Fakultas Hukum UHO Berduka: Kehilangan Dosen Terbaik - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Sivitas akademika Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo memberikan karangan bunga ucapan duka cita atas wafatnya dosen terbaik Rustam Ukkas, SH., MSi, MH

Muh Sjaiful

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Agustus 2021

Senin, 4 Oktober 2021 05:09 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Fakultas Hukum UHO Berduka: Kehilangan Dosen Terbaik

    Sivitas akademika FH UHO mengenang Almarhum Rustam Ukkas, sebagai sosok dosen penuh dedikasi terhadap dunia pendidikan hukum. Meskipun di usia senja, almarhum masih bersemangat melanjutkan studinya pada Sekolah Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Airlangga dengan mengambil Program Doktor Ilmu Hukum

    Dibaca : 628 kali

    Bunyi Whatsapp berbunyi diponsel genggam saya tepat pukul 04.01 kemarin tanggal 1 Oktober, “Innalillahi wainnailaihi roji'un telah berpulang ke Rahmatullah bapak saya Rustam Ukkas hari ini pada pukul 4 subuh dini hari.  Mohon diampuni segala dosanya”. Kiriman pesan Whatsapp, berasal dari Dewi Ratnasari Rustam, SH.M.H. Juga Dosen Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo (FH UHO). Tentu berita itu, cukup mengagetkan saya yang baru saja terbangun dari tidur. Rustam Ukkas, S.H., M.Si, M.H, merupakan salah seorang dosen senior yang dimiliki oleh FH UHO. Di jajaran sivitas kademika FH UHO, Pak Rustam termasuk dosen yang sepuh usia. Ia kelahiran Tahun 1959, wafat pada usia 62 tahun.

     

    Usia almarhum yang sudah sepuh, menjadikan keberadaan alamarhum ditengah dosen-dosen masih muda sebagai tempat diskusi dan meminta nasihat terkait kegiatan akademik di Universitas Halu Oleo. “Beliau adalah sosok orang baik”, demikian komentar beberapa dosen. Beberapa dosen lainnya mengirim doa untuk keselamatan Almarhum di sisi Allah SWT,  “Semoga almarhum diampuni segala dosa-dosanya dan amalannya diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan”.

    "Jenasah disemayamkan di rumahnya di Kota Kendari, selanjutnya dikebumikan dikampung halaman almarhum di Kota Kolaka", ujar Dewi Ratnasari Rustam, anak almarhum pada sebuah pesan singkat.

    Almarhum Rustam Ukkas, mengawali karir di Universitas Halu Oleo, sejak 1 Maret 1987. Jabatan administrasi cukup lama diembannya, terakhir menjabat sebagai Kepala Tata Usaha di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHO. Setelah menyelesaikan sekolah magister, almarhum memilih beralih sebagai tenaga dosen ketika fakultas hukum terbentuk.  Semasa menjadi dosen, almarhum juga diamanahkan menjabat tugas sebagai Pembantu Dekan II, yang membidangi keuangan dan kepegawaian.

    Sivitas akademika FH UHO mengenang Almarhum Rustam Ukkas, sebagai sosok dosen penuh dedikasi terhadap dunia pendidikan hukum. Meskipun di usia senja, almarhum masih bersemangat melanjutkan studinya pada Sekolah Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Airlangga dengan mengambil Program Doktor Ilmu Hukum. Ada banyak kenangan semasa hidup almarhum dengan seluruh sivitas akademika FH UHO, ada suka dan duka. Selamat Jalan Orang Tua dan Sahabat dari semua sivitas akademika FH UHO. Semoga mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin.

     

    Reportase: Muh. Sjaiful



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.