x

Iklan

Septia Ika

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Agustus 2021

Rabu, 25 Agustus 2021 17:25 WIB

Mahasiswi KKN UNEJ Gagas Inovasi Teknologi Adaptif Era Pandemi di SD Kampung Halaman

Artikel ini membahas mengenai kegiatan KKN Universitas Jember pada masa pandemi covid-19.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bondowoso, (24/08/2021)- Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program rutin yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Program ini diikuti oleh mahasiswa penempuh jenjang S1. Universitas Jember merupakan salah satu universitas pelaksana KKN.

Pada masa pandemi covid-19, pelaksanaan KKN mengalami perubahan sistem dan aturan. Hal ini dilakukan dengan tujuan menyesuaikan keadaan pada masa pandemi. Pengabdian terhadap masyarakat terdampak pandemi diharapkan dapat meringankan beban serta mempermudah akses yang akan dilalui. Dengan mengambil judul KKN Back To Village 3 diharapkan mahasiswa dan masyarakat dapat membangun relasi secara nyata dan terarah.

Konsep Back To Village yang diangkat merupakan upaya untuk mengurangi jumlah penularan virus covid-19. Hal tersebut terlihat karena mahasiswa diwajibkan untuk melakukan KKN pada daerah asal masing masing. Septia Rista Eka Wardani merupakan salah satu mahasiswi yang mengikuti KKN Back To Village 3. Pada periode KKN saat ini, Septia tergabung dalam kelompok 14 yang dibimbing oleh dr. Yudha Nurdian, M.Kes. dengan mengambil topik Inovasi Teknologi Informasi dalam penanganan covid-19. Kegiatan KKN Back To Village 3 Universitas Jember berjalan dengan mematuhi protokol kesehatan. Bimbingan yang dilakukan oleh Pembimbing tidak hanya dalam hal penentuan topik dan sasaran namun juga saat mematuhi protokol kesehatan. Lokasi yang dipilih oleh Septia merupakan lokasi tempat tinggal yang berada di Kelurahan Nangkaan, Kabupaten Bondowoso.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada zaman modern saat ini, manusia dituntut untuk terus mengikuti perkembangannya. Begitu pula dengan perkembangan teknologinya. Pemilihan web sebagai teknologi yang digunakan merupakan salah satu cara mudah meringankan pekerjaan. Pemilihan goals secara tepat merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai. Sekolah Dasar Negeri Nangkaan merupakan sasaran pilihan Septia untuk menjalankan program kerja.

Menyesuaikan dengan topik yang dipilih yaitu Inovasi Teknologi Informasi, Septia membuat sebuah program kerja yang bertujuan membantu para guru. Program kerja yang dilakukan oleh Septia yaitu mendampingi dalam pembuatan aplikasi web. Aplikasi web tersebut akan digunakan sebagai absensi guru serta pengisian buku tamu. Terbentuknya inovasi tersebut lantaran kurangnya kesadaran dalam pemanfaatan teknologi untuk mempermudah pekerjaan. Selain itu, inovasi tersebut dapat mengurangi menyentuh satu barang secara bergantian. Program kerja yang dilakukan guna mensosialisasikan serta menerapkan pada kehidupan sehari hari untuk jangka panjang. Dengan pemilihan sasaran operator sekolah dapat membantu guru guru dalam memahami penggunaan teknologi dengan baik.

Harapan yang diutarakan oleh Septia dengan adanya program KKN Back To Village 3 yaitu dapat membantu mengembangkan inovasi inovasi baru guna mempermudah dan menyebarluaskan secara cepat dan tepat. Septia juga berharap agar setelah KKN Back To Village 3 ini berakhir, maka muncullah inovasi baru yang dapat bermanfaat dan digunakan dengan baik.

Ikuti tulisan menarik Septia Ika lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu