x

Review Samsung Galaxy S21

Iklan

Firda Amalia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Mei 2021

Rabu, 19 Mei 2021 14:56 WIB

Review Samsung Galaxy S21 Kinerja dan Performa

Review lengkap tentang Samsung Galaxy S21 yang memiliki performa dan kinerja tinggi untuk ponsel kelas high-end yang bisa kamu miliki saat ini dengan penawaran harga 20 jutaan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tahun ini, pengguna Ponsel tidak diragukan lagi sangat bersemangat dengan Samsung Galaxy S21 Ultra. Ia memiliki semua spesifikasi, semua kamera, dan semua yang kamu butuhkan untuk menjalankan satu hari (atau dua) penggunaan smartphone yang berat. Meskipun itu bagus untuk banyak penggemar, mereka hanya mewakili sebagian kecil dari keseluruhan populasi pembeli ponsel cerdas. Kebanyakan orang tidak membutuhkan semua spesifikasi dan fitur terkini.

Samsung Galaxy S21 Ponsel ini bukan untuk pengguna yang antusias. Faktanya, jika kamu adalah pengguna yang antusias, saya dapat menjamin bahwa Galaxy S21 bukan ponsel untuk kamu.

Ini mungkin perkembangan yang mengejutkan bagi sebagian orang karena lini Galaxy S memiliki sejarah yang mendalam yang berakar pada "yang terbaik dari yang terbaik." Tahun ini, Samsung telah membuangnya dan mencoba menjadikan vanilla Galaxy S21 sebagai sesuatu yang lain: perangkat terbaik yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau oleh sebagian besar pembeli ponsel andalan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Desain dan tampilan

Bagian depan Galaxy S21 sebagian besar tetap tidak berubah dari tahun lalu dengan tampilan yang hampir bebas bezel dan kamera selfie di bagian tengah atas.

Dari sudut pandang utilitarian, layar datar membuat sistem navigasi gerakan Android lebih mudah dilakukan. Mengusap ke atas atau dari samping layar datar terasa lebih alami daripada menggerakkan jari kamu ke atas tonjolan. Di sisi lain, layar melengkung menawarkan lebih banyak imersi karena video dan media lain tampaknya bergulir tak terbatas. Ini adalah trade-off dengan cara apa pun.

Di sisi lain, layar melengkung menawarkan lebih banyak imersi karena video dan media lain tampaknya bergulir tak terbatas. Ini adalah trade-off dengan cara apa pun. Tapi mari kita melihat kenyataan, alasan utama Samsung memilih layar datar tahun ini adalah untuk menurunkan biaya.

Di lansir dari Apikpedia layarnya juga memiliki kecepatan refresh adaptif 120Hz. Kata kunci di sana adalah "adaptif", yang berarti kamu tidak akan melihat 120Hz sepanjang waktu.

Performa dan Baterai

Spek:

  • Qualcomm Snapdragon 888
  • Platform seluler 5G terintegrasi X60
  • RAM 8 GB
  • Penyimpanan 128 atau 256GB
  • Tidak ada ekspansi kartu microSD
  • Baterai 4,000mAh
  • Pengisian daya berkabel 25W
  • Nirkabel 15W dan pengisian nirkabel terbalik 4,5W

Merek baru Qualcomm Snapdragon 888 prosesor di ponsel ini mungkin berlebihan untuk sebuah ponsel yang diarahkan pada konsumen umum. Seperti yang diharapkan, semua yang kamu lakukan di ponsel ini cepat dan lancar. Membuka aplikasi, menggesek layar, dan bahkan dengan cepat menelusuri gulungan umpan jejaring sosial yang tak ada habisnya berjalan tanpa hambatan.

Sejauh data jaringan berjalan, Snapdragon 888 memiliki fitur modem 5G yang terintegrasi penuh. Ini adalah yang pertama untuk SoC Snapdragon andalan. Modem terintegrasi memastikan bahwa semua ponsel Snapdragon dalam jajaran Galaxy S21 dapat mengakses semua cara koneksi 5G, termasuk Sub6 dan mmWave .

Dalam langkah hemat biaya lainnya, Galaxy S21 memiliki kapasitas baterai 4.000 mAh yang sama seperti yang kita lihat di Galaxy S20. Meskipun itu tidak kecil dengan imajinasi apa pun, itu bukan yang kami harapkan dari sebagian besar ponsel Android andalan saat ini. Ketika kamu memiliki beberapa mid-rangers dengan sel 5.000mAh, tampaknya agak cerdik untuk memiliki flagship dengan baterai yang 20% ​​lebih kecil.

Kamera

Spek:

  • Utama: 12MP, ƒ / 1.8, 1.8µm dengan OIS dan AF piksel ganda
  • Telefoto: 64MP, ƒ / 2.0, 0.8µm dengan OIS dan AF deteksi fase
  • Ultra-lebar: 12MP, ƒ / 2.2, 1.4µm dengan FoV 120 derajat
  • Zoom optik / digital hibrid 3x
  • 30x digital "Space Zoom"
  • Selfie: 10MP, ƒ / 2.2, 1.22µm, dengan AF piksel ganda

Menariknya, Samsung memasang modul kamera yang sama persis di Galaxy S21 seperti di Galaxy S20. Galaxy S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra melihat beberapa perubahan, tetapi Galaxy S21 tetap sama. Karena itu, hampir semua yang kami katakan tentang kamera Galaxy S20 tahun lalu akan berlaku sekali lagi tahun ini.

Seperti tahun lalu, foto siang hari hampir selalu bagus. Samsung jelas membuat beberapa perubahan algoritmik karena warna tampak lebih akurat dan realistis. Ada beberapa saat di mana HDR otomatis mengambil sesuatu yang terlalu jauh dan gambar yang terlalu terang. Secara keseluruhan, hampir setiap foto sinar matahari luar ruangan yang kamu ambil dengan Galaxy S21 akan terlihat bagus.

Galaxy S21 dapat memotret dalam 8K pada 24fps. Itu juga dapat memotret pada 4K dalam 60 atau 30fps.

Jelas, pengambilan gambar 8K akan menjadi berlebihan bagi kebanyakan orang saat ini mengingat hanya sedikit orang di luar sana yang memiliki apa pun yang dapat menampilkan rekaman 8K secara memadai. Karena itu, kami menganggap 4K akan menjadi tempat default bagi kebanyakan orang saat merekam video.

Kesimpulan

Sepertinya banyak penggemar Samsung yang sangat kecewa tahun ini. Mereka mungkin berharap ponsel yang dirancang khusus untuk mereka dengan segala spesifikasi dan fitur yang memungkinkan. Galaxy S21 jelas bukan itu.

Meskipun itu sangat disayangkan, sepertinya Samsung tidak terlalu mengkhawatirkan pembeli tersebut. Dengan Galaxy S21, jelas bahwa Samsung baik-baik saja dengan mengasingkan penggemar beratnya dengan harapan akan menarik lebih banyak pengguna arus utama.

Pada akhirnya, itulah pilihan yang kamu miliki dengan ponsel ini dan keluarga Galaxy S21 secara umum. Ingin bergaya, cepat, dan ekonomis, atau ingin bertenaga, mewah, dan mahal? Ponsel ini sangat cocok dengan kategori pertama.

Semoga review diatas bisa bermanfaat dan memberikan informasi untuk pembaca

yorimedia

Ikuti tulisan menarik Firda Amalia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu