Guru menjadi fasilitator untuk membantu siswa mentranformasikan potensi yang dimiliki siswa menjadi kemampuan serta keterampilan yang ketika dikembangkan akan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Pada proses belajar mengajar, guru selalu dituntut untuk memberikan inovasi baru agar siswa mampu mendapatkan pengalaman baru dalam proses belajar mengajar. Inovasi ini diperlukan agar proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik dalam pembelajaran pada kala pandemic terhadap mapel akuntansi yang bersifat praktek.
Inovasi ini dengan model pembelajaran AKUNLINE (Akuntansi Online) dengan media pembelajaran MODIF (Modul Interaktif). Model pembelajaran AKUNLINE dengan Penggunaan media pembelajaran MODIF (Modul Interaktif) pada di kala pandemi mengajar pada siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga dalam pembelajaran jarak jauh sedangkan proses pembelajaran pada masa pandemi harus tetap jalan. Untuk itu guru berkomitmen tanpa batas dalam meningkatkan kompetensi di bidang mapel yang diampu maupun di bidang IT.
Untuk mengatasi masalah tersebut dalam Inovasi Pembalajaran ini dengan Model Pembelajaran AKUNLINE. Model Pembelajaran Akunline ini merupakan model pembelajaran akuntansi secara online dengan menggunakan Google Drive melalui link yang dishare keapada Siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga, dalam proses pembelajaran jarak jauh pada mapel Akuntansi. Model Pembelajaran Akunline dengan menggunakan Media Modif (Modul Interaktif). Media Pembelajaran Modif ini materi dalam bentuk modul digital, Video Pembelajaran, dan Soal- Soal di kemasan dalam satu link yang disimpan di google Drive. Sebagai Guru hanya memberikan link kepada siswa kelas XI AKL dalam proses pembelajaran jarak jauh, dan siswa mengumpulkan tugas juga melalui link yang sudah dishare.
Sebagai guru pada kondisi pandemi proses pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Akunline dengan Media Pembelajaran Modif, maka materi di kelas XI pada masa pandemi dapat dituntaskan walaupun tidak maksimal seperti proses pembelajaran tatap muka langsung.
Model Pembelajaran dengan Media pembelajaran yang menarik akan memudahkan guru untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam menyerap materi pembelajaran. Perkembangan teknologi informasi yang kian pesat memungkinkan seseorang melakukan ekplorasi data dan informasi secara lebih luas dan praktis. Pemanfaatan HP Android dalam berbagai bidang pekerjaan dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan kegiatan dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat. Akhirnya hal tersebut akan meningkatkan produktivitas kerja.
Model Pembelajaran Akunline dengan menggunakan media pembelajaran Modul Interaktif yang dapat di akses oleh siswa melalui HP Android. Pengembangan media pembelajaran dilakukan pada materi pelajaran Praktikum akuntansi Jasa dan Dagang dengan Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuanan agar dapat disampaikan menggunakan Modul yang menarik, sehingga pembelajaran tidak monoton dan membosankan. Media ini dapat digunakan untuk Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada siswa kelas XI AKL yang dalam proses pembelajaran jarak jauh.
Akunline merupakan model pembelajaran akuntansi online penyampaian materi akuntansi secara online pada siswa kelas XI AKL dalam proses pembelajaran jarak jauh. Adapun cara penyampaian materi kepada siswa :
- a. Guru Menyiapkan materi pembelajaran dalam bentuk modul
- Materi tersebut di upload ke dalam Google Drive
- c. Di google drive guru membuat Folder untuk materi
- Dan guru juga menyiapkan tempat pengumpulan tugas digoogle drive
- e. Guru membuat link, link tersebut merupakan untuk mengakses materi dan tempat pengumpulan tuga
- f. Yang sudah dibuat dishare ke siswa yang dalam proses pembelajaran jarak jauh.
- g. Link tersebut dishare melalui WA g
Manfaat dari penggunaan Model Pembelajaran Akunline dengan media Modif dalam dunia pendidikan saat ini memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran. Siswa tidak perlu mengadakan perjalanan menuju tempat pelajaran disampaikan, akunline bisa dilakukan di mana saja baik yang memiliki akses ke Internet ataupun tidak.
Akunline memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara online. Siswa bebas menentukan kapan akan mulai, kapan akan menyelesaikan, dan bagian mana dalam satu modul yang ingin dipelajarinya terlebih dulu. Seandainya, setelah diulang masih ada hal yang belum ia pahami, siswa bisa menghubungi guru mapel lewat Whatshapp Group yang sudah dibuat, sebagai guru bisa memberikan pemahaman kepada siswa kapan saja dan dimana saja. Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan.
Proses pembelajaran jarak jauh atau online tidak selancar apa yang para guru bayangan, dalam pembelajaran online, banyak hambatan dan kendala dalam proses pembelajaran online, para guru harus mampu menguasai IT, jaringan internet, materi yang disampaikan tidak serratus persesn tuntas karena dari segi waktu penyampaian masih kurang atau minim. Dari segi siswa, siswa banyak yang belum mengerti penyampaian materi jarak jauh sehingga hasil yang diharapkan oleh guru tidak sesuai.
Dengan adanya kendala dan hambatan dalam pembelajaran jarak jauh para guru dilatih untuk mengenal filtur-filtur pembelajaran online. Guru dilatih mengenal yang Namanya google drive, pembelajaran jarak jauh dengan google drive lebih simple. Dengan demikian proses pembelajaran di kala pandemi dapat dilaksanakankan oleh guru dan siswa dengan lancer.
Ikuti tulisan menarik Ni Wayan Arningsih lainnya di sini.