Tak Cuma Guru, Ini 7 Pekerjaan Keren Sarjana Pendidikan - Urban - www.indonesiana.id
x

Sarjana sumber:pixabay.com

Ahmad Hidayat

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 November 2020

Minggu, 8 November 2020 11:09 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Tak Cuma Guru, Ini 7 Pekerjaan Keren Sarjana Pendidikan

    Artikel ini berisi informasi mengenai pekerjaan yang dapat dilakoni oleh sarjana pendidikan selain guru. Artikel ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin memulai pekerjaan lain tapi masih berkaitan dengan bidang pendidikan.

    Dibaca : 1.403 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sarjana pendidikan (S.Pd) adalah gelar sarjana yang mempelajari ilmu-ilmu pendidikan. Nah, gelar sarjana ini terbagi dalam berbagai cabang keilmuan. Misalnya, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPS, Manajamen Pendidikan, Teknologi Pendidikan dan masih banyak yang lainnya. Bagi generasi milenial yang bercita-cita menjadi seorang guru atau ahli dibidang pendidikan maka sangat direkomendasikan untuk masuk fakultas atau program studi berbasis pendidikan keguruan. Hal ini karena adanya syarat linieritas bagi calon guru agar memiliki gelar sarjana pendidikan. Tapi, banyak loh jenis pekerjaan lain yang bisa dilakukan oleh lulusan bergelar sarjana pendidikan selain pekerjaaan guru. Berikut adalah tujuh pekerjaan keren sarjana pendidikan selain guru:
    1. Penulis Buku Pendidikan

    Lulusan sarjana pendidikan tentunya memiliki bekal keilmuan yang cukup dalam bidang pendidikan. Selain mengajar, kalian bisa juga menuliskan ide-ide segar yang terkait dengan pendidikan. Kalian bisa menulis buku ajar atau buku pendidikan. Buku tersebut dapat berbentuk ebook atau buku cetak yang nantinya dari buku itulah kamu mendapat penghasilan. Bagaimana? Keren bukan?
    1. Konsultan Pendidikan

    Banyak orang diluar sana yang mengalami masalah dalam dunia pendidikan. Masalah tersebut tidak hanya dirasakan siswa, tapi juga dirasakan oleh orang tua siswa, guru, bahkan penyelenggara pendidikan. Kalian bisa membantu mereka dengan pengalaman dan ilmu yang kalian punya. Membuat mereka berkembang dan meringankan masalah yang berkaitan dengan pendidikan adalah tugas dari konsultan pendidikan. Apakah bisa sarjana pendidikan jadi konsultan pendidikan? Jawabannya bisa banget.
    1. Kepala Sekolah

    Guru dan kepala sekolah adalah dua jenis pekerjaan yang berbeda. Tugas guru adalah mengajar dan mendidik siswa-siswinya, sementara tugas kepala sekolah adalah memimpin, membimbing, melakukan manajemen institusi, membuat dan mewujudkan visi misi sekolah dan sebagainya. Sarjana pendidikan memiliki peluang yang cukup besar untuk menjadi kepala sekolah. Kalian mau?
    1. Narasumber Seminar

    Menjadi pembicara dapat dilakukan oleh siapapun, termasuk kalian yang bergelar sarjana pendidikan. Bekal keilmuan dalam bidang pendidikan ditambah dengan prestasi-prestasi saat kuliah dapat menjadi nilai tambah untuk menggeluti bidang ini. Apalagi jika kalian rajin menulis buku, pasti banyak lembaga pendidikan yang meminta kalian untuk berbagi ilmu. Wah, asyik banget pastinya.
    1. Entrepeuneur

    Kata siapa sarjana pendidikan tidak boleh menjadi pengusaha? Justru peluangnya sangat terbuka lebar. Kalian dapat membuat mainan edukasi atau menjadi penjualnya. Kalian dapat mendirikan sekolah atau tempat bimbingan belajar dengan cara yang kreatif dan inovatif. Kalian bisa membuat penerbitan buku ataupun membentuk event organizer seminar-seminar. Luar biasa bukan?
    1. Youtober

    Loh, apakah ini termasuk pekerjaan? Ya, tentu saja. Kalian dapat berbagi ilmu kalian di youtobe chanel kalian. Ini adalah media yang cukup potensial untuk membesarkan namamu. Belum lagi adsense youtobe yang menggiurkan, tetapi tentu saja dengan proses dan kerja keras. Ajaklah teman-temanmu untuk menjadi tim yang mampu membesarkan chanel youtobemu.
    1. Peneliti

    Sudah bukan rahasia lagi, jika ingin lulus dan mendapat gelar sarjana pendidikan kalian harus melakukan penelitian ataupun pengabdian yang ditulis dalam bentuk skripsi. Nah, dari sini kalian punya bekal untuk menjadi seorang peneliti. Banyak loh lembaga pendidikan yang membutuhkan jasa peneliti-peneliti untuk mengatasi dan mencari sumber masalah serta menemukan solusi permasalahan. Celah itu dapat kalian manfaatkan sebagai pekerjaan kalian. Itulah tujuh pekerjaan keren yang dapat dilakukan sarjana pendidikan. Apakah kalian tertarik menyelami salah satunya?
     

    Ikuti tulisan menarik Ahmad Hidayat lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.










    Oleh: web seo

    Minggu, 26 Juni 2022 12:08 WIB

    Cara Membersihkan Thorttle Body pada Motor

    Dibaca : 465 kali