x

Iklan

ADILA HASNA ANDARI

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Februari 2021

Jumat, 12 Februari 2021 07:08 WIB

Berbahasa Asing dan Berdiplomasi

Nama Saya Adila Hasna Andari saya kuliah di Universitas Parahyangan dan masuk jurusan Hubungan Internasional di artikel ini saya akan menceritakan tujuan saya masuk jurusan Hubungan Internasional

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hubungan Internasional adalah sebuah interaksi negara dalam sistem global, termasuk aktivitas dan kebijakan pemerintah, organisasi internasional, non-pemerintah. HI sering  dianggap sebagai cabang ilmu politik begitupun sebaliknya. HI merupakan inquiry (riset empiris) interdisipliner. Aspek hubungan internasional, terutama adalah perang dan diplomasi antar negara. Tidak hanya perang, namun dari segi ekonomi hingga pendidikan termasuk kedalam isu-isu yang akan dibahas di dalam HI.

Mahasiswa yang memilih jurusan HI untuk dipelajari tidak jauh untuk menjadi seorang diplomat. Begitupun dengan saya, saya memilih jurusan HI karena saya memiliki tujuan hidup untuk menjadi seorang diplomat atau duta besar yang mewakili negara Indonesia di negara lain. Namun, tidak hanya diplomat saya juga memiliki keinginan untuk menjadi sebuah pegawai organisasi Internasional. Dengan tujuan hidup yang saya miliki ini, saya bertekad untuk mencapainya dan menjadikannya sebuah kenyataan. Dengan cara memahami ilmu-ilmu yang ada di dalam jurusan HI dan juga belajar berbahasa asing agar saya bisa berinteraksi dengan berbagai orang dari belahan dunia.

Berdiplomasi juga dapat diartikan sebagai sebuah proses komunikasi yang melibatkan keterampilan dari seseorang untuk melakukan sebuah observasi, negosiasi, melaporkan dan memberikan penpat atau saran. Kemampuan berdiplomasi sangatlah penting untuk menjadi seorang diplomat. Melalui gaya dan cara bagaimana seorang diplomat berdiplomasi agar dapat menerima kesepakatan yang diinginkan. Oleh karena itu, berdiplomasi menjadi sebuah wadah bagi para pemimpin atau perwakilan negara dapat berkomunikasi dengan negara lain untuk menyelesaikan suatu hal. Salah satu hal yang harus diperhatikan pada saat berdiplomasi adalah kita harus mau untuk mendengarkan pendapat serta saran dari orang lain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain berdiplomasi, kemampuan bisa berbicara bahasa asing merupakan point tambahan yang baik. Mengingat bahwa HI adalah sebuah interaksi antar negara maka dengan bisa berbicara bahasa asing kita akan mampu berkomunikasi dengan negara lain. Melalui bahasa pesan dan maksud yang ingin disampaikan akan mudah dan dapat dipahami satu sama lain. Setidaknya walaupun kita tidak bisa berbagai bahasa asing, kita dapat mengerti bahasa Inggris. Dikarenakan bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang universal bagi negara dan negara lain untuk dapat bisa berkomunikasi. 

Bagi saya berdiplomasi dan juga berbahasa asing telah menjadi sebuah hobi saya. Sejak saya berada di tingkat SD saya telah belajar berbahasa inggris dan saya memiliki hobi travelling. Hingga saat ini, saya terus mempelajari bahasa asing seperti korea dan juga bahasa jerman. Saya memiliki sebuah impian untuk bisa berdiplomasi sebagai perwakilan negara Indonesia di negara Inggris, Korea, atau Jerman. Maka dari itu, saya tidak akan menyianyiakan apa yang telah saya capai saat ini dan saya bertekad akan terus belajar dan mengejar apa yang saya impikan.

Ikuti tulisan menarik ADILA HASNA ANDARI lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini