x

Iklan

sangpemikir

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Oktober 2021

Kamis, 14 Oktober 2021 06:16 WIB

Ariyo, Sang Presiden Negeri Dongeng

Pada suatu hari, ada seekor kancil yang terjebak di antara para kawanan buaya di sebuah sungai..; begitulah sepenggal kisah dongeng yang kerap kita jumpai dan sangat akrab di telinga saat masih kanak-kanak. Mendengarkan dongeng dari mereka yang lihai dalam membawakan sebuah cerita pasti sangat mengasyikkan. Dongeng tak hanya menjadi sarana untuk hiburan semata, dongeng juga senantiasa dijadikan sarana untuk pembelajaran agar mudah dimengerti.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Adalah Mochamad Aryo Faridh Zidni, pria bersahabat dengan kacamata yang selalu melekat itu menjadi pendongeng senior di tanah air. Namanya sudah tak asing lagi di dunia perdongengan se-Nusantara bahkan hingga mancanegara. Ariyo aktif memperkenalkan dongeng kepada generasi muda, melakukan pelatihan dan mendirikan organisasi dongeng. Dari mulai skala nasional hingga internasional. 

10 tahun silam, Ariyo yang sudah jatuh hati pada dunia dongeng mendirikan sebuah komunitas 'Ayo Dongeng Indonesia'. Tujuannya mengkampanyekan kebiasaan dan melestarikan budaya mendongeng di masyarakat agar tak termakan zaman. Tak hanya itu lho, Ariyo kemudian mengajak para sahabatnya untuk ikut mendirikan komunitas dengan nama yang beragam, sesuai daerah, seperti Jogja, Bandung dan lain sebagainya. Tujuannya, agar ada semangat merawat komunitas dengan baik. 

Terus, ngapain aja komunitasnya?  Ayo Dongeng Indonesia memiliki dua program rutin, yakni ‘Dongeng Kejutan’ yang digelar tiap bulan dan program tahunan bernama ‘Festival Dongeng Internasional’. “Untuk ‘Dongeng Kejutan’, kami bikin dongeng di public space dan gratis, jadi setiap orang bisa datang.  Sementara‘Festival Dongeng Internasional’, Ayo Dongeng mengundang pendongeng-pendongeng dari luar negeri untuk datang ke Indonesia. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Yang paling membuat penulis terenyuh, Ayo Dongeng Indonesia juga selalu melakukan kegiatan mendongen untuk anak-anak tunanetra dan tunarungu. Menjadi seorang pendongeng bukan hal mudah, susah - susah gampang kali ya. hehehee. Seorang pendongeng dituntut untuk bisa meragakan berbagai karakter yang akan diceritakan, belum lagi mereka harus terlihat ceria di semua suasana. 

Kayaknya penulis bakal ada niatan nih jadi pendongeng, minimal kalau diminta anak untuk mendongengkan sesuatu sudah tidak kaget dan syok, hehehe. Panjang umur hal - hal baik, semoga kelak lahir pendongeng-pendongeng handal membawa harum Indonesia di kancah internasional. Yuk.. Mendongeng!


Penulis : Maulana Yusuf

Ikuti tulisan menarik sangpemikir lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB