x

Iklan

Kevin Johansel

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Agustus 2021

Jumat, 6 Agustus 2021 11:28 WIB

Mahasiswa KKN Undip Beri Edukasi Soal Wirausaha Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Semarang (04/08/2021) - Pandemi Covid-19 sudah lebih dari satu tahun melanda Indonesia sejak 2 Maret 2020. Pandemi ini menyulitkan segala sisi kehidupan masyarakat. Mulai dari sektor kesehatan, kehidupan sosial, dan juga sektor ekonomi.

Keputusan pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diberlakukan sejak awal Juli berdampak luas dalam proses produksi, distribusi, dan kegiatan operasional lainnya yang pada akhirnya mengganggu kinerja perekonomian. Untuk memutus mata rantai penyebaran virus, setiap orang diwajibkan untuk tetap dirumah dan melakukan protokol kesehatan, yang mana menyebabkan konsep ruang dan gerak menjadi semakin sempit dan terbatas. Demikian juga pada dunia industri, pelaku-pelaku bisnis harus melakukan adaptasi agar dapat bertahan.

Pandemi Covid-19 juga berdampak besar terhadap lapangan pekerjaan di dunia. Dalam laporan tahunannya, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengumumkan bahwa total jam kerja di seluruh dunia terpotong sebanyak 8,8 persen sepanjang 2020. Persentase tersebut setara dengan hilangnya 255 juta pekerjaan tetap, yang mana empat kali lebih banyak dibandingkan drngan angka pada krisis ekonomi global pada tahun 2009 lalu. Setengah dari total jam kerja yang terpotong karena pengurangan jam kerja.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Banyak perusahaan dunia memangkas jam kerja para karyawan agar dapat tetap mempertahankan pekerjanya di masa pandemi Covid-19. Dari angka tersisa, kurang lebih 33 juta di antaranya yang benar-benar menganggur. Hal tersebut menyebabkan jumlah pengangguran di seluruh dunia naik sebanyak 1,1 persen menjadi 220 juta orang. Selain itu, ada pula 81 juta orang yang tidak tercatat menganggur, tetapi mereka tidak bekerja. yang mana disebabkan karena mereka tidak bisa bekerja karena pembatasan sosial atau karena kewajiban sosial. Jumlah jam kerja yang hilang tersebut berdampak ke Pendapatan Domestik Bruto dunia. PDB dunia menurun sebesar 4,4 persen tahun lalu atau setara US$3,77 triliun.

Berdasarkan hal tersebut, Universitas Diponegoro sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia melalui salah satu program kerja mahasiswanya yang tengah melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) online, menyikapi situasi pandemi yang terjadi saat ini dimana masyarakat kehilangan pekerjaan mereka, dengan mengadakan program “Edukasi Wirausaha Kreatif Masyarakat ditengah Pandemi Covid-19” yang diberikan melalui media booklet. Booklet yang dibagikan berisikan cara lengkap berwirausaha secara mudah ditengah pandemi, mulai dari penjelasan mengenai apa itu kewirausahaan, tips-tips berwirausaha, contoh produk yang berpeluang laku ditengah pandemi beserta cara membuatnya, dan juga cara pemasaran produk melalui media sosial.

Program ini sudah dilaksanakan dalam bentuk pembagian booklet dan penjelasan singkat mengenai kewirausahaan, yang dilakukan pada tanggal 03 Agustus 2021 di lingkungan RT 04 RW 10 Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Diharapkan program ini dapat membantu perekonomian warga setempat sebagai sumber penghasilan baru dan dapat membantu perekonomian masyarakat serta mengedukasi masyarakat agar dapat berwirausaha secara minimalis, dengan modal kecil dan cara penjualan melalui sosial media yang mana lebih mudah dan bisa dilakukan di rumah terlebih pada masa pandemi seperti ini yang mana membuat ruang gerak serba terbatas.

Penulis : Kevin Johansel Mauritzo Duwiri

DPL    : Ojo Kurdi S.T., M.T., Ph.D.

Ikuti tulisan menarik Kevin Johansel lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB