x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 21 Januari 2021 06:37 WIB

KKN Tematik IPB 2021, Optimalkan Peran Taman Bacaan Lentera Pustaka Dalam Pemberdayaan Masyarakat

KKN tematik mahasiswa IPB di Taman Bacaan Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Bogor fokus optimalkan peran taman bacaaan di tengah masyarakat. Sebagai sarana belajar dan membaca

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di tengah wabah pandemi Covid-19, 10 mahasiswa IPB siap melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata)-tematik tahun 2021 ini di TBM Lentera Pustaka Desa Sukaluyu Kecamatan Tamansari, Bogor. Selain untuk memberi pengalaman kepada mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat, KKN-T IPB ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan 120 anak-anak pembaca aktif usia sekolah yang sudah terbiasa membaca seminggu 3 kali.

 

Selain membangun empati atas realitas yang diihadapi masyarakat desa, para mahasiswa KKN IPB pun akan secara langsung melakukan aktivitas nyata ke tengah masyarakat, yang menyangkut 5 program nyata yaitu:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

  1. Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Covid-19, Pembuatan Hand Sanitizer dan Distribusi Masker.
  2.  Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC)
  3.  Pekarangan Pangan Lestari (P2L)
  4.  Penyusunan Database Buku TBM Lentera Pustaka dan Pemberian Donasi Buku
  5.  Promosi Potensi Desa dan Sumberdaya Melalui Media Sosial

 

"Kami berharap KKN-T IPB tahun 2021 ini dapat membangun sikap empati mahasiswa, di samping dapat membantu pemecahan masalah yang ada di masyarakat. Mahasiswa harus memainkan peran lebih besar untuk masyarakat, bukan hanya di kampus atau akademis semata. Agar ilmunya bermanfaat untuk masyarakat" ujar Dr. Bambang Hendro Trisasongko selaku Dosen Pembimbing Lapangan saat lokakarya KKN-T IPB melalui zoom hari ini.

 

Dipimpin Dedy Firmansyah Lubis, dkk akan melakukan aktivitas langsung ke TBM Lentera Pustaka. Diantaranya dengan melakukan "Penyusunan Database Buku TBM Lentera Pustaka dan Pemberian Donasi Buku". Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan pencatatan arsip atau database buku-buku yang dipunyai TBM Lentera Pustaka melalui excel atau media lain. Pencatatan atau database tersebut akan menjadi pondasi dalam pembuatan database yang terhubung secara lokal. Selanjutnya, database yang sudah jadi dalam bentuk excel atau media lain, akan di export ke SQL yang selanjutnya akan dibuat interface sehingga memudahkan pembaca TBM Lentera Pustaka untuk mencari atau mengetahui ketersedian buku-buku menggunakan komputer yang ada di taman bacaan.

 

"TBM Lentera Pustaka sangat mendukung aktivitas KKN-T IPB di taman bacaan. Sebuah langkah bagus untuk mahasiswa dalam menunjukkan kiprah nyata di maysrakat, di samping dapat memberi rekomendasi untuk pengembangan wilayah di Desa Sukaluyu. Sebagai mitra KKN, TBM Lentera Pustaka siap membantu mahasiswa" ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Porgram TBM Lentera Pustaka.

 

Kegiatan KKN-T IPB tahun 2021 ini akan berlangsung dari 20 Januari - 28 Februari 2021. Namun secara aktivitas akan disesuaikan dengan kondisi Covid-19 dan penerapan protool kesehatan yang ketat. Patut diketahui, TBM Lentera Pustaka merupakan satu-satunya taman bacaan resmi yang ada di Kecamatan Tamansari Kab. Bogor. Saat ini memiliki 6.500 buku bacaan dan menerapkan "TBM Edutainment", tata kelola taman bacaan berbasis edukasi dan hiburan. Dengan alokasi waktu membaca 3 kali seminggu, kini tiap anak rata-rata mampu membaca 5-10 buku per minggu. TBM Lentera Pustaka pun bertekad akan terus mengkampanyekan pentingnya tradisi baca dan budaya literasi pada anak-anak. Selain aktivitas taman bacaan, TBM Lentera Pustaka pun memiliki program GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) yang diikuti 11 ibu-ibu buta huruf, di samping membina 11 anak yatim binaan agar tetap lanjut sekolah.

 

KKN mahasiswa IPB ini sekaligus menjadi bukti kepedulian mahasiswa dan kampus dalam mendukung taman bacaan sebagai sarana membaca masyarakat, di samping tempat belajar segala aspek kehidupan yang perlu dikembangkan. Ubah niat baik jadi aksi nyata ... #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan #KKNIPB

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu