x

KKN BTV 3 UNEJ

Iklan

Abdul Rohim

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Agustus 2021

Kamis, 26 Agustus 2021 08:00 WIB

Mahasiswa KKN UNEJ Lakukan Home Visit Kepada Murid Paud di Tengah Pagebluk

Program kerja Kuliah Nyara atau KKN Back to Village 3 yang dilakukan oleh mahasiswa Televisi dan Film, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember di desa Gunungsari, Kec. Maesan, Kab. Bondowoso yaitu bertujuan untuk menerapkan sistem pembelajaran Home Visit khususnya murid Paud dalam literasi desa pada masa pandemi covid-19.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam masa pandemi covid-19 semua aktivitas dibatasi. Seorang Mahasiswa Universitas Jember (Unej) Jurusan Televisi dan Film bernama Abdul Rohim sedang melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to Village 3. Dia tergabung dalam kelompok 14 dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) dr. Yudha Nurdian, M.Kes.,

Dalam KKN ini Unej menerjunkan mahasiswanya di beberapa daerah sasaran, salah satunya kabupaten Bondowoso. KKN ini tidak jauh beda dengan KKN sebelumnya dengan konsep melakukan pengabdian secara mandiri. Salah satunya di Desa Gunungsari yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Desa Gunungsari memiliki potensi yang besar dari sumber daya alam, hal ini dapat dilihat dari mayoritas mata pencaharian masyarakat yaitu petani. Selain itu, Desa Gunungsari memiliki potensi dalam peningkatan literasi masyarakat khususnya minat membaca. Di desa Gunungsari ada instansi sekolah Paud Harapan Kita yang merupakan sekolah yang beroperasi di dusun Kosawah RT 01 RW 01, Desa Gunungsari, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelum adanya pandemi Covid -19 sekolah Paud Harapan Kita beroperasi lancar sesuai anjuran pemerintah, yaitu masuk mulai hari Senin sampai Jumat. Setelah adanya pandemi sekolah tersebut berhenti operasi sementara dengan memberikan tugas setiap harinya dengan cara murid datang ke sekolah berpakaian bebas tetapi protokol kesehatan tidak dilaksanakan.

Abdul Rohim, yang melaksanakan KKN di tersebut tertarik membantu menghidupkan kembali kegiatan sekolah melalui pembelajaran home visit. Diharapkan ini dapat membantu masyarakat khususnya para murid, dalam mendapatkan akses belajar menagajar dalam literasi. Tujuannya  untuk meningkatan potensi murid dalam di masa pandemi.

Langkah awal melaksanakan program kerja adalah melakukan survei lokasi serta observasi sasaran melalui kepala sekolah, wali murid, dan perangkat desa Gunungsari. Tujuannya untuk mengetahui kebutuhan sesuai tematik literasi desa pada masa pademi.

Adapun bentuk pelaksanaan dari program kerja yang telah ditentukan diantaranya, pertama, pembuatan poster dan powerpoint untuk melakukan sosialisasi baik secara langsung. Kedua, menerapkan pembelajaran home visit sehingga memudahkan murid untuk sistem pembelajaran sederhana dalam masa pandemi. Ketiga, melakukan evaluasi setelah melakukan kegiatan-kegiatan tersebut sehingga sasaran lebih komunikatif serta mendidik dengan bertanggung jawab.

Abdul Rohim berharap dengan adanya program KKN 3 dapat membantu mengembangkan sistem pembelajaran pada masa pandemi melalui metode pembelajaran home visit. Abdul Rohim juga berharap  sistem pembelajaran tersebut bisa dilanjutkan setelah KKN Back to Village 3 berakhir sampai masa pandemi Covid-19 berakhir.

Ikuti tulisan menarik Abdul Rohim lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu