x

perbandingan antara lantai kayu dan lantai vinyl

Iklan

IT Team (wijdan)

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Januari 2020

Rabu, 3 Februari 2021 12:07 WIB

Antara Llantai Kayu dan Vinyl, Mana yang Lebih Baik?

Kita akan merincikan kekurangan dan kelebihan lantai kayu dan lantai vinyl serta perbandingan diantara keduanya. sehingga ketahui jenis lantai mana yang terbaik untuk di pasang pada hunian

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lantai kayu vs lantai vinyl - Baik, kali ini kita akan coba ulas mengenal dekorasi rumah. Bagian yang tidak bisa kita hiraukan dalam mendekorasi rumah adalah bagian lantai. Dimana bagian lantai ini merupakan bagian yang perannya sangat penting pada hunian.

Lantai berfungsi untuk penghubung antara ruangan satu dengan ruangan lainnya. Untuk mendapati rumah yang nyaman, tentu bagian ini tidak bisa di hiraukan karena bagian inilah yang kita rasakan langsung oleh kaki kita.

Makanya, kenyamanan lantai sangat penting untuk diperhitungkan dan di perhatikan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ada banyak jenis lantai yang bisa pilih dari mulai lantai paling umum yaitu ubin keramik, marmer, lantai kayu, lantai vinyl hingga lantai bambu.

Diantara jenis-jenis lantai yang telah kita sebutkan ada dua jenis lantai yang saat ini sedang menjadi trending untuk di pasang, yaitu lantai kayu dan lantai vinyl.

Lantai kayu saat ini banyak digunakan karena memang sering memberikan kesejukan, kenyamanan dan juga nilai arsistik.

Sementara itu lantai vinyl banyak digunakan karena memiliki corak unik misalnya corak kayu yang sangat mirip namun dengan harga yang lebih murah dan pemasangan yang lebih mudah.

pemasangan lantai kayu di kamar tidur

Diantara dua jenis lantai ini, mana yang lebih baik ?

Diantara dua jenis lantai ini tentu ada kekurangan, kelebihan dan segmen pasarnya tersendiri sehingga akan ada kecenderungan orang untuk memilih lantai kayu dan dilain sisi juga akan ada orang yang berkecendrungan untuk memilih lantai vinyl.

Berikut ini kekurangan dan kelebihan lantai kayu

Kelebihan lantai kayu

  • Memiliki nilai estetis yang tinggi
  • Nyaman dipijak
  • Bisa memberikan kesan sejuk saat udara sedang panas dan sebaiknya
  • Bermanfaat bagi kesehatan

Kekurangan lantai kayu

  • Harganya terbilang cukup mahal
  • Pada jenis lantai kayu solid, pemasangannya terbilang sulit
  • Tidak tahan kemebaban

Sedangkan untuk lantai vinyl memiliki kekurangan dan kelebihan seperti ini :

Kelebihan lantai Vinyl

  • Memiliki banyak corak pilihan
  • Mudah di pasang
  • Tahan air
  • Anti rayap

Kelemahan lantai vinyl

  • Mengandung VOC (votatile organic compounds) yang kurang baik bagi kesehatan
  • Mudah tergores benda tajam
  • Jika sudah rusak, sulit di perbaiki

 

Dalam kekurangan dan kelebihan diatas, kita bisa menilai bahwa lantai vinyl merupakan jenis lantai yang memiliki kelebihan berkebalikan dari lantai kayu begitu juga lantai kayu yang memiliki kekurangan dan kelebihan yang berkebalikan dengan lantai vinyl.

Sehingga dalam memilih lantai kayu dan lantai vinyl. Harus diperhatikan dulu, mau dijadikan seperti apa hunian kita ?

Bagi anda yang mengingkan hunian yang elegan dan nyaman, lantai kayu bisa anda gunakan.

Namun, jika anda mencari jenis lantai bermotif unik dan harga yang murah serta bisa di pasang sendiri, pemilihan lantai vinyl adalah keputusan yang terbaik.

Perbandingan lantai kayu dan Vinyl

Baik, sebagai bahan pertimbangan lain, mari kita bandingkan secara langsung lantai vinyl dan lantai kayu ini dari segi harga, kenyamanan, estetis dan teknik pasang

Harga

Sebagaimana di jelaskan diatas bahwa harga lantai kayu terbilang cukup tinggi dan lantai vinyl menjadi solusi bagi anda yang mengingkan lantai bercorak kayu namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Lantai kayu memiliki harga antara 150-790rb /m². Sementara itu lantai vinyl memiliki harga antara 110 sampai 220rb /m².

Kenyamanan

Dari segi kenyamanan, lantai kayu adalah juaranya. Lantai kayu dikenal dapat membuat kesan hangat ketika udara sedang dingin dan dapat membuat kesan sejuk ketika udara luar sedang panas-panasnya.

Sementara itu, lantai vinyl memiliki kesan lebih hangat dalam kondisi apapun sehingga bila kondisi cuaca sedang panas, lantai vinyl tidak dapat menyejukan ruangan.

Nilai estetis ruangan

Ada dua jenis lantai yang dapat meningkatkan nilai seni pada hunian yaitu lantai kayu dan juga lantai marmer atau granit.

Kenapa demikian ?

lantai kayu estetis

Karena jenis lantai ini merupakan jenis lantai yang berasal langsung dari alam. Jadi corak-corak yang di tampilkan pada lantai tersebut langsung dari alam sehingga kesan estetisnya lebih tinggi karena tidak sama antara ubin satu dan lainnya.

Makanya, dalam hal estetis ruangan kita sudah tahu jenis lantai mana yang lebih baik, apakah lantai vinyl atau lantai kayu.

Bagaimana dengan lantai Vinyl ?

Pada lantai vinyl, masing-masing lembarnya memiliki corak yang sama alias monoton sehingga ketika terpasangkan lantai vinyl lebih kaku dibandingkan lantai kayu

Cara pasang

Lantai kayu adalah salah satu jenis lantai yang memiliki cara pasang yang terbilang paling sulit karena banyak tahapan yang harus dilalui dan diperhatikan misalnya memperhatikan kondisi muai susut kayu.

lantai vinyl cara pasang

Sedangkan lantai vinyl dibuat sebagai antithesis dari lantai kayu karena bisa memberikan solusi pemasangan yang jauh lebih mudah.

Semoga dengan Pembahasan kali ini rekan rekan bisa menentukan jenis lantai mana yang terbaik untuk digunakan pada hunian.

Demikian ulasan kali ini semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik IT Team (wijdan) lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler