x

menghargai air

Iklan

Vanessa Tanuwi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Maret 2021

Rabu, 17 Maret 2021 07:52 WIB

Esensi Air Permukaan

Indonesia kaya akan air, dan kekayaannya sedang dalam krisis.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa itu air permukaan? Bukannya sama saja air itu? Bukan, berbeda teman-teman. Air permukaan adalah air yang berada di permukaan, yang dapat kita lihat dengan mata telanjang. Jadi air permukaan itu dimana? Air permukaan contohnya seperti air di sungai, danau, rawa, dan banyak lagi. Air permukaan merupakan salah satu air yang paling sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari, mencuci, mandi, makan dan minum. Tidak hanya itu, air permukaan juga menjadi salah satu sumber pembangkit listrik. Di Indonesia sendiri, PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) memiliki jumlah yang tidak sedikit dan telah meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat sekitar. Indonesia merupakan negara agraris, negara yang kaya akan SDA dan keindahan perairannya. Pertanian dan budidaya ikan di Indonesia sangat mengandalkan air permukaan, akibat sistem irigasi air permukaan yang baiklah pertanian Indonesia terus berkembang sampai saat ini. Seperti yang kita tau, Indonesia memiliki perairan yang sangat luas dan bercabang. Karena itu air permukaan merupakan peluang emas bagi negara untuk mengembangkan media transportasi, dan lahirlah waterway yang merupakan rencana memaksimalkan kegunaan air permukaan untuk transportasi.

Air merupakan elemen yang sangat amat penting dalam dunia ini, air digunakan hampir dalam seluruh aspek kehidupan kita. Sekarang air permukaan bersih sudah sangat tipis persediaannya, dan kita sebagai penghuni bumi ini harus mulai peduli dan turun tangan. Lihat saja contohnya sungai Ci Sadane yang menjadi muara gunung sampah, padahal sungai Ci Sadane merupakan salah satu jalur transportasi air vital dulu. Jangan sampai kekayaan air permukaan kita hancur lagi, hanya karena kita gagal menyadari betapa pentingnya air permukaan. Jika air permukaan tidak kita jaga dari sekarang maka akan menimbulkan dampak negatif yang berjangka panjang, kalau terus tidak peduli maka air bersih tidak bisa terjamin di masa depan. Jika air bersih habis, maka harga air bersih akan naik drastis. Belum lagi penyakit dan wabah yang berpotensi muncul akibat air permukaan yang kotor, dan berdasarkan data sudah banyak yang meninggal akibat mengkonsumsi air permukaan yang tidak bersih.

air permukaan kotor

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Akibat pasti yang akan muncul jika kepedulian kita masih rendah adalah air sungai, danau, dan rawa akan kotor. Dengan begitu kita akan memakan sayuran dan beras yang terkena air kotor, budidaya biota air yang dibudidaya akan banyak yang mati karena eksploitasi air. Berakibat ke persediaan pangan kita menurun, dan harga pangan akan naik. Sungai pun hanya menjadi wadah sampah, dengan begitu hilang kesempatan emas membangun transportasi air yang akan sangat berguna bagi kita sendiri. Sudah sangat jelas bukan mengapa kita harus peduli terhadap air permukaan, kehidupan bergantung kepada air. Air permukaan merupakan sumber daya alam esensial, dan tingkat persediaan air bersih terjun bebas setiap tahunnya. Segala kehidupan bergantung kepada air, tidak ada air bersih maka tidak ada juga kehidupan bersih. Karena itu mari kita tingkatkan kepedulian terhadap air terutama air permukaan, ayo jaga sisa air permukaan bersih berharga kita ini.

Peduli masa depan, peduli air permukaan.

#HariAirDuniaXXIX2021

#MengelolaAirUntukNegeri

#SiapMembangunNegeri

Ikuti tulisan menarik Vanessa Tanuwi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu