x

Iklan

Megawati Viska

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2021

Rabu, 17 Maret 2021 19:26 WIB

Sumber Daya Air: Definisi, Nilai, dan Fungsi Bagi Kelangsungan Hidup Manusia


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    World Day for Water atau Hari Air Dunia yang diperingati pada tanggal 22 Maret setiap tahun sejak 1993 berfokus pada pentingnya air bersih dan pengelolaan air bersih berkelanjutan. Selain itu, inti penyelenggaran Hari Air Dunia adalah untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke-6: Air dan Sanitasi untuk semua orang pada tahun 2030. Air memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda. Untuk rumah tangga, sekolah, tempat kerja, air dapat berarti kesehatan, kebersihan, kehormatan dan kesempatan (United Nations: Valuing Water, 2021).

  Air sebagai sumberdaya alam menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi makhluk hidup. Peningkatan jumlah penduduk sejalan dengan peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap air bersih. Reformasi dalam bidang sumber daya air sangat diperlukan mengingat adanya suatu pergesaran pandangan dan perilaku individu, kelompok, dan masyarakat terhadap air menuju pemahaman yang kurang benar, degradatif, dan mengkhawatirkan (Maryono, 2017:1).

   Pengetahuan terhadap nilai-nilai dan pentingnya air untuk kehidupan kemudian mempengaruhi perilaku dan pandangan individu, kelompok, dan masyarakat dalam proses pengelolaan, pemanfaatan dan pengendalian air. Pada masa pandemi saat ini, masyarakat dituntut untuk menjalankan protokol kesehatan rutin seperti mencuci tangan. Kondisi ini tentu saja mendorong peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap air bersih. Menkeu Sri Mulyani dalam penandatanganan perjanjian KPBU SPAM Regional Jatiluhur I di Jakarta menyatakan “Pembangunan dan aksesibilitas dari air bersih serta sanitasi harus menjadi prioritas bahkan pada situasi pandemi semakin penting karena ini adalah bagian dari membangun ketahanan dan imunitas…” yang dikutip dari antaranews.com 19 Februari 2021.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

     Sebagian besar masyarakat Indonesia belum menyadari seberapa besar nilai air untuk manusia, ekonomi, lingkungan, sosial, industri dan aspek-aspek kehidupan lainnya. Faktanya, tanpa kita sadari air merupakan komponen utama dalam tubuh manusia, dimana kandungan air dalam tubuh orang dewasa berkisar 50%-60%. Kondisi tersebut sudah sepatutnya menjadi pelajaran bagi individu, kelompok dan masyarakat untuk menyadari pentingnya air.

     Kementerian PUPR merupakan kementerian yang diamanatkan mengelola sumber daya air demi ketahanan dan kedaulatan air Indonesia. Terdapat 3 kelompok air, yaitu air baku, air tanah, dan air permukaan. Secara khusus, air permukaan merupakan sumber air yang terdapat di permukaan tanah seperti sungai, danau, waduk, bendungan, dan bangunan lain yang merupakan tampungan air hujan.  Air permukaan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti untuk, minum, mandi, kakus, dan lain-lain.

  Seiring berkembangnya zaman, pemanfaatan air permukaan terus berkembang seperti, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), jalur transportasi sungai (baik transportasi perkotaan atau transportasi wisata), Rain Water Harvesting, dan lain-lain. Melihat kondisi tersebut maka diperlukan sistem penyediaan dan pemanfaatan air yang dibentuk bersama-sama masyarakat berdasarkan pelajaran masa lalu untuk mengatasi permasalahan masa kini. Terdapat 3 (tiga) prinsip yang mendukung pembangunan masa depan yang sehat dalam sektor air, yaitu: 1) Konservasi; 2) Ketahanan; dan 3) Sistem Melingkar atau Circular System (Sanim, 2011: 155-156).  Dengan memahami fungsi dan nilai air, kedepan diharapkan individu, kelompok, dan seluruh lapisan masyarakat dapat lebih menghargai keberadaan air.  

Sumber:

Sanim, Bunasor. 2011. “Sumber Daya Air Dan Kesejahteraan Publik (Suatu Tinjauan Teoritis dan                 Kajian Praktis)”. Bogor: IPB Press.

Maryono, Agus. 2017. “Reformasi Pengelolaan Sumber Daya Air”. Yogyakarta: UGM Press.

United Nations. Link: https://www.un.org/en/observances/water-day (akses terakhir 16 maret                   2021).

 

#HariAirDuniaXXIX2021

#MengelolaAirUntukNegeri

#SigapMembangunNegeri

 

Ikuti tulisan menarik Megawati Viska lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu