x

Iklan

Felisian Christie

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 September 2021

Selasa, 28 September 2021 06:08 WIB

Faktor Ekonomi Global Mendorong Melemahnya Rupiah

Faktor Ekonomi Global Mendorong Melemahnya Rupiah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesiana.id - DI penghujung minggu, rupiah menyentuh angka Rp14.314 . per dolar Amerika. Berkaitan dengan itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengungkapkan hal tersebut merupakan pengaruh dari perkembangan ekonomi global yang mendorong menguatnya dolar Amerika

 
"Hasil dari beberapa indikator di Amerika seperti manufacturing memang masih menunjukan ekonomi Amerika masih baik sehingga itu memberikan sentimen positif terhadap Amerika," kata di Kompleks Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (8/3).


Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi Eropa tengah melemah dengan tingkat inflasi rendah. Hal itu juga mempengaruhi penguatan dolar Amerika terhadap mata uang dunia.
 
Selain itu, Perry menyebutkan sejumlah faktor lainnya, di antaranya kenaikan harga minyak yang disebabkan sanksi terhadap Venezuela, serta faktor Geopolitik dari tidak tercapainya kesepakatan antara Amerika dan Korea Utara. "Sekali lagi saya tegaskan, tekanan nilai tukar itu lebuh banyak karena faktor eksternal," kata Perry. Pasalnya, pihaknya menilai, dari faktor domestik sendiri tidak terjadi persoalan. 
 
Hal itu ditandai dengan tingkat inflasi rendah, survei ekonomi ekspektasi baik, aliran modal asing baik, cadangan devisa meningkat, serta pada neraca perdagangan juga terjadi surplus. "Domestiknya semua bagus. Memang di faktor global ada sentimen yang membuat penguatan dolar Amerika," tuturnya. 
 
Untuk itu, pihaknya akan terus memantau keadaan pasar dan menjaga komitmen untuk tetap menstabilkan perekonomian Indonesia. (Ata)

Ikuti tulisan menarik Felisian Christie lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler