPJAMSOSTEK setiap bulan.

Tak tanggung-tanggung loh, adanya relaksasi, iuran menjadi sangat terjangkau. Potongan iuran peserta mencapai 99 persen alias hanya bayar 1 persen saja untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Belum cukup sampai disitu, untuk Jaminan Pensiun juga dapat penundaan pembayaran hingga 99 persen dan hanya cukup membayar 1 persen saja.

Nah, bagi peserta BPU (Bukan Penerima Upah/pekerja informal), cukup bayar Rp34.272 untuk perlindungan 6 bulan. Yuk... ini menjadi kesempatan memanfaatkan relaksasi untuk segera mendaftarkan diri. Peruhaan atau pemberi kerja bisa mendaftarkan seluruh karyawannya agar bisa mendapatkan perlindungan manfaat empat program utama. Bukan cuma itu, peserta juga bakal mendapatkan manfaat lain yang sudah disiapkan pemerintah berupa pencegahan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti kita ketahui bersama, sebanyak 12,4 juta peserta BPJAMSOSTEK mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp600 ribu/bulan yang digelontorkan pemerintah untuk mengatasi dampak Covid-19. Keberhasilan program BSU dapat mendorong BPJAMSOSTEK kembali berperan sebagai mitra penyedia data untuk mendukung pemerintah dalam menghadapi dampak Pandemi Covid-19.

Tuh kan, iuran yang sangat terjangkau dengan manfaat yang berlimpah, sangat disayangkan jika kalian belum terdaftar menjadi peserta aktif. Belum lagi, tidak menutup kemungkinan pemerintah kembali menggunakan basis data peserta aktif BPJAMSOSTEK sebagai data potensi untuk kelanjutan program Pencegahan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Ayoo... tunggu apalagi, daftarkan diri kalian sekarang juga sebagai peserta aktif BPJAMSOSTEK. Mumpung pembayaran iuran sangat terjangkau dengan manfaat yang luar biasa. Oiya, tetap jaga kesehatan agar terhindar dari Covid-19 yah. Jangan lupa 3 M (Mencuci tangan dengan sabun, Menggunakan masker dan Menjaga jarak).

Ikuti tulisan menarik Ferguso Kubangun lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler