x

foto ini diambil di air terjun coban rais, batu, jawa timur. butuh waktu yang tak singkat dan perjalanan yang berliku untuk bisa sampai hingga mengambil gambar disini.

Iklan

Lailatul Latifah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Maret 2021

Rabu, 17 Maret 2021 19:22 WIB

Pentingnya Air Bersih Untuk Kehidupan di Bumi

#HariAirDuniaXXIX2021 #MengelolaAirUntukNegeri #SigapMembangunNegeri

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

  Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan di bumi. Tidak hanya penting bagi manusia, Air merupakan bagian yang penting bagi makhluk hidup baik hewan dan tubuhan. Makhluk hidup tidak dapat hidup jika tidak ada air, sehingga air sangat dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan makhluk hidup. Tahukah kamu bahwa lebih dari 71% bagian bumi diisi oleh air loh. Tetapi semakin bertambahnya usia bumi, kualitas air semakin menurun. Hal tersebut dikarenakan banyaknya faktor yang diakibatkan dari kegiatan manusia sehari-hari. Tak jarang beberapa daerah di Indonesia bahkan di beberapa negara di dunia sulit mendapatkan air bersih. Padahal jumlah air bersih di muka bumi ini bagaikan tan π/2  (tak terhingga).

    Meminum air sangat berfungsi untuk mengisi cairan dalam tubuh manusia. Selain untuk penghilang rasa haus dan manfaat utama lainnya untuk tubuh, air juga memiliki manfaat lain yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan. Salah satu bentuk perilaku hidup bersih dan sehat  adalah dengan menggunakan air bersih pada kegiatan sehari-hari. Karena kualitas air dapat mempengaruhi kesehatan dan kehidupan sehari-hari. Air yang kita gunakan sehari-hari seperti minum, memasak, mandi dan lainnya harus dalam keadaan bersih sehingga kita dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan karena kualitas air buruk. Dengan menggunakan air bersih kita dapat terhindar dari penyakit seperti diare, kolera, disentri, tipes, cacingan, penyakit kulit hingga keracunan. Untuk itu wajib bagi seluruh anggota keluarga dalam menggunakan air bersih setiap hari dan menjaga kualitas air tetap bersih di lingkungannya. Manusia mungkin dapat hidup beberapa hari akan tetapi manusia tidak akan bertahan selama beberapa hari jika tidak minum karena sudah mutlak bahwa sebagian besar zat pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari 73% adalah air. Penting bagi kita sebagai manusia untuk tetap selalu melestarikan dan menjaga agar air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan melakukan pengelolaan air yang baik seperti penghematan, tidak membuang sampah dan limbah yang dapat membuat pencemaran air sehingga dapat menggangu ekosistem yang ada. 

#HariAirDuniaXXIX2021
#MengelolaAirUntukNegeri
#SigapMembangunNegeri

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Lailatul Latifah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini