Pelatihan Pemanfaatan Penyimpanan Berbasis Online dengan Google Drive di SMK Fajar Bogor Ciseeng

Minggu, 20 Juni 2021 06:25 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Merupakan kegiatan pelatihan dan pemanfaatan google drive di SMK Fajar Bogor Ciseeng

Kerjasama dalam pelatihan pemanfaatan penyimpanan berbasis online menggunakan google drive di SMK Fajar Bogor Ciseeng, merupakan sebuah bentuk pengabdian dosen UNPAM kepada masyarakat. Media penyimpanan online saat ini sangat membantu banyak lapisan masyarakat, dalam segi perkantoran, bahkan dalam dunia pendidikan.

Penyimpanan online atau cloud storage dapat menjadi pengganti file sharing kapan dan dimana pun, asalkan kita terkoneksi dengan jaringan internet. Pada saat ini, terutama pada saat masa pandemi, cloud storage menjadi salah satu penyumbang besar dalam membantu kegiatan semua lapisan.

Pemanfaatan penyimpanan online bagi dunia pendidikan sangat membantu para guru, murid, serta para wali murid dalam penyimpanan dan penyampaian materi serta informasi yang meliputi seputar kegiatan sekolah. Google drive merupakan salah satu penyimpanan berbasis online yang sangat membantu dalam pencapaian kegiatan sekolah.

Dosen Universitas Pamulang bukan hanya mengajar dan mendidik mahasiswa nya dengan baik, namun dosen juga wajib melakukan kegiatan sebagai bentuk Tri Dharma. Terdapat 3 komponen Tri Dharma yaitu: Pendidikan, Pengabdian dan juga Penelitian.

Pada kesempatan dan kegiatan kami kali ini, kami melakukan kegiatan Tri Dharma dengan sub Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan di Sekolah SMK Fajar Bogor Ciseeng. Bapak Ade Suherlan, S.Pd., M.Si adalah ketua Yayasan sekaligus Kepala Sekolah dari SMK Fajar Bogor Ciseeng. SMK Fajar Bogor Ciseeng berdiri pada tanggal 24 April 2021 yang beralamat di Jl.AMD No. 39 Babakan Ciseeng Kab. Bogor, Babakan, Kec. Ciseeng, Kab. Bogor Prov. Jawa Barat.

 

smk fajar

Gambar 1. Sekolah SMK Fajar Bogor Ciseeng

 

Kami para dosen Universita Pamulang di ketuai oleh Reza Saputra, S.Kom., M.Kom. dan beranggotaan Roeslan Djutalov, S.Kom., M.Kom., Dede Eko Saputro, S.Kom., M.Kom., Rahmat Hidayat, S.Kom., M.Kom. dan Zurnan Alfian, S.Kom., M.Kom. Adapun mahasiswa Universitas Pamulang semester 6 yang ikut turut serta dalam kegiatan ini, yaitu: Muhammad Faisal Dzaki Sidik, Muhammad Irfansyahfalah, Erpan Kurniawan, Caesar Lastiko, Ramadani, dan M.Thian Andriansyah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada asyarakat di Sekolah SMK Fajar Bogor Ciseeng pada tanggal 24 April 2021. Sebelum nya kami melakukan kunjungan langsung sebagai bentuk observasi, dengan wawancara koordinator sekolah mengenai kebutuhan Sekolah terkait dengan penerapan teknologi sebagai mana kami para Dosen Universitas Pamulang pada program studi teknik informatika. Kami melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi tentang kebutuhan dan keinginan Sekolah Dharma Siswa.

Sebelumnya kami para dosen juga melakukan beberapa kunjungan atau koordinasi ke beberapa sekolah terkait dengan pemanfaatan penyimpanan media online. Masih banyak sekolah yang belum memanfaatkan fasilitas tersebut, dikarenakan minimnya akses internet dan penyuluhan terhadap siswa. Oleh sebab itu kami tergerak dan memiliki obsesi untuk melatih dan mengadakan kegiatan-kegiatan penyuluhan ke tempat – tempat yang kurang terlihat dan kurang nya akses dalam hal penerapan teknologi.

Sampai saat ini, kami melakukan sosialisai dan penyuluhan dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat, Sekolah SMK Fajar Bogor Ciseeng, belum semua siswa dan guru nya memanfaatkan penyimpanan berbasis online. Maka dari itu, pada kegiatan pengabdian ini kami mengadakan dan mengusung kan Pelatihan pemanfaatan penyimpanan berbasis online menggunakan Google Drive di SMK Fajar Bogor Ciseeng

 Sebelumnya kami telah membuat akun pada google drive, dan menyiapkan materi serta kebutuhan untuk kegiatan PkM dilokasi SMK Fajar Bogor Ciseeng. Setelah dirasa semua persiapan cukup, kami pun melakukan kegiatan sesuai dengan jadwal yang sudah kita tentukan Bersama – sama dengan pihak sekolah. Tidak luput juga, para mahasiswa membantu dalam kegiatan pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat ini.

  

persiapan smk fajar

Gambar 2. Persiapan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Aula SMK Fajar Bogor Ciseeng

 

Pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, kami para dosen disambut baik dengan pihak sekolah khususnya kepala Yayasan yang juga menjabat sebagai kepala sekolah SMK Fajar Bogor Ciseeng, dan juga para siswa yang hadir. Pada kegiatan ini semua pihak melaksanakan nya dengan protokol kesehatan dan juga tertib. Tidak lupa pula disediakan alat pengukur suhu tubuh dan hand sanitizer, serta masker (bagi peserta yang tidak membawa masker)

 

pengenalan gsites

 Gambar 3. Pengenalan dan Pelatihan Google Slides

 

Pada kegiatan ini, alhamdulillah antusias baik dari siswa dan guru atau pikah sekolah sangat baik. Hal tersebut terbukti dari siswa – siswi SMK Fajar Bogor Ciseeng yang dari awal mulai kegiatan acara (pemberian dan praktik materi), kuis (sesi tanya jawab) sampai penutupan acara serta sesi foto mereka aktif. Dan semua materi baik secara lisan maupun praktek dapat diterima dan dimengerti oleh siswa dan pihak sekolah.

 

  

serah terima

Gambar 4. Penyerahan Piagam kepada pihak sekolah SMK Fajar Bogor Ciseeng

 

Atas rahmat Allah subhanahu wa ta'ala, pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Mayarakat dari dosen – dosen, serta mahasiswa Universitas Pamulang kepada Sekolah SMK Fajar Bogor Ciseeng selesai dilaksanakan sesuai dengan harapan, kami berterima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang dan pihak sekolah SMK Fajar Bogor Ciseeng yang sudah memberikan kesempatan pada kegiatan PkM ini.

 

Pelatihan Pemanfaatan Penyimpanan Berbasis Online Menggunakan Google Drive di SMK Fajar Bogor Ciseeng

Gambar 5. Foto Bersama antara siswa, pihak sekolah, mahasiswa dan dosen Universitas Pamulang

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler