x

Iklan

Sri Kandhi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Agustus 2020

Selasa, 27 Oktober 2020 13:12 WIB

Mengapa Investor Penting Bagi Sebuah Bisnis?

Dengan adanya investasi, roda perekonomian perusahaan akan berjalan dengan baik. Selain roda perusahaan yang berjalan, roda perekonomian daerah dan negara juga ikut mendapatkan manfaat karena memperoleh devisa dari aktivitas perusahaan tersebut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Investasi, sebuah kegiatan menanamkan modal baik langsung maupun tidak langsung. Harapan adanya investasi adalah nantinya pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut.

Tidak hanya sang penanam modal yang mendapatkan untung, namun si penerima modal ‘pun kecipratan rezeki dari investor melalui modal yang dikucurkan. Modal yang dikucurkan tersebut digunakan untuk menjalankan sebuah bisnis atau pembuatan perusahaan, ‘tak terkecuali untuk pembangunan industri pemurnian mineral, atau biasa dikenal dengan sebutan smelter. 

Ketidakpastian dan perlambatan ekonomi global, tuntutan perubahan teknologi dalam industri 4.0, dan ekonomi digital menjadi rangkaian persoalan bersama dengan efektivitas investasi yang rendah di negara ini. Indonesia diharapkan dapat meningkatkan realisasi investasi serta memperbaiki efektivitas investasi agar dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan adanya investasi, roda perekonomian perusahaan akan berjalan dengan baik. Selain roda perusahaan yang berjalan, roda perekonomian daerah dan negara juga ikut mendapatkan manfaat karena memperoleh devisa dari aktivitas perusahaan tersebut. Ambil contoh seperti perusahaan smelter yang pada akhirnya menghasilkan beberapa produk dan nantinya akan diekspor ke berbagai negara yang membeli produk tersebut. 

Dapat disimpulkan, inovasi dari perusahaan agar dapat menarik perhatian investor untuk menanamkan modalnya sangatlah penting. Jika investasi tidak berjalan, maka perusahaan tidak akan berjalan dengan baik karena kekurangan sokongan dana untuk beroperasi.

Kekurangan sokongan dana untuk beroperasi akan berdampak pada kurang maksimalnya perusahaan dalam bekerja. Seperti, kurangnya modal pembelian bahan baku dan tersendatnya upah karyawan/buruh. Ketika sudah kekurangan, maka akan mengakibatkan hal yang tidak diinginkan seperti pemutusan hubungan kerja (PHK).

Bayangkan jika perusahaan melakukan PHK sebanyak 1.000 orang karyawan secara langsung, itu tentu mengerikan. Terlebih, jika hak perusahaan untuk beroperasi juga ditutup oleh pemerintah karena perusahaan tak lagi mampu membayarkan pajak. Sebab, tak ada lagi pemasukan dan dana perusahaan yang sebenarnya dapat disokong melalui investor. 

Maka dari itu, pentingnya perusahaan untuk mengusahakan mendapatkan investasi adalah prioritas. Karena jika tidak begitu, sama saja perusahaan merenggut hak dan kehidupan dari buruh atau karyawan sebabnya mereka terkena pemutusan hubungan kerja.

Sekali lagi, bagi Anda pemilik perusahaan atau pelaku usaha, masih pentingkah investasi bagi bisnis Anda? Atau, Anda memilih untuk disokong oleh dana yang hanya bersifat sementara?

Ikuti tulisan menarik Sri Kandhi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler