x

Ilustrasi Bersepeda. Foto: Tulus Wijanarko

Iklan

Khairi Firmansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Oktober 2021

Selasa, 2 November 2021 10:51 WIB

Ingin Sehat di Masa Pandemi, Tapi Fasilitas Umum Dibatasi? Ini Triknya

Bagaimana masyarakat bisa tetap bisa sehat walaupun fasilitas umum untuk olah raga dibatasi selama pandemi? Berikut tip dan kiatnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh : Khairi Firmansyah

       Pandemi COVID-19 sampai saat ini belum berakhir. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), larangan mudik, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), program vaksinasi COVID-19 dan lain sebagainya. Akhir-akhir ini program vaksinasi Covid-19 sedang gencar dilakukan. Orang pertama kali di Indonesia yang di suntik vaksin Covid-19 dengan vaksin buatan Sinovac adalah Presiden Joko Widodo pada tanggal 13 Januari 2021 di Istana Negara.

Selanjutnya, apakah setelah vaksinasi Covid-19 kita selalu sehat dan terhindar dari penyakit Covid-19? Jawabannya tidak. Namun, dengan vaksinasi akan mampu mencegah dari berbagai perburukan gejala maupun komplikasi yang disebabkan oleh virus corona. Pada saat pandemi ini, banyak fasilitas umum yang dibatasi maupun ditutup karena untuk mencegah penularan Covid-19. Lalu, bagaimana dengan masyarakat yang ingin sehat di masa pandemi tetapi fasilitas umum dibatasi?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

       Fasilitas umum menjadi penunjang sarana olahraga bagi masyarakat. Dengan olahraga tersebut masyakat dapat hidup sehat. Tak sedikit masyarakat yang menggunakan fasilitas umum untuk berolahraga seperti bersepeda, berlari, basket, dan lain sebagainnya. Fasilitas umum tersebut meliputi gelanggang olahraga (GOR), alun-alun, lapangan, stadion, dan tempat fitness. Disaat pandemi seperti ini alangkah lebih baik kita berolahraga di rumah. Mengapa demikian? Karena jika kita berolahraga diluar ruangan risiko terkena virus corona tinggi. Lalu, olahraga apa saja yang bisa dilakukan dirumah selama pandemi?

     Pertama, olahraga kardio. Olahraga ini dikatakan efektif dalam membakar lemak dan membuat tubuh mengeluarkan keringat. Olahraga ini misalnya melalui sepeda statis, treadmill, atau alat bantu kardio lainnya. Selain itu, skipping juga bisa menjadi alternatif. Kedua, aerobik. Gerakan senam aerobik ini dapat diakses melalui video tutorial atau mengikuti kelas senam secara online.

Aerobik ini tidak hanya menyehatkan fisik, olahraga satu ini dikatakan mampu mengurangi gangguan kecemasan dan depresi yang sangat rentan selama pandemi. Ketiga, yoga. Yoga menjadi jenis olahraga yang paling ringan dan sederhana. Jika rutin dilakukan, yoga juga efektif dalam membakar lemak dan membuat tubuh mengeluarkan keringat. Keempat, push up. Push up dapat dilakukan dimana saja tanpa membutuhkan alat bantu. Jika rutin, push up dapat menguatkan tubuh bagian atas. Ketahanan tubuh akan meningkat jika melakukan push up ini.

       Masa pandemi ini mendorong kita untuk mengubah pola kehidupan yang berbeda dari sebelumnya. Kita belum diperbolehkan untuk berkerumun tanpa protokol kesehatan. Oleh karena itu, kita dapat melakukan olahraga di rumah seperti olahraga kardio, aerobik, yoga, dan push up. Olahraga ini sudah dapat membantu kita untuk sehat walaupun tidak berolahraga di fasilitas umum.

Perlu diketahui juga bahwa kita berolahraga jangan berlebihan karena energi kita akan terforsis dan mengakibatkan kecapekan yang berujung sakit. Jadi, di masa pandemi seperti ini kita tetap bisa sehat dengan olahraga di rumah. Selain itu, dengan olahraga di rumah kita sudah mengurangi risiko terkena virus corona.

 

DAFTAR PUSTAKA

Gitiyarko, V. Upaya dan Kebijakan Pemerintah Indonesia Menangani Pandemi Covid-19. https://kompaspedia.kompas.id. (diakses 26 Oktober 2021)

Liputan6.com. (20 Agustus 2021). 5 Upaya Pemerintah Mengatasi Pandemi COVID-19 selain PPKM Level 4 Diperpanjang. Diakses pada 26 Oktober 2021, dari https://hot.liputan6.com/read/4636613/5-upaya-pemerintah-mengatasi-pandemi-covid-19-selain-ppkm-level-4-diperpanjang

P2p.kemkes.go.id. (13 Januari 2021). Program Vaksinasi COVID-19 Mulai Dilakukan, Presiden Orang Pertama Penerima Suntikan Vaksin COVID-19. Diakses pada 26 Oktober 2021,dari  http://p2p.kemkes.go.id/program-vaksinasi-covid-19-mulai-dilakukan-presiden-orang-pertama-penerima-suntikan-vaksin-covid-19/

Halodoc.com. (01 September 2021). 5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh setelah Vaksin COVID-19. Diakses pada 26 Oktober 2021, dari https://www.halodoc.com/artikel/5-cara-meningkatkan-imun-tubuh-setelah-vaksin-covid-19

Halodoc.com. (30 Juni 2021). Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Pandemi. Diakses pada 28 Oktober 2021, dari https://www.halodoc.com/artikel/olahraga-ringan-yang-bisa-dilakukan-di-rumah-selama-pandemi

 

Ikuti tulisan menarik Khairi Firmansyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu