LPPMP UHO Bertekad Wujudkan UHO Unggul - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

SIM-SPMI

Muh Sjaiful

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Agustus 2021

Senin, 15 November 2021 06:50 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • LPPMP UHO Bertekad Wujudkan UHO Unggul

    Semua auditor yang diundang adalah auditur bersertifikat yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan auditor internal yang sebelumnya sudah digelar LPPMP UHO. Sehingga para auditor internal yang menjalankan tugasnya, adalah auditor yang kredibel serta menjunjung profesionalitas auditor ketika melakukan audit semua dokumen manajemen pendidikan sejumlah program studi tingkat sarjana, magister, dan doktor di lingkup UHO

    Dibaca : 491 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Universitas Halu Oleo (UHO) yang terletak di Jazirah Provinsi Sulawesi Tengara dengan mengusung semboyan UHO Bisa Jagad Kita, telah bertekad wujudkan universitas unggul tidak hanya dalam skala nasional tetapi juga dalam skala internasional. Tentu saja, harapan ini bisa tercapai dengan dukungan semua lembaga serta civitas akademika lingkungan internal UHO. Dukungan ini juga melalui kegiatan yang digelar oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UHO (LPPMP UHO) pada Jumat 12 November bertempat di salah satu hotel syariah yang terkenal di Kota Kendari. Gelar kegiatan tersebut, bertajuk Pelatihan Pengisian Sistem Informasi Manajemen-Sistem Penjamin Mutu Internal (SIM-SPMI) yang melibatkan semua auditor pada lingkup internal UHO.

     

    Semua auditor yang diundang adalah auditur bersertifikat yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan auditor internal yang sebelumnya sudah digelar LPPMP UHO. Sehingga para auditor internal yang menjalankan tugasnya, adalah auditor yang kredibel serta menjunjung profesionalitas auditor ketika melakukan audit semua dokumen manajemen pendidikan sejumlah program studi tingkat sarjana, magister, dan doktor di lingkup UHO. Dokumen yang dimaksud antara lain: dokumen pendidikan dan pengajaran, dokumen penelitian, dokumen pengabdian kepada masyarakat, dan dokumen penunjang lainnya.

     

    Semua dokumen yang tersedia itu, akan diverifikasi secara on line oleh setiap auditor yang ditunjuk terhadap masing-masing program studi. Verifikasi dilakukan dengan memberikan bobot penilaian apakah sesuai menurut kriteria dari standar mutu pendidikan nasional. Demikian penjelasan Muhammad Arba, S.Si., MSi, selaku sekretaris LPPMP UHO. Pada kesempatan lain, Dr La Ode Santiadji, SP., MSi, selaku Ketua LPPMP UHO berharap kriteria penilaian mutu dokumen masing-masing program studi bisa melampaui standar mutu pendidikan nasional.

    “Jika sebahagian besar program studi dapat menyediakan dokumen mutu pendidikan yang kriterianya melebihi standar nasional maka ini menjadi salah satu batu loncatan bagi UHO berpeluang sebagai universitas unggul dengan universitas terkemuka lainnya di tanah air bahkan tingkat dunia sekalipun,” ujar Rahman Hasima, SH. M.H., salah seorang dosen hukum, peserta pelatihan.

     

    Para peserta pelatihan tampak antusias mengikuti pelatihan yang digeber LPPMP UHO tersebut. Salah seorang peserta pelatihan menyatakan dukungannya. Alasannya, kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalitas para dosen di lingkungan UHO, terutama yang diamanahkan sebagai auditor internal, tidak hanya sebagai akademisi atau pengajar tetapi terampil sebagai auditor mutu pendidikan tinggi di Indonesia. “Pelatihan ini sangat menunjang profesionalitas auditor internal UHO sekaligus menjadi bekal praktis. Para auditor yang dimiliki UHO bisa digunakan oleh perguruan tinggi lainnya di tanah air sebagai tenaga ahli untuk mengaudit dokumen mutu manejemen masing-masing program studinya”, tandas salah seorang peserta pelatihan.

     

    Kegiatan pelatihan setelahnya dilanjutkan dengan kegiatan verifikasi faktual di lapangan oleh masing-masing tim auditor yang telah ditunjuk terhadap sejumlah program studi di lingkup UHO. Direncanakan kegiatan verifikasi faktual berlangsung sampai tanggal 19 November. Ini dimaksudkan agar masing-masing program studi dapat menyiapkan sejumlah dokumen manajemen pendidikan yang dikehendaki menurut kriteria standar pendidikan. “Yang paling penting para auditor jangan bertindak seperti seorang eksekutor tetapi para auditor seharusnya menjadi mitra yang memberikan saran rekomendasi kepada program studi di lingkungan UHO untuk memperbaiki dokumen mutu pendidikannya masing-masing”, pungkas La Ode Santiadji.

     

    Penyediaan dokumen mutu pendidikan yang kriterianya melampaui standar mutu pendidikan nasional tentu saja merupakan impian yang bisa terwujud bagi semua program studi di lingkungan UHO. Pencapaian ini memberikan arti sangat penting guna menjadikan UHO sebagai universitas unggul dan terkemuka. Sekaligus menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya. Semboyan UHO Bisa Jagad Kita merupakan motivasi bagi seluruh sivitas akademika UHO menggenjot keberadaan UHO bertengger sebagai universitas yang memiliki daya saing tinggi dengan universitas terkenal lainya di Indonesia.    

    Ikuti tulisan menarik Muh Sjaiful lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.