x

Iklan

Tiara Sukma Wardani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Agustus 2021

Kamis, 26 Agustus 2021 10:08 WIB

Mahasiswi KKN UNEJ Dampingi Penguatan Literasi Digital Dongkrak Pemasaran Sayuran Hidroponik

Di Kabupaten Bondowoso, Kelurahan Kotakulon tepatnya ada UMKM Kebun Akira Hidroponik, salah satu UMKM yang terkena dampak dari pandemi ini, yaitu mengalami penurunan tingkat penjualan sayuran hidroponik dan banyaknya sayur yang terbuang karena tidak laku. Hal ini yang menyebabkan saya melakukan pelatihan pentingnya media online dalam berwirausaha.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Program Kuliah Kerja Nyata Back To Village 3 Universitas Jember. Salah satu Mahasiswa KKN dari Kelompok 14 yang bernama Tiara Sukma Wardani dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL): dr. Yudha Nurdian, M.Kes. melaksanakan Pelatihan Pentingnya Media Online dalam Berwirausaha di Masa Pandemi Covid-19 , yang berlokasi di Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur mengusung Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat terdampak Covid-19.

Media online adalah sebuah sarana untuk berkomunikasi secara online melalui website dan aplikasi yang hanya bisa diakses dengan internet. Berisikan teks, suara, foto dan video. Pengertian media online secara umum mencakupi semua jenis situs website dan aplikasi, termasuk situs berita, situs perusahaan, situs lembaga/instansi, blog, forum komunitas, media sosial situs jualan (e-commerce/online store) dan aplikasi chattingan.

Media online merupakan tipe baru jurnalisme karena memiliki sejumlah fitur dan karakteristik dari jurnalisme tradisional. Fitur- fitur uniknya mengemuka dalam teknologinya, menawarkan kemungkinan- kemungkinan tidak terbatas dalam memproses dan menyebarkan berita.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Media online di era saat ini telah menjadi kebutuhan masyarakat. Apalagi, generasi millenial tidak bisa lepas dari teknologi dan juga perangkat telepon pintar mereka dalam kesehariannya. Dan adanya pandemi Covid-19 seperti saat ini, penggunaan media online oleh masyarakat semakin meluas lagi, mudah diakses dan dapat memberikan dampak yang baik maupun buruk bagi masyarakat.

Kekurangan dalam media online yaitu terletak pada peralatan dan kemampuannya penggunaannya. Media online harus menggunakan perangkat komputer/elektronik dan jaringan internet yang sampai saat ini biayanya cukup mahal khususnya di Indonesia, belum semua wilayah memiliki jaringan internet yang baik, disamping itu diperlukan keahlian khusus guna memanfaatkannya, dan mungkin juga belum banyak yang menguasainya.

Media online juga memiliki kelebihan, informasinya lebih bsersifat personal yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. tentu dengan syarat adanya separangkat komputer/elektronik dan jaringan internet. Kelebihan lainnya informasi yang disebarkan dapat di up-date setiap saat bila perlu setiap detik. Lebih dari itu media online juga melengkapi fasilitas pencarian berita dan persiapan berita yang dapat diakses dengan mudah.

Dalam masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, penggunaan media online sangat penting, Terutama bagi para pelaku usaha, dimana nantinya akan membantu dalam penyebaran atau pemasaran produk secara online lebih luas lagi. Di Kabupaten Bondowoso, Kelurahan Kotakulon tepatnya ada UMKM Kebun Akira Hidroponik, salah satu UMKM yang terkena dampak dari pandemi ini, yaitu mengalami penurunan tingkat penjualan sayuran hidroponik dan banyaknya sayur yang terbuang karena tidak laku. Hal ini yang menyebabkan saya melakukan pelatihan pentingnya media online dalam berwirausaha.

Salah satu media online yang saya buat yakni Instagram, menurut saya Instagram mampu memberikan dampak yang baik bagi Kebun Akira. Dimana Instagram dapat memberikan informasi berupa foto dan atau video yang bisa menarik banyak pelanggan untuk membeli produk sayuran dari Kebun Akira Hidroponik. Besar harapan, pelatihan pembuatan media online ini dapat memberikan dampak yang baik bagi Kebun Akira Hidroponik dan menjadikan kebun yang banyak dikenal dan dituju oleh masyarakat di Kabupaten Bondowoso khususnya Kelurahan Kotakulon yang mempunyai kualitas sayuran hidroponik terbaik, segar, sehat dan harga terjangkau.

Ikuti tulisan menarik Tiara Sukma Wardani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu