x

Iklan

Aqila Difa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Agustus 2021

Kamis, 5 Agustus 2021 08:16 WIB

Pengabdian Masyarakat Melalui Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM dan Sosialisasi Gerakan 5M di Kelurahan Jabungan


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Semarang (04/08) - Perkembangan teknologi informasi di Indonesia telah berkembang pesat dan membawa pengaruh baru yang belum pernah ada sebelumnya. Namun masyarakat di Kelurahan Jabungan masih belum terlalu mengenal teknologi yang digunakan saat ini untuk membantu dan mempermudah pekerjaan sehari – hari penggunanya, salah satunya adalah melalui penggunaan Ecommerce Shopee.

Masyarakat kelurahan Jabungan sendiri telah memiliki kepengurusan UMKM dan produk utama dari UMKM di kelurahan Jabungan adalah empon – empon, pisang, dan intip. Naasnya seluruh kegiatan produksi dan jual beli di UMKM tersebut menjadi sangat terkendala akibat adanya pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia saat ini. 

Dengan mahasiswa KKN terjun langsung ke lapangan untuk membantu menyelesaikan kendala yang dihadapi oleh UMKM di Kelurahan Jabungan sebagai bentuk dari pengabdian ke masyarakat, maka diharapkan hasil yang memberikan peluang dan solusi yang solutif untuk UMKM tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat ini, Digitalisasi di masa pandemi menjadi sesuatu yang sangat penting bagi pelaku UMKM. UMKM yang tidak beradaptasi ke digital dirasakan akan tertinggal. Di kondisi perekonomian yang sedang goyah akibat terdampak pandemic Covid 19, mengenalkan dan mensosialisasikan aplikasi Shopee serta fitur – fitur yang dimiliki oleh aplikasi tersebut kepada penggiat UMKM di kelurahan Jabungan dirasa hal yang tepat untuk menghasilkan pendapatan tambahan dalam mencukupi kebutuhan hidup.

Dalam rangka menjawab permasalahan pemasaran dari produk UMKM Kelurahan Jabungan, saya membuat video interaktif yang berisi tutorial cara pembuatan toko online di aplikasi Shopee. Tutorial ini dibuat sedetail mungkin agar tidak membingungkan warga Jabungan yang menonton nya. Diharapkan video ini dapat membantu warga Kelurahan Jabungan yang memiliki UMKM dalam mempraktekkan pembuatan toko online di aplikasi Shopee. 

Pelaksanaan sosialisasi ini dilaksanakan dengan menyebarkan link video youtube yang telah saya buat ke Whatsapp Group RW 01, Karang Taruna RW 01, dan UMKM Kelurahan Jabungan. Walaupun pelaksanaan program ini berlangsung secara daring namun tetap berjalan dengan lancar dan mendapat respon positif dari para warga.

Tonton video nya disini

Mengembangkan Pemasaran Produk UMKM Melalui Pembukaan Toko Online di Aplikasi Shopee

 

Setelah melakukan survei wawancara dengan pak Lurah, ketua RW 01, dan beberapa warga diketahui bahwa di kelurahan Jabungan sendiri juga turut mengalami lonjakan kasus warga nya yang terpapar virus Covid 19 dan dilarikan ke puskesmas padang sari atau menjalani isolasi mandiri di rumah masing - masing. Berdasarkan keterangan dari Ketua RW 01, RW 01 memiliki tim relawan Covid 19 tersendiri untuk membantu warganya yang terinfeksi virus tersebut.

Lonjakan ini terjadi karena mayoritas anak-anak dan orang tua di lingkungan RW 01 masih melakukan aktivitas bermain di luar rumah tanpa memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Oleh sebab itu, saya melaksanakan sosialisasi mengenai protokol kesehatan Gerakan 5M sebagai bentuk Upaya Pencegahan Covid 19. 

Pelaksanaan program ini dilaksanakan secara bertahap. Pada hari Minggu, 25 Juli 2021, saya dan tim melaksanakan pemasangan banner mengenai ajakan untuk vaksin, memakai masker, dan menerapkan protokol Kesehatan 5M di tiang listrik, tiang jalan, dan pos kamling di RW 01. 

Pemasangan Banner di Poskamling   Pemasangan Banner di Tiang Jalan

Selanjutnya, kami membagikan masker untuk anak – anak, pemuda, pedagang, dan orang tua di lingkungan RW 01 pada hari Jumat, 30 Juli 2021. Pelaksanaan keduanya berlangsung dengan lancar dan mendapat respon positif dari anak-anak dan warga di lingkungan RW 01.


Pembagian Masker ke Anak - Anak    Pembagian Masker ke Anak - Anak

Diharapkan dengan dipasangnya banner mengenai ajakan menggunakan masker, mendapatkan vaksin, dan gerakan 5M masyarakat RW 01 kelurahan Jabungan dapat beraktivitas diluar rumah namun tetap melakukan penerapan protokol kesehatan, sehingga dapat terhindar dari paparan virus Covid-19.

 

Penulis : Aqila Difa Putri

Dosen Pembimbing Lapangan : DR. Eng Agus Setyawan

KKN TIM II 2020/2021 Universitas Diponegoro

Ikuti tulisan menarik Aqila Difa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler