Kodim 0815/Mojokerto Gelar Komsos Bersama Komponen Masyarakat - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Dandim 0815/Mojokerto, Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H., saat kegiatan Komsos bersama komponen masyarakat

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 21 Juni 2021 07:19 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Kodim 0815/Mojokerto Gelar Komsos Bersama Komponen Masyarakat

    kegiatan komunikasi sosial ini diarahkan untuk membangun pemahaman yang positif tentang permasalahan geografi, demografi dan kondisi sosial, sekaligus meningkatkan kerja sama yang sudah terbangun dalam upaya mengurai permasalahan menonjol di daerah sekaligus mengantisipasi dinamika kehidupan bangsa saat ini, termasuk potensi daerah khususnya di wilayah Mojokerto Raya yang dapat didayagunakan untuk kepentingan pertahanan negara pada aspek darat.

    Dibaca : 376 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Mojokerto, - Kodim 0815/Mojokerto menggelar kegiatan Komunikasi Sosial Bersama Komponen Masyarakat, dengan menghadirkan perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan undangan lainnya se-wilayah Mojokerto Raya. Kegiatan yang mengusung tema “Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa”, berlangsung di Aula Kodim 0815, Jalan Majapahit Nomor 1 Kota Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (18/06/2021).



    Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H., saat membuka kegiatan mengatakan, komunikasi sosial dengan komponen masyarakat ini, untuk memelihara dan meningkatkan harmonisasi hubungan antara prajurit Kodim 0815 dengan komponen masyarakat, sehingga komponen masyarakat berpartisipasi aktif dalam pertahanan negara demi NKRI yang berdaulat.

     

    Masih kata Dandim, sasaran kegiatan ini, terjalinnya keeratan hubungan antara Prajurit Kodim 0815/Mojokerto dengan komponen masyarakat dalam tugas pembinaan teritorial dalam rangka pembinaan wilayah (pertahanan), guna mendukung dan mensukseskan program pembangunan”, tegasnya.

     

    Kodim 0815/Mojokerto Gelar Komsos Bersama Komponen Masyarakat

    Lebih jauh Dandim menegaskan, kegiatan ini juga diarahkan untuk membangun pemahaman yang positif tentang permasalahan geografi, demografi dan kondisi sosial, serta bekerja sama dalam mengurai permasalahan menonjol di daerah sekaligus mengantisipasi dinamika kehidupan bangsa saat ini, khususnya di wilayah Mojokerto Raya.

     

    Pada kesempatan tersebut, Letkol Dwi juga mengupas tentang wawasan kebangsaan dan bela negara dalam penguatan kesadaran untuk membangun ketahanan nasional. Di tengah perbedaan dan keberagaman masyarakat ini, kita harus berpegang teguh dan menerapkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan keseharian, sehingga dapat menerima perbedaan dan terhindar dari perpecahan.

     

    Kodim 0815/Mojokerto Gelar Komsos Bersama Komponen Masyarakat

    “Melalui moment (pertemuan) seperti ini, dapat diperoleh kesamaan pandangan dalam memahami, mensikapi dan mencari solusi setiap permasalahan yang terjadi. Pun demikian dengan pertahanan negara, dibutuhkan kesamaan visi, persepsi dan interpretasi,” tuturnya.

     

    Sementara itu, perwakilan tokoh agama yang hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Ketua LDIl Kabupaten Mojokerto, Drs. H. Johan Abdilah, SH., Pdt. Samuel Hosea dari Gereja Alah Baik, Perwakilan Agama Hindu, Katiran dan dari Maha Vihara Majapahit, Sariyono, secara senada memberikan apresiasi positif atas dilangsungkannya kegiatan tersebut, karena dapat memotivasi kebersamaan, untuk bersama-sama membangun Mojokerto dengan dilandasi akhlak dan budi pekerti yang luhur, terlebih ke depan, kita semua akan mengalami lintas pergeseran generasi.

     

    Kodim 0815/Mojokerto Gelar Komsos Bersama Komponen Masyarakat

     

    Tak hanya menyambut positif, para tokoh tersebut mengharapkan kegiatan serupa dihelat tidak hanya sekali dalam setahun, agar NKRI tetap terjaga dalam kerangka Pancasila ditunjang oleh kerukunan antar umat beragama, antar umat beragama dengan masyarakat dan negara.

     

    Penyerahan cinderamata secara simbolis oleh Dandim 0815/Mojokerto kepada perwakilan tokoh agama dan perwakilan Banser serta ramah tamah menjadi penutup kegiatan komunikasi sosial Kodim 0815 dengan komponen masyarakat se-Mojokerto Raya.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.















    Oleh: Surya Ningsi

    5 hari lalu

    Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik

    Dibaca : 14.080 kali

    Pembelajaran di masa pandemi covid-19 menuntut guru untuk selalu kreatif dan inovatif dalam membelajarkan peserta didik. Selain guru harus menyiapkan rancangan pembelajaran, melakukan kegiatan pembelajaran, evaluasi dan penilaian, guru juga dituntut untuk terampil menggunakan teknologi agar mampu menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Salah satu strategi yang dapat dilakukan guru untuk menjawab tantangan tersebut adalah melakukan pembelajaran yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik. Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom mendukung program pemerintah untuk mewujudkan merdeka belajar. Setiap peserta didik diberikan kebebasan untuk mempelajari materi melalui literasi, didukung oleh bahan ajar yang beragam bentuknya disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik dan diekspresikan dalam wujud produk sebagai bentuk kolaborasi, kreativitas dan inovasi peserta didik yang dapat menginspirasi banyak orang. Guru hanya memfasilitasi kebutuhan peserta didik yang beragam dengan melihat keunikan dan potensi dalam diri masing-masing peserta didik. Tidak adanya paksaan, sanksi dan reward dalam pembelajaran ini mendorong peningkatan motivasi belajar peserta didik yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar peserta didik.