x

sosialisasi produk

Iklan

Fonda Ayu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Agustus 2021

Rabu, 1 September 2021 15:51 WIB

Penggalakan Sadar Kelola Sampah Sejak Usia Dini oleh Mahasiswi KKN Unej

Program KKN BTV 3 yang dilakukan oleh salah satu mahasiswi Universitas Jember bertujuan meningkatkan literasi mengenai manajemen sampah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata Back to Village 3 Universitas Jember (KKN BTV 3) kembali diadakan secara daring di desa masing-masing mulai tanggal 11 Agustus 2021 sampai 9 September 2021, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pelaksanaan KKN BTV 3 ini terdapat 5 topik yang bisa dipilih mahasiswi peserta KKN Back To Village 3 kelompok 14 bernama Fonda Ayu Erlinawati dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) dr. Yudha Nurdian, M.Kes. yaitu Program Literasi Desa pada Masa Pandemi COVID-19.

Berdasarkan observasi di lingkungan RT 6 dan 7 Kelurahan Blindungan, diketahui masih banyaknya sampah berserakan di jalanan terutama sampah plastik, tidak ada tempat sampah sesuai jenisnya dan juga masih ada yang membakar sampah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam pelaksanaan program KKN ini, saya mencoba memperkuat literasi dikalangan anak-anak yang ada di RT 6 dan 7 Kelurahan Blindungan, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso melalui upaya memperkenalkan pengelolaan sampah yang baik dan benar.

Hal ini saya wujudkan melalui tempat sampah organik & anorganik, dimana saya berharap anak-anak menjadi tertarik membuang sampah sesuai dengan jenisnya dan berkurangnya sampah berserakan di jalanan. Guna memperkuat literasi di kalangan anak-anak saya mengajarkan materi dasar mengenai pengelolaan sampah dan juga mengajak anak-anak dalam pembuatan tempat sampah organik dan anorganik tersebut.

Selain itu juga, untuk memperkuat literasi terhadap anak-anak, saya melatih anak-anak dalam memilah sampah sesuai dengan jenisnya. Dan mengajak anak-anak untuk peduli lingkungan dengan mengambil sampah di jalanan sekitar dan membuangnya di tempat sampah yang sudah dibuat sesuai dengan jenisnya.

Tidak hanya sampai disitu, saya juga mengajak anak-anak membuat kerajinan dari sampah plastik menjadi barang yang dapat digunakan kembali. Kerajinan yang dihasilnya diantaranya tempat pensil dari botol bekas, celengan dari botol bekas, dan gantungan kerudung dari gelas minuman plastik.

Dengan adanya program ini diharapkan memberikan pandangan baru terhadap sampah serta untuk menciptakan adanya kebiasaan baru pengelolaan sampah yang baik dengan memanfaatkan sampah, memaksimalkan nilai-nilai sampah dan membuang sampah dengan benar.

Ikuti tulisan menarik Fonda Ayu lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu