x

Furniture kayu

Iklan

Severina Ratih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juni 2021

Sabtu, 26 Juni 2021 16:06 WIB

Rawat Furniture Kayu Kamu Biar Awet, Begini Caranya


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Furnitur kayu memang jadi idaman banyak orang. Hal ini disebabkan oleh sifat dari furnitur kayu yang fleksibel. Artinya, furniture kayu memiliki sifat yang mudah untuk dibentuk. Sifatnya yang mudah dibentuk ini membuat furniture kayu bisa menjadi berbagai model.

Penempatan furnitur kayu pada rumah kamu memang dapat memberikan kesan tersendiri. Jika kamu menempatkan furniture kayu pada ruangan di rumah kamu, maka akan memberikan kesan alami. Selain itu, model yang semakin berkembang seiring jaman juga membuat furniture ini cocok untuk segala konsep desain rumah kamu.

Jika kamu menginginkan konsep desain yang elegan dan klasik menggunakan furniture kayu, maka kamu bisa mencari furniture kayu yang berwarna gelap dan memiliki ukiran. Contohnya seperti mebel Jepara yang terbuat dari kayu jati. Sebaliknya, jika kamu menginginkan konsep desain minimalis, maka kamu bisa mencari furniture kayu yang berwarna terang.

Cara Merawat Furniture Kayu

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Alasan lain yang membuat furniture kayu banyak digemari yaitu karena mebel kayu memiliki ketahanan yang lama. Produk yang memiliki ketahanan yang lama tentunya dapat membuat kamu lebih menghemat biaya pembelian furnitur, bukan? Tetapi, bukan berarti furnitur kayu tidak perlu dirawat, lho ya!

Setiap furniture baik dari bahan apapun tetap harus kamu rawat. Perawatan ini harus kamu lakukan supaya furnitur di rumah kamu dapat tahan lebih lama. Nah, ini cara kamu merawat furnitur kayu kamu supaya tahan lama!

Jangan letakkan di bawah matahari langsung!

Kayu memiliki kandungan air sehingga membuatnya lembap. Jadi, meletakkan furniture berbahan kayu di bawah matahari hanya akan membuatnya cepat rusak. Sinar matahari yang langsung menyinari furniture kayu hanya akan membuat kelembapan dari kayu itu sendiri menguap. Apabila hal ini terjadi maka bisa membuat mebel kayu kamu menjadi pecah di beberapa bagian.

Jangan sampai terendam dalam air!

Jangan sampai furniture kamu terendam air, baik air hujan atau membersihkan dengan merendam. Air yang berlebih pada permukaan furnitur hanya akan merusak permukaan furniture kamu. Apabila furnitur kamu terkenal air, sebaiknya segera bersihkan dengan kain supaya tidak merusak stuktur permukaan furniture.

Selain itu juga jangan biarkan furniture kamu terkena air hujan, apalagi hingga terendam. Hal inilah yang dapat membuat furnitur kamu terkena jamur ataupun lumut. Jika hal itu terjadi, lama kelamaan furniture kayu kamu akan membusuk dan pastinya sudah tidak sebagus saat kamu pertama membeli.

Bersihkan tiga kali seminggu

Kamu harus sering membersihkan furnitur kamu dari debu. Furniture kayu yang didiamkan hingga berdebu bisa membuatnya rusak dan mudah keropos. Untuk itu kamu harus membersihkan debu-debu pada furniture kamu.

Kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan kain lembab yang lembut serta cairan pembersih kayu yang sesuai dengan mebel kamu. Cairan yang tidak sesuai hanya akan membuat permukaan furniture kamu memudar.

Saat kamu membersihkan debu, kamu bisa menggunakan kuas atau sikat gigi untuk menjangkau bagian-bagian yang tidak terjangkau.

Gunakan pelapis kayu

Kamu bisa menggunakan cairan pelapis kayu pada furniture kayu di rumah kamu. Cairan ini kamu gunakan untuk menjaga kayu agar tetap mengkilap. Selain itu juga penggunaan cairan pelapis kayu ini dapat merawat furniture kamu di musim panas.

Caranya oleskan cairan pelapis pada furnitur kayu dengan tipis lalu tunggu selama 30 menit. Setelah itu gosok dengan sikat lembut dan ulangi lagi setelah 60 menit atau lebih.

Gunakan semir sepatu

Jika ada keretakan atau warna pada furniture kayu kamu memudar, kamu bisa menggunakan semir sepatu dengan warna senada pada furniture kamu. Penggunaan semir sepatu ini bisa kamu jadikan salah satu cara untuk menjaga furniture kayu kamu tampak prima.

Dari beberapa cara di atas, kamu bisa mencoba menerapkannya untuk menjaga furniture kayu kamu. Ingat jangan biarkan furniture kayu kamu tidak terawatt, ini hanya akan membuatnya cepat rusak dan tentunya tidak bisa kamu gunakan lagi.

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Severina Ratih lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu