Tingkatkan Kualitas Pembinaan Wilayah Prajurit Kodim 0815/Mojokerto Dibekali Ilmu Teritorial - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Suasana Upacara Pembukaan Latnister di Lapangan Raden Wijaya Kota Mojokerto

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 18 Juni 2021 06:07 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Tingkatkan Kualitas Pembinaan Wilayah Prajurit Kodim 0815/Mojokerto Dibekali Ilmu Teritorial

    Dalam upaya memelihara dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Prajurit, Kodim 0815/Mojokerto menggelar Latihan Tehnis Teritorial (Latnister). Latnister ini sebagai sarana membangun pemahaman dan wawasan serta profesionalisme prajurit tentang fungsi pembinaan wilayah.

    Dibaca : 448 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Mojokerto, - Dalam upaya memelihara dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Prajurit, Kodim 0815/Mojokerto menggelar Latihan Tehnis Teritorial (Latnister). Selain itu, Latnister ini sebagai sarana membangun pemahaman dan wawasan serta profesionalisme prajurit tentang fungsi pembinaan wilayah.

    Pemahaman prajurit tentang tugas dan tanggung jawab pembinaan wilayah yang dilaksanakan melalui pembinaan teritorial, harus terus diasah, direfresh dan ditingkatkan, sehingga para prajurit lebih profesional dan diharapkan memiliki dampak positif dalam pelaksanaan pembinaan wilayah.

    Ketika SDM yang mengawaki lebih profesional dan berkualitas, baik dalam tataran pemahaman dan aplikasi, maka akan dicapai pembinaan wilayah yang berkualitas dan optimal.

    Demikian diungkapkan Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H., dalam sambutan tertulisnya saat membuka Latnister Kodim 0815 TA.2021.

    Tingkatkan Kualitas Pembinaan Wilayah Kodim 0815/Mojokerto Bekali Prajurit Ilmu Teritorial

    Pada gelaran latihan yang berlangsung di Lapangan Raden Wijaya, Surodinawan, Prajurit Kulon Kota Mojokerto, Jawa Timur ini, Dandim 0815/Mojokerto, juga menegaskan peningkatan kualitas pembinaan wilayah, merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan tugas satuan.

    Oleh karena itu, pada kegiatan Latnister kali ini mengangkat materi-materi yang berkaitan dengan peningkatan profesionalitas prajurit serta hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi di lapangan diantaranya hal-hal yang terkandung dalam lima kemampuan teritorial, sikap teritorial dan metode Binter.

    Di akhir sambutannya, Pamen kelahiran Purbalingga Jateng ini, meminta para prajurit, untuk mengembangkan daya kreasi dan inovasi yang positif dalam memelihara kekeluargaan dan hubungan yang harmonis di lingkungan tugas masing-masing guna mewujudkan hubungan yang lebih baik dengan sesama anggota TNI, TNI-Polri dan TNI-masyarakat guna menciptakan soliditas yang kokoh dan kuat untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas pokok.

    "Laksanakan setiap tugas dengan disiplin yang tinggi, penuh keikhlasan dan kesungguhan sebagai motivasi untuk mencapai hasil yang optimal," tuturnya.

    Tingkatkan Kualitas Pembinaan Wilayah Prajurit Kodim 0815/Mojokerto Dibekali Ilmu Teritorial

    Pantauan di lapangan, usai upacara pembukaan dilanjutkan pembekalan materi teritorial di Gedung Workshop IKM Disperindag Kota Mojokerto, Jalan Raya Surodinawan, Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.

    Saat berlangsung kegiatan, Kamis (17/06), Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Kodim 0815/Mojokerto, Lettu Inf Akhmad Rifa'i menambahkan, Latnister ini merupakan Program Komando Atas yang dilaksanakan setiap tahun anggaran. Untuk Latnister kali ini dilaksanakan mulai Rabu (16/06) kemarin hingga beberapa hari ke depan. "Selama latihan, para peserta yang terdiri dari Danramil dan Babinsa dibekali materi teori dan praktek tentang pembinaan teritorial," kata dia.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.















    Oleh: Surya Ningsi

    5 hari lalu

    Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik

    Dibaca : 14.078 kali

    Pembelajaran di masa pandemi covid-19 menuntut guru untuk selalu kreatif dan inovatif dalam membelajarkan peserta didik. Selain guru harus menyiapkan rancangan pembelajaran, melakukan kegiatan pembelajaran, evaluasi dan penilaian, guru juga dituntut untuk terampil menggunakan teknologi agar mampu menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Salah satu strategi yang dapat dilakukan guru untuk menjawab tantangan tersebut adalah melakukan pembelajaran yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik. Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom mendukung program pemerintah untuk mewujudkan merdeka belajar. Setiap peserta didik diberikan kebebasan untuk mempelajari materi melalui literasi, didukung oleh bahan ajar yang beragam bentuknya disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik dan diekspresikan dalam wujud produk sebagai bentuk kolaborasi, kreativitas dan inovasi peserta didik yang dapat menginspirasi banyak orang. Guru hanya memfasilitasi kebutuhan peserta didik yang beragam dengan melihat keunikan dan potensi dalam diri masing-masing peserta didik. Tidak adanya paksaan, sanksi dan reward dalam pembelajaran ini mendorong peningkatan motivasi belajar peserta didik yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar peserta didik.