x

Pengabdian Masyarakat

Iklan

Muhammad Khairur Rasyid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 1 September 2021 15:30 WIB

Meriahkan HUT RI Ke-76 Himpala UEU Gelar Pengabdian Masyarakat

Ketua Himapala UEU, Jodi Saputro mengatakan kegiatan ini dilakukan Dalam rangka memperingati bulan muharam dan menyambut Hut kemerdekaan RI ke 76. Tema dari kegiatan ini, lanjut Jodi ialah "Cinta Alam dan Kasih Sayang kepada Sesama."

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 


Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam (HIMPALA) Universitas Esa Unggul (UEU) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di pondok pesantren Taqlimul Qur'an di Kampung Muara 1 Desa Cibunian Bogor pada tanggal 14-15 Agustus 2021.

Ketua Himapala UEU, Jodi Saputro mengatakan kegiatan ini dilakukan Dalam rangka memperingati bulan Muharam dan menyambut Hut kemerdekaan RI ke 76. Tema dari kegiatan ini, kata Jodi, ialah "Cinta Alam dan Kasih Sayang kepada Sesama."


"Hal ini kami lakukan untuk membantu masyarakat lingkungan pondok pesantren khususnya para santri. Pada kesempatan ini kami memberikan bantuan berupa alat tulis, Al-Qur'an, Sembako, bibit ikan mas dan santunan anak yatim atau piatu," katanya.

Tidak sampai disitu karena momen tersebut bertepatan dengan suasana 17 Agustus, Jodi meneruskan diadakan pemasangan bendera merah putih disepanjang jalan kampung muara 1 desa Cibunian bersama Ketua RT dan Pemuda Setempat.

"Jadi kita juga memasang sejumlah bendera merah putih di sepanjang jalan Kampung Muara 1, momen ini kita manfaatkan juga untuk berkomunikasi dengan warga dan mempererat tali silaturahmi melalui suasana 17 agustusan," ucapnya.

Jodi pun berharap kegaiatan sosial berupa pengabdian masyarakat ini dapat kembali terselenggara kedepannya, dan bantuan yang telah diberikan dapat tersalurkan dengan tepat.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi semua masyarakat dan bagi tim Himpala kegiatan ini semakin melahirkan jiwa pengabdian kepada masyarakat khususnya di bidang sosial," tuturnya.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh 17 anggota aktif HIMPALA serta senior HIMPALA yang ikut serta dalam membantu berjalanya kegiatan tersebut. Berikut nama nama anggota aktif yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan HIMPALA adalah berpetualang dengan mengabdikan diri dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai acuan utama.

HIMPALA Esa Unggul mempunyai tiga divisi yaitu : Gunung Hutan, Panjat Tebing dan Susur Goa. Pada divisi Gunung Hutan aktivitas lebih di fokuskan pada eksplorasi gunung dan hutan. Divisi Panjat tebing dilakukan pada aktivitas pemanjatan tebing buatan (wall climbing) dan tebing sungguhan (rock climbing). Sedangkan pada divisi Susur Goa aktivitas difokuskan pada penelitian ekologi goa dan penelusuran goa.

Disamping kegiatan yang terdapat diatas dalam keorganisasian HIMPALA Esa Unggul juga terdapat proses pengabdian organisasi dalam bentuk PRADIKLATSAR (Proses Awal Pendidikan Dan Latihan Dasar), DIKLATSAR (Pendidikan dan Latihan Dasar), Mountain Leader (Perjalanan dalam kepemimpinan yang mandiri), Sarasehan (Proses akhir pelantikan anggota muda menjadi anggota penuh) dan MUBESPALA (Musyawarah Besar Pencinta Alam).
 

Ikuti tulisan menarik Muhammad Khairur Rasyid lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler