x

Iklan

Riky Susanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Juli 2019

Selasa, 2 November 2021 14:16 WIB

Pembangunan Jaringan Internet di SDIT Az-Zahra Mendukung Pembelajaran Daring-Luring

Pengabdian kepada Masyarakat membantu sekolah SDIT Az-Zahra dalam pelaksanaan sekolah daring-luring (hybrid) yang dilakukan oleh dosen Universitas Pamulang dengan kegiatan utama adalah instalasi perangkat dan jaringan internet serta penyuluhan tentang bagaimana penggunaan dan cara mengatasi kesalahan umum pada penggunaan perangkat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, dan Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), penyelenggaraan sekolah dengan metode tatap muka akan diterapkan dengan beberapa aturan yang mengikuti protokol kesehatan.

Peraturan sekolah tatap muka diatas menerangkan bahwa bahwa pembelajaran di perguruan tinggi mulai semester gasal tahun akademik 2021/2022 diselenggarakan dengan pembelajaran tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dan/atau pembelajaran daring. Dalam penyelenggaraan pembelajaran, perguruan tinggi harus tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga kampus (mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan) serta masyarakat sekitarnya.

Mengikuti kebijakan tersebut SDIT Az-Zahra Pondok Petir sebagai institusi penyelenggara pendidikan juga harus ikut serta dalam kebijakan yang telah dibuat, namun beberapa aspek belum dapat terpenuhi karena pada penerapan aturan tersebut SDIT Az-Zahra masih memberlakukan sebagian siswa/i nya mengikuti sekolah daring. Oleh karena itu butuh adanya dukungan dari sisi teknologi internet agar kegiatan belajar-mengajar dengan sistem daring & luring dapat berjalan dengan baik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring-luring adalah sebagian siswa (dalam satu kelas) mengikuti dengan tatap muka (datang ke sekolah) dan sebagian mengikuti melalui aplikasi telekonferensi. Peran koneksi internet sangat penting karena butuh koneksi yang stabil dan cepat, jika menggunakan koneksi yang bersumber dari pembagian telepon pintar tidak dapat menjamin kualitas dari koneksi internet.

Pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kali ini yang dilaksanakan pada 7 Oktober 2021 jam 13.00 sampai 16.00 Wib kami para dosen Universitas Pamulang yang terdiri dari Aldi Feridanto, S.Kom., M.Kom.sebagai ketua, Tri Prasetyo, S.Kom., M.Kom., Pandu Wiliantoro, S.Kom., M.Kom., Riky Susanto, S.Kom., M.Kom.dan Juri Pebrianto. S.Kom., M.Kom. sebagai anggota ingin membantu SDIT Az-Zahra agar dapat menjalankan kegiatan sekolah daring-luring baik dengan cara membangun jaringan internet yang dapat meliputi semua ruang kelas agar dapat digunakan oleh semua guru/pengajar.

Pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan di SDIT Az-Zahra Pondok petir ini, para dosen akan menyambungkan internet dari provider internet yang bersumber dari router ke hub dan router lainnya menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) yang sebelumnya dipasangkan dengan RJ45 sebagai konektornya. Setelah kabel terpasang dengan konektor RJ45, maka akan dilakukan tes terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kabel terpasang dengan baik.

Gambar 1. Para dosen mempersiapkan kabel yang akan dipergunakan untuk membangun jaringan internet ke seluruh ruang kelas

Setelah kabel UTP siap digunakan, para dosen melakukan pemasangan ke router dan hub yang telah dipersiapkan untuk nantinya diteruskan ke semua kelas. Metode yang digunakan pada penerapan penggunaan internet pada kegiatan ini ada 2, yang pertama menggunakan kabel UTP, dimana laptop yang digunakan guru dihubungkan langsung ke kabel nya dan yang kedua menggunakan tanpa kabel (wireless/wifi). Namun semua kelas dipastikan mendapatkan satu buat kabel UTP untuk menghindari gagal koneksi jika menggunakan wi-fi.

Gambar 2. Para dosen melakukan pemasangan kabel UTP ke router provider internet.

Pemasangan jaringan internet dilakukan disemua perangkat untuk dapat diakses seluruh kelas yang ada pada SDIT Az-Zahra, dilakukan pula tes agar semua kabel dan wifi teraliri internet. Setelah semua sumber internet dapat digunakan maka kegiatan selanjutnya adalah penyuluhan tentang bagaimana cara menggunakan dan menanggulangi kesalahan umum yang sering terjadi ketika menggunakannya.

Selain para dosen, mahasiswa juga ikut serta dalam kegiatan pengabdian ini. Tri Dharma perguruan tinggi tidak hanya dilakukan oleh dosen namun juga para mahasiswa yang dimana ide dan gagasan mereka lah yang kedepannya akan semakin baik.

Gambar 3. Dosen dan Mahasiswa bekerja sama dalam terlaksananya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini.

Pada kegiatan penyuluhan ini diikuti oleh Kepala Sekolah dan para guru SDIT Az-Zahra serta mahasiswa Universitas Pamulang. Para guru sangat antusias dengan kegiatan penyuluhan ini terbukti dengan banyaknya atensi dan pertanyaan yang ditanyakan.

Gambar 4. Kegiatan penyuluhan yang dihadiri oleh para guru SDIT Az-Zahra dan mahasiswa Universitas Pamulang

Setelah semua pemaparan materi dan semua pertanyaan dijawab maka berakhir juga kegiatan penyuluhan tentang penggunaan internet dan cara mengantisipasi kesalahan yang timbul dalam menggunakannya, kami para dosen memberikan hibah berupa 1 buat router kepada SDIT Az-Zahra Pondok Petir.

Gambar 5. Penyerahan hibah router kepada SDIT Az-Zahra dari dosen Universitas Pamulang diserahkan oleh Aldi Feridanto, S.Kom., M.Kom.kepada Kepada sekolah Umi Istichomah, M.Pd.

Kami berharap kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai bentuk Tri Dharma perguruan tinggi yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Pamulang khususnya program studi Teknik Informatika dapat membantu lebih banyak lagi masyarakat agar teknologi bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Ikuti tulisan menarik Riky Susanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu