x

Sejumlah pengendara motor ditilang polisi setelah kepergok masuk jalur Transjakarta di daerah Kuningan. Masukbusway.com/@nindhahdnin

Iklan

Wardoyo Suwardoyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tips Powerful dan Elegan Kalo Ditilang Polisi

Gimana sih sikap yang tepat kalo ditilang?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

ditilang polisi
 
 

Sobat, ditilang Polisi itu memang bikin deg-degan. Menegangkan, tapi kita ga kapok juga buat ngelanggar. Ketagihan ditilang kali ya? Tapi yang jelas, pasti banyak yang masih bingung. Gimana sih sikap yang tepat kalo ditilang?

Nah, ini dia tips kalo ditilang Polisi. Kita hadapi dengan cara yang elegan.

1. Tetap Tenang dan Tanamkan Mindset “Aku orang penting”

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kebanyakan orang kalo ditilang pasti panik. Kepanikan ini menimbulkan banyak ekspresi. Ada yang marah-marah, ada yang teriak-teriak, ada yang takut, bahkan nangis. Tapi, coba kita lihat. Ada juga yang tetap tenang. Bisa tersenyum kayak dia ga punya salah apa-apa.

Uniknya, orang yang bisa menunjukkan respon seperti itu, biasanya orang penting guys. Orang yang punya “power”. Sikap tenangnya seolah ingin mengatakan,”Ah, tenang aja. Ga bakal ditilang. Orang aku kenal komandannya.” Selain power berupa punya kenalan, ada juga yang tenang karena dia orang penting, atau orang kaya. Tirulah body language orang-orang powerful itu.

2. Sampaikan Argumen dengan Singkat dan Tegas

Sikap ini berguna kalo memang Anda yakin bahwa Anda tidak bersalah. Kalo memang salah, gimana? Ketegasan ini tetap berguna saat bernegosiasi. Siapa tahu sanksi Anda diperingan? Yap, Anda punya hak untuk membela diri. Sampaikan pembelaan Anda dengan tegas, tapi tidak memaksa. Misalnya,”Iya, Maaf Pak. Rambu-rambunya ketutup pohon. Jadi ga kelihatan.”

3. Show your power

 

Petugas akan menelisik jati diri Anda. Mulai dari nama, tempat tinggal, dan tujuan berkendara. Dia sedang mengukur power Anda. Apakah Anda tergolong anak pejabat, orang kaya, atau justru awak media. Kalo Anda memang punya kenalan polisi, tunjukkan kekuatan koneksi itu. Katakanlah,”Iya, saya kemarin sudah mau ngurus SIMnya. Tapi kata Pak Dhanu (Kapolantas), besok aja ngurusnya.”

4. Tetaplah Misterius

Ini kebalikan tips sebelumnya. Bila Anda memang tidak punya “power”, jadilah misterius. Bersikaplah seolah Anda orang penting, punya koneksi, tapi tak perlu menunjukkan. Hanya siratkan saja lewat cara bicara Anda, ketenangan, dan tatap mata Anda. “Gue anak Jendral, tapi gue ga pamer.” Begitu kira-kira mindset yang ditanam.

5. Berterima Kasih

Setelah aparat mengungkap latar belakang Anda, saatnya dia mengambil keputusan. Entah memutuskan seberapa besar dendanya atau jadi ditilang atau tidak. Apapun hasilnya, Anda sebaiknya berterima kasih pada aparat. Sebagai orang yang powerful dan elegan, mengucapkan terima kasih hanya akan menambah wibawa Anda. Terlebih kalau Anda tidak jadi ditilang.

Selain itu, polisi juga manusia yang menjalankan tugas. Banyak sekali anggapan negatif ditujukan padanya. Belum juga beban-beban pikiran lainnya. Secuil terima kasih dari orang powerful seperti Anda akan meringankan harinya.

Itu tadi tips kalo ditilang polisi. Kita hadapi dengan powerful dan elegan. Masih ada cara lain. Misal, dengan menjadi orang yang dikasihani, atau marah-marah sekalian. Kita kupas untuk edisi berikutnya. 

 

Sumber: Cover Super

Ikuti tulisan menarik Wardoyo Suwardoyo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler