PMM UMM Melakukan Proses Produksi Permen Rasa Susu bersama KWT Margi Rahayu - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Amalia P

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Januari 2021

Kamis, 7 Januari 2021 14:43 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • PMM UMM Melakukan Proses Produksi Permen Rasa Susu bersama KWT Margi Rahayu

    Program ini merupakan salah satu program kerja dari PMM Mitra Dosen yang dilakukan bersama KWT Margi Rahayu, Kota Batu. PMM UMM melakukan proses produksi permen rasa susu guna mengetahui keefektifan proses produksi yang dilakukan oleh KWT Margi Rahayu.

    Dibaca : 930 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Gambar 1. Permen rasa susu siap dipasarkan

    Batu – Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Mitra Dosen menggandeng Kelompok Wanita Tani (KWT) Margi Rahayu untuk mengetahui efektivitas dalam proses pembuatan dan pengemasan permen rasa susu. Sebagian besar warga Desa Gunungsari bermata pencaharian sebagai peternak sapi perah sehingga menjadikan susu menjadi produk utama yang mendominasi masyarakat Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

    Pembuatan dan pengemasan permen rasa susu dilaksanakan di kediaman Ibu Sulis, salah satu anggota Kelompok Wanita Tani Margi Rahayu, Senin, (30/11/2020) pukul 13.00 WIB. Kegiatan proses pembuatan dan pengemasan produk permen rasa susu dilakukan oleh anggota PMM UMM Mitra Dosen dan didampingi Ibu Sulis.

    PMM UMM Mitra Dosen menggandeng KWT Margi Rahayu bertujuan untuk mengetahui apakah proses yang dilalui selama pembuatan dan pengemasan produk permen rasa susu telah dilakukan secara efektif. Dengan demikian, anggota PMM UMM Mitra Dosen melakukan praktik secara langsung dalam proses pembuatan dan pengemasan produk permen rasa susu.

    Anggota PMM UMM Mitra Dosen melakukan proses pembuatan mulai dari menuangkan susu ke wajan, mencampurkan dengan gula dan agar- agar yang kemudian diaduk sampai menjadi adonan yang kental dan dituangkan ke atas telenan, hingga dipotong menggunakan solet plastik.

    Gambar 2. Proses pembuatan permen rasa susu

    Dari proses produksi yang telah dilakukan, diketahui bahwa proses dalam pembuatan permen masih kurang efektif yaitu pada proses pemotongan. Hal ini dikarenakan pemotongan dilakukan secara manual dengan menggunakan solet plastik sehingga dapat berpengaruh pada hasil proses produksi seperti ukuran yang tidak sama pada produk permen dan dapat berpengaruh pada jumlah permen yang dihasilkan karena dengan melakukan pemotongan secara manual dapat memakan waktu yang cukup lama.

    Dalam pembuatan permen rasa susu peralatan yang dibutuhkan yaitu wajan, kompor, pengaduk, solet plastik, dan telenan plastik, sedangkan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan permen adalah susu segar, gula, dan agar- agar. Dan untuk pengemasan permen bahan yang dibutuhkan yaitu kemasan luar menggunakan kertas hvs yang sudah dicetak dengan desain produk, kertas food grade sebagai lapisan kedua agar permen tidak lengket pada kemasan luar, dan kemasan standing pouch.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.