3 Software Pengolah Angka Selain Microsoft Excel yang Bisa Jadi Alternatif - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Kamis, 7 Januari 2021 22:35 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 3 Software Pengolah Angka Selain Microsoft Excel yang Bisa Jadi Alternatif

    Apakah Anda tahu tahu tentang adanya software pengolah angka selain Microsoft Excel? Jika tidak maka simak artikel yang akan membahas beberapa software pengolah angka selain Microsoft Excel ini.

    Dibaca : 611 kali

    Spreadsheet alias software pengolah angka adalah sebuah program yang berfungsi melakukan pengolahan data berupa angka. Spreadsheet ini mampu melakukan berbagai pengolahan angka yang melibatkan penggunaan rumus-rumus, melakukan pembuatan tabel, grafik, dan lain sebagainya.

     

    Software pengolah angka ini mudah dikenali hanya dari lembar kerjanya alias worksheetnya yaitu tampilannya yang berupa baris dan kolom dan pengetikannya dilakukan pada sel-sel yang ada.

     

    Setelah membaca pengertian dan ciri khas dari software Spreadsheet, pasti Anda langsung teringat akan suatu software bukan? Yap, saya jamin mayoritas akan teringat dengan Microsoft Excel.

     

    Popularitas Microsoft Excel sebagai sebuah software Spreadsheet sendiri melejit ketika mayoritas komputer menggunakan sistem operasi Windows, dan hingga kini pun Windows masih menjadi sistem operasi yang digunakan oleh mayoritas orang sehingga popularitas Microsoft Excel pun hingga kini masih sangat besar, bahkan saking besarnya hingga ada banyak orang yang tidak tahu bahwa sebenarnya ada software pengolah angka lain selain Microsoft Excel.

     

    Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang tidak tahu tentang adanya software pengolah angka selain Microsoft Excel?

     

    Jika iya, lanjut simak artikel ini karena di bawah ini saya akan membahas beberapa software pengolah angka selain Microsoft Excel yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif pengganti Microsoft Excel.

     

    Mengetahui alternatif dari Microsoft Excel sendiri cukup berguna mengingat Microsoft Excel bukanlah software yang sempurna dan punya kelebihan dan kekurangan layaknya software lain.

     

    Kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel sendiri ada banyak khususunya kelebihannya, tapi dari beberapa kekurangan yang ada Microsoft Excel punya satu kelemahan yang cukup membuat banyak orang enggan menggunakannya yaitu berbayar, yap seperti yang dilansir dari situs Mas Dzikry Microsoft Excel merupakan software pengolah angka berbayar yang membutuhkan lisensi untuk menggunakannya.

     

    Oke, tanpa banyak basa-basi lagi berikut ini list software pengolah angka alternatif Microsoft Excel yang saya rekomendasikan.

     

    1. Kspread

    Kspread adalah salah satu software pengolah angka yang memiliki cukup banyak pengguna, kelebihan dari Kspread ini adalah sifatnya yang open source dan support berbagai sistem operasi. Open source sendiri maksudnya bersifat terbuka yang mana artinya software ini memungkinkan penggunanya mengubah-ubah kode program sehingga pengguna bisa menambahkan fitur-fitur baru pada software ini.

     

    Keunggulan lain yang dibawa oleh software ini antara lain adalah kemampuannya untuk membuka file Spreadsheet dari software lain seperti file excel dan menyimpannya ke berbagai format file spreadsheet termasuk format .xlsx .

     

    2. OpenOffice Calc

    Software pengolah angka selain Microsoft Excel kedua yang akan kita bahas kali ini adalah sebuah software yang bernama OpenOffice Calc. Seperti namanya yaitu Open, software ini merupakan software pengolah angka yang bersifat open source, selain itu software ini juga multiplatform yang artinya software ini bisa digunakan di berbagai sistem operasi.

     

    Selain bersifat open source dan multiplatform, OpenOffice Calc ini punya kelebihan lagi yaitu tampilannya yang sederhana dan mudah untuk digunakan alias user friendly, tampilannya sendiri bisa dibilang mirip-mirip dengan Microsoft Excel, karenanya banyak orang yang menggunakan software ini. 

     

    3. Gnumeric

    Di urutan ketiga ada software pengolah angka selain Microsoft Excel yang bernama Gnumeric. Gnumeric adalah software pengolah angka yang juga seperti dua software sebelumnya yaitu sama-sama bersifat open-source dan bisa digunakan di berbagai sistem operasi. 

     

    Kelebihan lain dari Gnumeric ini adalah kemampuannya dalam mengolah data dalam jumlah yang besar dan adanya fitur-fitur dan alat berguna yang sudah terpasang langsung (built-in) di dalam programnya.

     

    Penutup

    Itulah dia beberapa software pengolah angka atau software Spreadsheet selain Microsoft Excel yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan angka. Sebenarnya masih ada banyak software pengolah angka lainnya yang belum saya sebutkan dan ketiga software di atas merupakan yang paling populer sehingga saya sebut pada artikel kali ini, oleh karena itu jika Anda tertarik dengan software lainnya silahkan googling saja dan Anda akan menemukan banyak software alternatif Microsoft Excel lainnya.

     

    Oke, sekian dulu artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.