x

Univet Bantara

Iklan

Dani Senja

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 September 2021

Selasa, 28 September 2021 16:39 WIB

Kuliah Kerja Nyata Univet Bangun Nusantara di Masa Pandemi

KKN

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pelaksanaan KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada tahun terasa berbeda. Masa pendemi yang belum berakhir membuat Univet Bantara melaksanakan KKN bagi mahasiswanya di daerahnya masing-masing. Hal tersebut juga terjadi kepada saya untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata di daerah sendiri, yaitu di RT 04 RW 01 Sangkrah, Pasar Kliwon. Karena tempat KKN yang berada dikota, maka saya agak kesulitan dalam menentukan program kerja yang cocok.

Setelah berkonsultasi dengan beberapa warga RT, maka diputuskanlah program kerja Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan ialah membuat wastafel portabel. Hal ini didasari oleh perubahan kebiasaan masyarakat selama masa pandemi yaitu mencuci tangan. Saat warga RT ingin mengadakan pertemuan, beberapa warga tidak mempunyai wastafel di rumah mereka sehingga kesulitan dalam menyediakan tempat cuci tangan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Wastafel ini dirancang menggunakan tenaga listrik dari Aki. Air mengalir kedalam tempat penampungan air bersih dengan bantuan pompa air sederhana. lalu air kotor akan ditampung kedalam tampungan air kotor. Begitu seterusnya saat tampungan air kotor penuh, lalu dibuang ke parit terdekat.

Cara kerja wastafel portabel ini sudah disetujui oleh bapak Indra Ketua RT 04 dan beberapa warga RT 04 sehingga dalam pembuatan hingga uji coba dapat berjalan lancar.
Dengan wastafel portabel ini, diharapkan program kerja Kuliah Kerja Nyata Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo ini dapat membantu warga RT jika mereka memerlukan tempat mencuci tangan sehingga warga RT tetap dapat melaksanakan Protokol Kesehatan dengan baik.

Ikuti tulisan menarik Dani Senja lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler