x

SDC dan jajaran pejabat berpose di Gedung Kementerian Lingkungan Hidup. Sumber foto: morowalikab.go.id

Iklan

Sri Kunthhi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Agustus 2020

Jumat, 15 Oktober 2021 16:06 WIB

Saat Sombori Dive Conservation Morowali Dianugerahi Penghargaan Kalpataru 2021

Sombori Dive Conservation, komunitas penyelamat lingkungan yang berfokus di wisata Pulau Sombori, Morowali, Sulawesi Tengah terima Penghargaan Kalpataru 2021 dalam kategori Penyelamat Lingkungan atas jasa-jasanya menjaga keseimbangan ekosistem alam.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penghargaan Kalpataru 2021 yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup akhirnya telah digelar secara hybrid (tatap muka dan virtual) pada Kamis (14/0/21). Di malam penghargaan ini, pemerintah akan menganugerahi 10 individu dan organisasi yang telah berjasa melestarikan alam beserta satu penghargaan khusus kepada tokoh muda yang aktif dalam gerakan peduli lingkungan hidup. 

Para penerima Penghargaan Kalpataru ini, dikatakan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya ialah para pejuang dengan contoh aksi yang nyata memberikan dampak positif bagi lingkungan, ekonomi bahkan hingga sisi sosial budaya untuk sekitarnya. 

“Penghargaan Kalpataru merupakan amanah terhadap penerimanya untuk tetap menjaga dan terus meningkatkan kepeloporan serta upaya-upaya pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan,” ucap Menteri Siti Nurbaya dalam acara penganugerahan Penghargaan Kalpataru 2021 di Gedung KHLK.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu pejuang lingkungan dengan aksi nyata adalah Sombori Dive Conservation (SDC) yang telah mengharumkan nama Morowali di kancah nasional. Sombori Dive Conservation ini mendapat Penghargaan Kalpataru 2021 di kategori Penyelamat Lingkungan bersama dua lembaga lainnya yaitu Lembaga Pengelola Hutan Desa Pasar Rawa dari Sumatera Utara serta Forum Pemuda Peduli Karst Citatah dari Jawa Barat.

Sombori Dive Conservation yang menerima langsung Penghargaan Kalpataru di gedung Kementerian KHLK didampingi oleh Bupati Morowali, Drs Taslim dan juga jajaran pemerintahan lainnya yang turut bangga dengan capaian SDC Morowali seperti Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah, M Sadly Lesnusa mewakili Gubernur Sulteng, Kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Morowali Andi Kaharuddin bersama staf, Kepala BAPPEDA Ramli Sudin dan Kabag Protokoler Chairul Amri bersama rombongan.

Ketua Umum SDC Morowali, Kasmudin menyatakan bahwa Penghargaan Kalpataru 2021 yang diterima lembaganya adalah bonus dan terima kasih dari alam atas usaha rekan-rekan SDC dan juga warga Sulawesi Tengah yang terus konsisten mendukung dah ikhlas menjaga keseimbangan alam.

“Tanggungjawab besar masih banyak dalam misi menjaga keseimbangan alam khususnya di wilayah pesisir dan laut Kabupaten Morowali. Penghargaan ini sesungguhnya adalah milik seluruh warga Sulteng yang memiliki keikhlasan, cinta akan lingkungan, terkhusus masyarakat Kabupaten Morowali yang selama ini terus mendukung dan menyumbangkan energi besar sehingga SDC masih terus berinovasi memberikan sedikit sumbangsih serta edukasi masyaraat untuk terus menjaga keseimbangan alam dan lingkungan,” ujar Kasmudin.

Tidak hanya jajaran pejabat saja yang mengapresiasi prestasi Sombori Dive Conservation di Penghargaan Kalpataru 2021. Seluruh warga Sulawesi Tengah turut memuji capaian lembaga yang kerap mengedukasi masyarakat tentang menjaga keseimbangan alam dan lingkungan. 

Bukti warga Sulawesi Tengah saling bahu-membahu membenahi lingkungan terbukti dari aksi PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) yang langsung mengajak SDC Morowali bekerja sama menggodok rencana pembenahan lingkungan di Morowali terutama di bagian pesisir.

Morowali termasuk Pulau Sombori yang menjadi fokus perhatian SDC memang mempunyai potensi alam besar hingga peluang peningkatan perekonomian warga sekitar. Jika PT IMIP yang gencar dengan aksi-aksi peduli lingkungan seperti rehabilitasi mangrove untuk melindungi pesisir berkolaborasi dengan SDC yang telah tersohor aksi penyelamatan lingkungannya bisa memberikan perubahan lingkungan Morowali menjadi lebih baik.

Ikuti tulisan menarik Sri Kunthhi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler