x

Iklan

ACHMAD AZHARY

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 November 2021

Jumat, 26 November 2021 08:22 WIB

Metode Pembelajaran Mode Luring Sistem Pertahanan Tubuh dan Implikasinya Terhadap Penyebaran Covid-19

Artikel ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba penulisan artikel hari guru nasional 2021

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

  1. Latar Belakang

Pemerintah Indonesia baru mengonfirmasi kasus pertama Covid-19 pada 2 Maret 2020. Sejak saat itu, banyak kebijakan dan strategi dibuat dalam rangka mencegah transmisi dan kematian signifikan akibat penyakit ini. Namun, segala kebijakan dan strategi yang dilakukan pemerintah kita tak luput dari aneka respons dan persepsi yang diberikan masyarakat. Masa darurat Covid-19 yang mengharuskan semua guru dan siswa belajar dari rumah, nyatanya tak sekedar mengubah lokasi dan metode belajar. Penyebaran pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) mengakibatkan banyak peserta didik harus melaksanakan kegiatan belajar di rumah, baik melalui sarana dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring). Namun, tidak semua peserta didik maupun pendidik memiliki kemampuan untuk mengakses platform pembelajaran daring secara optimal.

             Ditengah ketetapan yang tak terduga ini, tentu ada hal-hal yang belum siap. Baik dari segi fasilitas atau pelajar yang terlibat. “Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid-19, khususnya membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan pada akses internet, baik karena tantangan ekonomi maupun letak geografis,” disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,  Nadiem Anwar Makarim, dalam telekonferensi Peluncuran Program Belajar dari Rumah di Jakarta, pada Kamis (9/4/2020).   Kini digantikan dengan kegiatan pembelajaran melalui media elektronik (e-learning) baik secara sinkron ataupun secara nir-sinkron. E-learning nir-sinkron dapat dilakukan secara dalam jaringan (daring) maupun secara luar jaringan (luring), sehingga dapat  memutuskan penyebaran covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu menjaga sistem pertahanan tubuh,.

          Ada satu hal lain yang kini menjadi lebih penting dari sebelumnya, dan seharusnya menjadi sama pentingnya dengan kebersihan tangan. Sesuatu yang jarang dikemukakan dalam debat publik atau dalam katalog rekomendasi pemerintah, yaitu sistem kekebalan atau pertahanan tubuh yang berfungsi dengan baik. Pada dasarnya, tubuh manusia memiliki sistem imun untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit (patogen).

  1. SINTAKS PEMBELAJARAN MODA LURING
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sintaks atau langkah-langkah pembelajaran moda luring adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan
  2. Menyusan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) moda luring
  3. Guru memiiki alamat siswa yang akan dikunjungi dirumah siswa masing-masing untuk pebelajaran moda luring.
  4. Guru mempersiakan materi yang akan diajarkan berupa panduan materi atau bahan ajar.
  5. Guru mempersiapkan diri untuk mengunjungi siswa dirumanya masing-masing
  6. Pelaksanaan
  7. Guru menyerahkan panduan materi atau bahan ajar kepada siswa untuk di pelajari
  8. Siswa mempelajari panduan materi atau bahan ajar dengan tetap di rumah saja karena pembelajaran dilaksanakan secara luring
  9. Guru mengajak atau meminta bantuan kepada orang tua siswa agar mendampingi anaknya belajar
  10. Guru meminta orang tua siswa agar memantau anaknya mengerjakan tugas yang telah diberikan melalui panduan materi.
  11. Guru menjemput tugas siswa yang telah dikerjakan kerumah masing-masing siswa
  12. Guru memeriksa hasil pekerjaan siswa dan memberikan nilai secara kuantitaf pada buku tugas siswa.
  13. Penutup

Guru menyampaikan ungkapan sanjung apresiasi dan nilai secara kuantitatif kepada siswa melalui buku tugas dan dikembalikan oleh guru kepada siswa dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah agar siswa dapat melihat langsung hasil pekerjaannya, sehingga siswa termotivasi belajar walaupun dirumah saja.

  1. Suasana Hati pada saat Pembelajaran

Pada awal informasi Covid-19 belum meluas di Negara Indonesia perasaan hati sesoramg belumlah cemas, ketika berjalannya waktu informasi itu semakin mencemaskan semua orang, sehingga Pemerintah menganjurkan semua yang berhubungan dengan khalayak ramai ditutup salah satunya adalah sekolah. Untuk mencegah dan memutuskan rantai penyebaran Covid-19, maka pemerintah menganjurkan mode daring atau luring sesuai keadaan siswa dan lingkungan.

Apalagi dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, suasana hati seseorang gampang berubah, apalagi ketika sedang mengisolasi diri, terkadang biasa merasakan bahagia terisolasi bahkan ada yang sampai depresi, sehingga siswa kadang merasa jenuh dirumah karena biasanya siswa bertemu langsung dengan guru dan siswa lainnya.

  1. Tanggapan Orang Tua, Guru dan Siswa

 Orang tua beranggapan bahwa situasi pandemi Covid -19 berdampak pada pola kehidupan orang tua Sebagian  orang tua bekerja di luar rumah misalnya bertani, ketika pulang kerjah sudah lelah sehingga tidak dapat mendampingi anaknya belajar karena setumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan, adapula orang tua beranggapan bahwa masa pandemi Covid-19 adalah masa tantangan tersendiri, dalam mendampingi anak belajar, karena menumbuhkan sifat sabar, kreatif dan menyenangkan.

Adapula orang tua yang beranggapan belajar dari rumah imbas dari pencegahan penyebaran virus Corona rupanya menyisakan masalah tersendiri bagi para orang tua. Meski terlihat menyenangkan, pembelajaran di rumah bukanlah sesuatu yang mudah bagi para orang tua khususnya bagi sang ibu karena yang mereka hadapi adalah anak yang sudah pandai memberikan argumen atau alasan sehingga membuat orang tua biasanya tidak dapat menahan kesabarannya.

  1. Tanggapan Guru

Dengan teknologi kita dapat berinovasi dengan beragam cara, kecuali guru yang masih sulit menghadapi teknologi dan guru yang berada didaerah terpencil atau daerah perbatasan yang daerah belum dapat terjangkau teknologi dan jaringan internet, sehingga guru berusaha melaksanakan secara luring , yang lebih masalah ketika didaerah tersebut jangkauan internet sangat lancar teknologi maju pesat tetapi masih ada siswa yang belum mempunyai HP atau media elektronik karena faktor kehidupan atau faktor usia , sehingga guru harus mengadakan pembalajaran mode luring

  1. Tanggapan Siswa

Ketika masa pembelajaran dirumah ditetapkan siswa diharuskan berada dirumah saja, siswa menunggu materi yang akan dibawah oleh guru ataupun jasa kurir, sehingga dapat menimbulkan kebosanan terhadap siswa karena setiap hari akan mendapatkan tugas tanpa ada bantuan dari teman yang biasanya bekerja sama, rindu akan bertemu sudah pasti berada dibenak para siswa.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Moda Luring
  2. Kelebihan    
  3. Tanpa harus membebani orang tua untuk menyediakan HP Android atau Laptop
  4. Tanpa harus mengeluarkan biaya membeli paket data
  5. Guru masih dapat bersilatuhrahmi jika tidak memakai jasa kurir
  6. Kekurangan
  7. Menyusun panduan materi dan menperbanyak atau menggandakan materi agar kebutuhan siswa semua terpenuhi
  8. Menguras waktu, tenaga dan biaya karena harus mendatangi rumah siswa masing-masing atau menyewa jasa kurir
  9. Bahan ajar yang akan dipelajari siswa terbatas.
  10. Kurangnya interaksi antara guru dan siswa secara tatap muka
  11. Penutup
  12. Kesimpulan

Pembelajaran moda luring menjadi salah satu solusi layanan pendidikan yang dilakukan pemerintah dalam menangani dan memutuskan rantai penyebaran covid-19, sehingga siswa tetap belajar walaupun dirumah saja.

  1. Saran

Diharapkan kepada pemerintah agar memperhatikan daerah yang masih terisolasi agar mendapatkan layanan yang sama dengan daerah yang prasarananya lengkap, misalnya jalan lampu dan internet atau memenuhi sarana online dengan kendaraan yang bisa memenuhi kebutuhan pendidikan selama masa pandemic covid-19 atau berada dalam darurat bencana. 

Refensi

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/metode-pembelajaran-mode-luring-sistem-pertahanan-tubuh-dan-implikasinya-terhadap-penyebaran-covid-19/

Ikuti tulisan menarik ACHMAD AZHARY lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB