Pemenang UN Women 2020 Asia-Pacific Women Empowerment Principles (WEPs) Awards - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Fandy Syah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 September 2020

Jumat, 27 November 2020 06:20 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Pemenang UN Women 2020 Asia-Pacific Women Empowerment Principles (WEPs) Awards

    Kesetaraan perempuan un woman dalam acara un woman

    Dibaca : 781 kali

    UN Women hari ini mengumumkan para pemenang dari Indonesia dalam UN Women 2020 Asia-Pacific Women Empowerment Principles (WEPs) Awards. WEPs Awards, yang didukung oleh Uni Eropa, diberikan kepada pemimpin usaha dan perusahaan-perusahaan Indonesia atas kontribusi mereka dalam memajukan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

    Penghargaan ini merupakan bagian dari 2020 UN Women Asia-Pacific WEPs Awards. Penghargaan yang pertama kalinya diselenggarakan di Asia Pasifik ini bertujuan memberikan pengakuan kepada pelaku usaha dan perusahaan atas praktik baik dalam mendukung kesetaraan gender. Selain itu, WEPs Awards juga dilaksanakan untuk menginspirasi pelaku usaha dan perusahaan lainnya untuk mengambil aksi untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

    Lebih dari 60 aplikasi dari Indonesia telah diterima untuk mengikuti WEPs Awards yang dibagi dalam enam kategori, yaitu: kepemimpinan, kepemimpinan muda (untuk pemimpin berusia maksimal 30 tahun), tempat kerja yang inklusif gender, marketplace yang responsif gender, pelibatan komunitas dan industri, dan respon terhadap Covid-19.

    Covid-19 mengekspos kerentanan perempuan terhadap guncangan ekonomi dan memperdalam ketidaksetaraan yang sudah ada di Indonesia sejak sebelum pandemi. Penghargaan ini diselenggarakan di saat yang tepat sebagai sebuah kesempatan untuk menyorot dan memperlihatkan praktik baik, serta menginspirasi para pemimpin usaha lain untuk mendorong kesetaraan gender dalam seluruh rantai nilai mereka, khususnya di masa penuh tantangan seperti saat ini, untuk pemulihan yang lebih baik.

    “Kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan sangat penting dalam memperkuat perekonomian nasional. Peran perempuan adalah kunci dalam upaya mempromosikan kesejahteraan untuk semua,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam acara pembukaan. “Saya ingin mengucapkan selamat dan mendorong para pemimpin dan pelaku usaha yang percaya pada kesetaraan gender; bukan hanya karena mendorong kesetaraan gender adalah hal yang sudah seharusnya dilakukan, tetapi juga berkontribusi pada ekonomi dan kesejahteraan global.”

    Para pemenang WEPs Awards dari Indonesia yang diumumkan hari ini, antara lain:
    • Kategori Kepemimpinan: DR. Noni S.A. Purnomo, B.Eng, MBA., Presiden Direktur PT Blue Bird Tbk.
    • Kategori Kepemimpinan Muda: Vania Santoso, Co-Founder heySTARTIC.
    • Kategori Tempat Kerja yang Inklusif Gender: Telkomtelstra.
    • Kategori Marketplace yang Gender Responsif: Bukalapak.
    • Kategori Pelibatan Komunitas dan Industri: Gojek.
    • Kategori Tindakan COVID-19: Indosat Ooredoo.

    “WEPs Awards merupakan momen penting untuk merayakan kemajuan yang telah dicapai dalam pemberdayaan perempuan. Terlepas dari kemajuan yang ada, masih banyak tantangan yang harus kita hadapi dan ini bukanlah jalan yang dapat kita lalui sendiri. Ini merupakan panggilan untuk semua pihak agar mengambil aksi, termasuk di perusahaan tempat kita bekerja, dalam memastikan kondisi kerja yang lebih baik untuk perempuan dan laki-laki, dan kesetaraan upah untuk pekerjaan bernilai sama, tanpa memandang sektor usaha maupun industrinya,” ucap Jamshed M. Kazi, UN Women Representative and Liaison to ASEAN.

    Vincent Piket, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam mengakui pentingnya kerja sama dengan sektor swasta dalam mempromosikan kesetaran gender dan pemberdayaan perempuan. “Hari ini, Uni Eropa bergabung untuk merayakan para pelaku usaha dan perusahaan yang telah mendukung kesetaraan dalam dunia bisnis. Saya memberi hormat para pemimpin yang telah beraksi dalam memastikan inklusi dan keberagaman gender menjadi kenyataan bagi para pekerja, pemasok, dan komunitas yang mereka dukung. Memastikan kesempatan setara bagi perempuan, serta keadilan dan hak ekonomi perempuan merupakan tugas yang tidak mudah. Namun, kami yakin bahwa pelaku usaha mampu untuk mendorong kemajuan,” kata Duta Besar Piket.

    WEPs Awards merupakan bagian inisiatif lebih luas dari program WeEmpowerAsia oleh UN Women dengan dukungan finansial oleh Uni Eropa dan sejalan dengan Women Empowerment Principles – tujuh prinsip-prinsip yang memberikan panduan bagi pelaku usaha dan perusahaan agar rantai nilai mereka lebih responsif gender. Para pemenang dari Indonesia akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti WEPs Awards di tingkat regional Asia Pasifik yang akan diselenggarakan pada 15 Desember 2020.

    ###

    Tentang UN Women
    UN Women merupakan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berdedikasi untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Upaya UN Women didasarkan pada keyakinan dasar bahwa setiap perempuan berhak menjalani hidup yang bebas dari kekerasan, kemiskinan, dan diskriminasi, dan bahwa kesetaraan gender merupakan prasyarat dalam tercapainya pembangunan global.

    Tentang Uni Eropa
    Uni Eropa adalah kesatuan ekonomi dan politik yang unik antara 27 Negara Anggota. Bersama-sama, mereka telah membangun zona yang stabil, berlandaskan demokrasi dan pembangunan berkelanjutan sambil mempertahankan keanekaragaman budaya, toleransi dan kebebasan individu. Pada tahun 2012, Uni Eropa dianugerahi Penghargaan Nobel Perdamaian karena upayanya dalam menjunjung perdamaian, rekonsiliasi, demokrasi dan hak asasi manusia di Eropa. Uni Eropa adalah blok perdagangan terbesar di dunia; dan merupakan sumber dan tujuan investasi langsung asing terbesar di dunia. Secara kolektif, Uni Eropa dan Negara-negara Anggotanya adalah donor terbesar untuk Bantuan Pengembangan Resmi (ODA) dengan menyediakan lebih dari setengah ODA secara global.

    Ke-27 Negara Anggota Uni Eropa (dalam urutan alfabet) adalah: Austria, Belanda, Belgia, Bulgaria, Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Hungaria, Irlandia, Italia, Jerman, Kroasia, Latvia, Lituania, Luksemburg, Malta, Polandia, Portugal, Prancis, Romania, Siprus, Slovakia, Slovenia, Spanyol, dan Swedia.

    Kontak Media:
    • Giasinta Livia, National Consultant, Communication Support Specialist, Women’s Economic Empowerment, giasinta.livia@unwomen.org.
    • Radhiska Anggiana, Advocacy and Communication Officer, radhiska.anggiana@unwomen.org.

    DAFTAR PEMENANG DARI INDONESIA
    THE UN WOMEN ASIA-PACIFIC 2020 WOMEN EMPOWERMENT PRINCIPLES AWARDS


    1. Kategori Kepemimpinan
    Kategori ini menyaring para pemimpin di perusahaan yang telah berperan dalam menetapkan komitmen perusahaan yang kuat, termasuk kebijakan atau praktik progresif yang bertujuan untuk mempromosikan kesetaraan gender di tempat kerja, tempat usaha, dan komunitas.
    • Pemenang Pertama: Dr. Noni S.A. Purnomo, B.Eng, MBA, CEO PT Blue Bird Tbk
    • Pemenang Kedua: Sari Safianti, CEO PT Rhenus Project Logistics
    • Pemenang Ketiga: Elim Sritaba, Chief Sustainability Officer PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk
    • Honorable Mention: Noryawati Mulyono, Co-Founder & Director PT Seaweedtama Biopac Indonesia


    2. Kategori Kepemimpinan Muda
    Kategori ini menyaring kaum muda di bawah usia 30 tahun yang telah memberikan kontribusi signifikan untuk mempromosikan kesetaraan gender di tempat kerja, tempat usaha dan atau komunitas.
    • Pemenang Pertama: Vania Santoso, Co-Founder heySTARTIC
    • Pemenang Kedua: Catherine Halim, Co Founder and Managing Director PT Kisaku Mulai Disini


    3. Kategori Tempat Kerja yang Inklusif Gender
    Penghargaan ini memberi pengakuan terhadap upaya perusahaan dalam mengadopsi tindakan yang inklusif gender di tempat kerja, termasuk pendekatan inovatif untuk perekrutan yang setara, dukungan untuk menyediakan pengaturan kerja yang fleksibel, dan mengurangi kesenjangan upah berdasarkan gender.
    • Pemenang Pertama: Telkomtelstra - PT Teltranet Aplikasi Solusi
    • Pemenang Kedua: PT Unilever Indonesia Tbk
    • Pemenang Ketiga: Grab Indonesia
    • Honorable Mention: Bank OCBC NISP Tbk


    4. Kategori Marketplace yang Gender Responsif
    Kategori ini memberi penghargaan bagi perusahaan yang memperjuangkan keragaman pemasok (supplier) dan pemasaran serta periklanan yang responsif gender.
    • Pemenang Pertama: Bukalapak
    • Pemenang Kedua: Amartha
    • Pemenang Ketiga: PT Martina Berto Tbk (Martha Tilaar Group)
    • Honorable Mention: Ecofrenli


    5. Kategori Pelibatan Komunitas dan Industri
    Kategori ini memilih para perusahaan yang mempromosikan kesetaraan gender melalui keterlibatan komunitas dan industri, termasuk mengintegrasikan kesetaraan gender ke dalam program CSR mereka, serta mendukung LSM dan organisasi internasional yang berkomitmen untuk mempromosikan kesetaraan gender.
    • Pemenang Pertama: Gojek
    • Pemenang Kedua: Grab Indonesia
    • Pemenang Ketiga: Telkomtelstra - PT Teltranet Aplikasi Solusi
    • Honorable Mention: PT XL Axiata Tbk


    6. Kategori Tindakan COVID-19
    Penghargaan ini secara khusus mencari perusahaan yang telah memberikan kontribusi signifikan untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam konteks COVID-19.
    • Pemenang Pertama: Indosat Ooredoo
    • Pemenang Kedua: PT Unilever Indonesia Tbk
    • Pemenang Ketiga: Rumah Mode Miranda



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.