Kuliah Kerja Nyata Univet Bangun Nusantara di Masa Pandemi - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Univet Bantara

Dani Senja

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 September 2021

Selasa, 28 September 2021 16:39 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Kuliah Kerja Nyata Univet Bangun Nusantara di Masa Pandemi

    KKN

    Dibaca : 329 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pelaksanaan KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada tahun terasa berbeda. Masa pendemi yang belum berakhir membuat Univet Bantara melaksanakan KKN bagi mahasiswanya di daerahnya masing-masing. Hal tersebut juga terjadi kepada saya untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata di daerah sendiri, yaitu di RT 04 RW 01 Sangkrah, Pasar Kliwon. Karena tempat KKN yang berada dikota, maka saya agak kesulitan dalam menentukan program kerja yang cocok.

    Setelah berkonsultasi dengan beberapa warga RT, maka diputuskanlah program kerja Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan ialah membuat wastafel portabel. Hal ini didasari oleh perubahan kebiasaan masyarakat selama masa pandemi yaitu mencuci tangan. Saat warga RT ingin mengadakan pertemuan, beberapa warga tidak mempunyai wastafel di rumah mereka sehingga kesulitan dalam menyediakan tempat cuci tangan.

    Wastafel ini dirancang menggunakan tenaga listrik dari Aki. Air mengalir kedalam tempat penampungan air bersih dengan bantuan pompa air sederhana. lalu air kotor akan ditampung kedalam tampungan air kotor. Begitu seterusnya saat tampungan air kotor penuh, lalu dibuang ke parit terdekat.

    Cara kerja wastafel portabel ini sudah disetujui oleh bapak Indra Ketua RT 04 dan beberapa warga RT 04 sehingga dalam pembuatan hingga uji coba dapat berjalan lancar.
    Dengan wastafel portabel ini, diharapkan program kerja Kuliah Kerja Nyata Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo ini dapat membantu warga RT jika mereka memerlukan tempat mencuci tangan sehingga warga RT tetap dapat melaksanakan Protokol Kesehatan dengan baik.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.















    Oleh: Surya Ningsi

    5 hari lalu

    Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik

    Dibaca : 14.079 kali

    Pembelajaran di masa pandemi covid-19 menuntut guru untuk selalu kreatif dan inovatif dalam membelajarkan peserta didik. Selain guru harus menyiapkan rancangan pembelajaran, melakukan kegiatan pembelajaran, evaluasi dan penilaian, guru juga dituntut untuk terampil menggunakan teknologi agar mampu menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Salah satu strategi yang dapat dilakukan guru untuk menjawab tantangan tersebut adalah melakukan pembelajaran yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik. Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom mendukung program pemerintah untuk mewujudkan merdeka belajar. Setiap peserta didik diberikan kebebasan untuk mempelajari materi melalui literasi, didukung oleh bahan ajar yang beragam bentuknya disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik dan diekspresikan dalam wujud produk sebagai bentuk kolaborasi, kreativitas dan inovasi peserta didik yang dapat menginspirasi banyak orang. Guru hanya memfasilitasi kebutuhan peserta didik yang beragam dengan melihat keunikan dan potensi dalam diri masing-masing peserta didik. Tidak adanya paksaan, sanksi dan reward dalam pembelajaran ini mendorong peningkatan motivasi belajar peserta didik yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar peserta didik.