Jika Sekolah Membuat Anda Merasa Bodoh - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi remaja galau. Pxhere.com

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 15 Juni 2021 10:07 WIB

  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Jika Sekolah Membuat Anda Merasa Bodoh

    Jadi, sekolah membuat Anda merasa bodoh. Kita tentu sangat prihatin mendengarnya, karena merasa bodoh dapat memiliki dampak negatif besar pada harga diri Anda. Tapi hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa Anda tidak sendirian. Fakta bahwa Anda tidak berkembang di lingkungan akademis tidak berarti apa-apa dalam skema besar. Ini tidak mencerminkan kecerdasan Anda secara keseluruhan. Kecerdasan bukan hanya tentang menjadi pandai dalam ujian.

    Dibaca : 1.033 kali

    Jadi, sekolah membuat Anda merasa bodoh. Kita tentu sangat prihatin mendengarnya, karena merasa bodoh dapat memiliki dampak negatif yang sangat besar pada harga diri Anda.

    Sekarang, sebelum kita mulai, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa Anda tidak sendirian.

    Jika Sekolah Membuat Anda Merasa Bodoh

    Sistem persekolahan di dunia Barat membuat banyak orang merasa minder atau tidak cukup. Seperti kita bodoh, dan bahkan mungkin kita tidak berharga.

    Tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran. Fakta bahwa Anda tidak berkembang di lingkungan akademis tidak berarti apa-apa dalam skema besar.

    Ini tidak mencerminkan kecerdasan Anda secara keseluruhan. Terlepas dari apa yang telah ditanamkan ke dalam diri Anda sepanjang hidup Anda, kecerdasan bukan hanya tentang menjadi pandai dalam ujian.

    Hanya karena pendekatan belajar di sekolah tidak cocok untuk Anda dan Anda tidak pandai matematika atau menulis esai, atau keterampilan akademis apa pun, bukan berarti Anda bodoh.

    Justru sebaliknya.

    Ini adalah surat terbuka untuk siapa pun di sekolah atau perguruan tinggi yang pernah berpikir (atau lebih buruk lagi, pernah diberi tahu) bahwa mereka bodoh.

    Tetapi bahkan jika Anda tidak terus membaca melewati titik ini, ingatlah ini: Anda memiliki begitu banyak hal untuk ditawarkan, dan angka atau nilai pada kertas ujian tidak akan pernah bisa menentukan nilai Anda.

    Kecerdasan bukan hanya satu hal.

    Ada gagasan dalam masyarakat Barat kita bahwa kecerdasan berjalan seiring dengan pembelajaran buku, dan bahwa jika Anda tidak berhasil dengan baik di sekolah, itu berarti Anda tidak cerdas.

    Padahal sebenarnya, ada begitu banyak jenis kecerdasan yang mungkin Anda miliki. Banyak dari ini akan membawa Anda lebih jauh dalam hidup daripada bakat untuk tugas sekolah.

    Anda mungkin sangat cerdas secara emosional dan empatik, dan memiliki keterampilan orang yang fantastis.

    Anda mungkin memiliki kemampuan kreatif, dengan imajinasi yang kuat dan keterampilan motorik yang sangat baik.

    Anda mungkin berkembang ketika Anda melakukan aktivitas fisik, dengan koordinasi tangan-mata yang sangat baik.

    Anda mungkin seorang pemecah masalah yang hebat, berpikir secara lateral untuk menemukan solusi untuk hambatan yang Anda hadapi.

    Apa pun kekuatan Anda, ketahuilah bahwa itu sama berharga dan pentingnya dengan kemampuan untuk menjejalkan sejumlah besar informasi ke dalam pikiran Anda untuk dimuntahkan selama ujian.

    Dan meskipun pandai menjejalkan itu hebat saat Anda di sekolah atau di perguruan tinggi, itu mungkin tidak berguna seperti beberapa keterampilan lain ini di kemudian hari.

    Karena dalam masyarakat kita, keterampilan akademik hanya sangat penting untuk membawa Anda ke tahap tertentu dalam hidup Anda.

    Kecuali Anda memilih untuk masuk ke dunia akademis sebagai karier, keterampilan dan kemampuan lain akan menjadi jauh lebih penting begitu Anda memasuki dunia kerja.

    Faktanya adalah, sekolah tidak mempersiapkan kita untuk sebagian besar rintangan yang akan kita hadapi dalam hidup ini. Dan, mungkin karakteristik yang berarti Anda berjuang di sekolah yang membantu Anda berkembang ketika Anda berada di dunia kerja.

    Pikiran setiap orang bekerja secara berbeda.

    Pikiran setiap orang itu unik, dan itu adalah sesuatu yang harus kita kenali dan rayakan. Tidak ada yang melihat dunia seperti Anda, dan tidak ada orang lain yang dapat menawarkan kombinasi keterampilan khusus Anda.

    Dan itu berarti Anda memiliki kekuatan Anda sendiri. Kekuatan itu mungkin tidak akan terlihat seperti kekuatan orang di sebelah Anda di kelas.

    Anda mungkin belajar dengan cara yang sedikit berbeda dengan orang lain. Beberapa orang perlu membaca sesuatu atau melihatnya dijelaskan secara visual sebelum mereka memahaminya. Yang lain belajar dengan mendengarkan seseorang berbicara. Lalu ada orang yang belajar paling baik dengan benar-benar berbicara dan mengulangi apa yang telah dikatakan atau dengan mencoba menjelaskan suatu konsep kepada orang lain. Dan beberapa orang belajar melalui fisik melakukan sesuatu.

    Bisa jadi metode pengajaran yang digunakan di sekolah atau kampus Anda tidak sesuai dengan gaya belajar Anda. Begitu banyak orang dibuat merasa bodoh di sekolah hanya karena mereka tidak dapat menyerap informasi dengan cara tertentu yang diajarkan kepada mereka oleh guru mereka.

    Mungkin Anda membutuhkan waktu lebih lama daripada beberapa orang untuk menguasai keterampilan tertentu atau menyerap informasi tertentu, tetapi Anda mungkin lebih baik dalam menyimpan informasi setelah Anda menyerapnya.

    Pikiran Anda mungkin hebat dalam mata pelajaran yang lebih kreatif, atau Anda mungkin memiliki cara yang nyata dengan kata-kata, tetapi berjuang untuk memahami angka, atau sebaliknya.

    Dan kekuatan khusus Anda, terutama jika lebih kreatif, mungkin tidak terlalu dihargai di lingkungan sekolah seperti bakat matematika atau sains.

    Ingatlah bahwa hanya karena kekuatan Anda bukan akademis, itu tidak berarti Anda bodoh, tidak peduli bagaimana perasaan Anda. Anda memiliki begitu banyak hal untuk ditawarkan, dan Anda baru saja memulai.

    Hidup dimulai ketika Anda meninggalkan sekolah.

    Ketika Anda masih muda dan masih belajar, rasanya jika Anda tidak berhasil dalam ujian Anda, maka hidup Anda akan berakhir bahkan sebelum dimulai. Seperti semuanya bergantung pada bagaimana esai atau ujian berikutnya berjalan.

    Tetapi kita di sini untuk memahami Anda bahwa dalam waktu sepuluh tahun, hasil ujian yang tampaknya sangat penting saat ini tidak akan menjadi masalah lagi.

    Tentu, hasil yang baik di sekolah dapat membantu Anda meningkatkan kehidupan, dan dapat membuka pintu tertentu untuk Anda.

    Tetapi ada begitu banyak cara lain untuk mengukir karier bagi diri Anda sendiri yang tidak ada hubungannya dengan dunia akademis.

    Hasil ujian yang kurang sempurna mungkin menutup beberapa pintu bagi Anda, tetapi pastikan untuk melihat-lihat dan memperhatikan jendela yang terbuka.

    Tidak ada yang akan diberikan kepada Anda di atas piring, tetapi dengan pikiran terbuka dan banyak tekad, Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan.

    Identifikasi keterampilan Anda, dan gunakan untuk kepentingan Anda.

    Jadi akademisi bukanlah hal Anda, tetapi Anda memiliki semua jenis keterampilan lain. Dan untuk berkembang dalam hidup, Anda harus benar-benar jelas tentang apa keterampilan itu.

    Jika Anda kesulitan untuk menentukan apa ketrampilan itu, maka Anda dapat berbicara dengan beberapa orang yang Anda cintai. Tanyakan kepada teman dan keluarga Anda apa yang mereka lihat sebagai kekuatan Anda. Anda mungkin akan terkejut dengan jawaban mereka.

    Dan kemudian pikirkan apa artinya bagi Anda. Bagaimana Anda bisa mengambil keterampilan itu dan menggunakannya untuk membawa diri Anda ke tempat yang Anda inginkan dalam hidup?

    Anda tidak pernah berhenti belajar, dengan cara Anda sendiri.

    Saya selalu berpikir bahwa begitu saya meninggalkan sekolah, saya akan tahu semua yang perlu diketahui. Ternyata, saya tidak bisa lebih salah.

    Hidup adalah satu kurva belajar yang panjang. Anda belajar melalui pengalaman profesional Anda, tentu saja. Tetapi pendidikan Anda tentang begitu banyak hal lain akan berlangsung selamanya. Anda benar-benar belajar sesuatu yang baru setiap hari.

    Sebuah contoh yang bagus tentang bagaimana belajar bisa menjadi sesuatu yang Anda cintai di kemudian hari, dengan cara Anda sendiri, adalah saudara saya.

    Dia melakukannya dengan sangat buruk di sekolah. Dia benci duduk diam dan belajar secara konvensional – dia tidak mengerti maksudnya.

    Tetapi dia terus menempa karir sebagai pembuat perahu tradisional, dan mengukir jalan hidupnya yang unik.

    Dan, selain mahir dengan tangannya, dia adalah salah satu orang paling cerdas yang saya kenal. Dia adalah satu-satunya orang yang pasti Anda inginkan di tim Anda pada malam kuis, karena dia tahu banyak.

    Dia terus-menerus mendengarkan podcast dan membaca buku, mengisi otaknya dengan fakta dan angka sejarah, dan dia dapat menyebutkan hampir semua spesies pohon yang dia temukan.

    Intinya adalah, hanya karena sekolah bukan untuk Anda, bukan berarti Anda harus menyerah untuk belajar sama sekali.

    Anda akan belajar sepanjang hidup Anda, dan Anda akan menemukan cara Anda sendiri untuk melakukannya.

    Anda akan menemukan minat Anda sendiri, dan Anda bahkan mungkin menyadari bahwa Anda memiliki hasrat untuk biologi, geografi, atau bahasa yang tidak pernah Anda kuasai di sekolah.

    Jika Anda hanya memiliki keyakinan pada diri sendiri dan mampu mengenali semua keterampilan, kekuatan dan kemampuan yang Anda miliki, Anda akan dapat menggunakannya untuk keuntungan Anda, dan maju untuk memiliki kehidupan yang memuaskan yang akan Anda cintai.

    Dan pada titik tertentu Anda akan melihat ke belakang dan bertanya-tanya bagaimana Anda bisa mengira Anda bodoh, padahal Anda sama sekali tidak.

    ***
    Solo, Sabtu, 12 Juni 2021. 11:12 am
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.