x

Iklan

Ni Wayan Arningsih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2021

Senin, 29 November 2021 10:23 WIB

Merdeka Belajar Akuntansi Online dengan Akses Google Drive di Masa Pandemi

Inovasi ini dengan model pembelajaran AKUNLINE (Akuntansi Online) dengan media pembelajaran MODIF (Modul Interaktif). Model pembelajaran AKUNLINE dengan Penggunaan media pembelajaran MODIF (Modul Interaktif) pada di kala pandemi mengajar pada siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga dalam pembelajaran jarak jauh sedangkan proses pembelajaran pada masa pandemi harus tetap jalan. Untuk itu guru berkomitmen tanpa batas dalam meningkatkan kompetensi di bidang mapel yang diampu maupun di bidang IT

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Guru menjadi fasilitator untuk membantu siswa mentranformasikan potensi yang dimiliki siswa menjadi kemampuan serta keterampilan yang ketika dikembangkan akan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Pada proses  belajar mengajar, guru selalu dituntut untuk memberikan inovasi baru agar siswa mampu mendapatkan pengalaman baru dalam proses belajar mengajar. Inovasi ini diperlukan agar proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik dalam pembelajaran pada kala pandemic  terhadap mapel akuntansi yang bersifat praktek.

Inovasi ini dengan   model pembelajaran   AKUNLINE (Akuntansi Online)  dengan  media pembelajaran MODIF (Modul Interaktif). Model pembelajaran AKUNLINE dengan   Penggunaan media pembelajaran  MODIF  (Modul  Interaktif)  pada di kala  pandemi  mengajar pada siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga dalam pembelajaran jarak jauh sedangkan proses pembelajaran pada masa pandemi harus tetap jalan. Untuk itu guru berkomitmen tanpa batas dalam meningkatkan kompetensi di bidang mapel yang diampu maupun di bidang IT.

Untuk  mengatasi masalah tersebut dalam Inovasi Pembalajaran ini dengan  Model  Pembelajaran   AKUNLINE.   Model  Pembelajaran Akunline  ini merupakan model pembelajaran akuntansi secara online dengan menggunakan Google Drive melalui link yang dishare keapada Siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga, dalam proses pembelajaran jarak jauh pada mapel Akuntansi.   Model Pembelajaran  Akunline  dengan  menggunakan    Media   Modif (Modul Interaktif). Media Pembelajaran Modif ini materi dalam  bentuk modul digital, Video Pembelajaran, dan Soal- Soal di kemasan dalam satu link yang disimpan di google Drive. Sebagai Guru hanya memberikan link kepada siswa kelas XI AKL dalam proses pembelajaran jarak jauh, dan siswa mengumpulkan tugas juga melalui link yang sudah dishare.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai    guru pada kondisi pandemi proses pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Akunline dengan Media Pembelajaran Modif, maka materi di kelas XI pada masa pandemi dapat dituntaskan walaupun tidak maksimal seperti  proses pembelajaran  tatap muka langsung.

Model   Pembelajaran   dengan   Media pembelajaran yang menarik akan memudahkan guru untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam menyerap materi pembelajaran. Perkembangan teknologi informasi yang kian pesat memungkinkan seseorang melakukan ekplorasi  data  dan  informasi  secara lebih  luas  dan  praktis.  Pemanfaatan  HP Android   dalam berbagai bidang pekerjaan dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan kegiatan dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat.   Akhirnya hal tersebut akan meningkatkan produktivitas kerja.

Model  Pembelajaran  Akunline dengan  menggunakan    media pembelajaran Modul Interaktif yang dapat di akses oleh siswa melalui HP Android. Pengembangan media pembelajaran dilakukan pada materi pelajaran Praktikum akuntansi Jasa dan Dagang dengan Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuanan agar dapat disampaikan menggunakan Modul yang menarik, sehingga pembelajaran tidak monoton dan membosankan. Media ini dapat digunakan untuk Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada siswa kelas XI AKL yang dalam proses pembelajaran jarak jauh.

    Akunline merupakan model pembelajaran akuntansi online penyampaian materi akuntansi secara online pada siswa kelas XI AKL dalam proses pembelajaran jarak jauh. Adapun cara penyampaian materi kepada siswa  :

  1. a. Guru Menyiapkan materi pembelajaran dalam bentuk modul
  2. Materi tersebut di upload ke dalam Google Drive
  3. c. Di google drive guru membuat Folder untuk materi
  4. Dan guru juga menyiapkan tempat pengumpulan tugas digoogle drive
  5. e. Guru membuat link, link tersebut merupakan untuk mengakses materi dan tempat pengumpulan tuga
  6. f. Yang sudah dibuat dishare ke siswa yang dalam proses pembelajaran jarak jauh.
  7. g. Link tersebut dishare melalui WA g

Manfaat dari penggunaan Model Pembelajaran Akunline dengan media Modif dalam dunia pendidikan saat ini memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran. Siswa tidak perlu mengadakan perjalanan menuju tempat pelajaran disampaikan, akunline bisa dilakukan di mana saja baik yang memiliki akses ke Internet ataupun tidak.

Akunline  memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara online.  Siswa  bebas menentukan kapan akan mulai, kapan akan menyelesaikan, dan bagian mana dalam satu modul yang ingin dipelajarinya terlebih dulu. Seandainya, setelah diulang masih ada hal yang belum ia pahami, siswa  bisa menghubungi guru mapel lewat Whatshapp Group yang sudah dibuat, sebagai guru bisa memberikan pemahaman kepada siswa kapan saja dan dimana saja. Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan. 

          Proses pembelajaran jarak jauh atau online tidak selancar apa yang para guru bayangan, dalam pembelajaran online, banyak hambatan dan kendala dalam proses pembelajaran online, para guru harus mampu menguasai IT, jaringan internet, materi yang disampaikan tidak serratus persesn tuntas karena dari segi waktu penyampaian masih kurang atau minim. Dari segi siswa, siswa banyak yang belum mengerti penyampaian materi jarak jauh sehingga hasil yang diharapkan oleh guru tidak sesuai.

            Dengan adanya kendala dan hambatan dalam pembelajaran jarak jauh para guru dilatih untuk mengenal filtur-filtur pembelajaran online. Guru dilatih mengenal yang Namanya google drive, pembelajaran jarak jauh dengan google drive lebih simple. Dengan demikian proses pembelajaran di kala pandemi dapat dilaksanakankan oleh guru dan siswa dengan lancer.

Ikuti tulisan menarik Ni Wayan Arningsih lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu