x

Cat semprot memiliki sistem kinerja yang dipengaruhi oleh hukum termodinamika. Cat semprot meruapakan alat yang sudah umum digunakan dikehidupan sehari-hari.

Iklan

Lamtiur Paronauli Silaban

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 November 2021

Selasa, 30 November 2021 14:19 WIB

Teori Kinetik Gas, Bagaimana Penerapannya di Dalam Kehidupan Sehari-hari?

Teori kinetik gas adalah teori yang pertama kali menjelaskan mengenai tekanan gas yang didasarkan oleh tubrukan molekul – molekul, bukannya didasarkan dengan gaya statik yang menyebabkan molekul – molekul menjadi saling menjauhi satu sama lain. Teori kinetik gas juga menjelaskan mengenai bagaimana ukuran molekul yang ada di dalam gas bisa mempengaruhi kecepatan gerak molekul itu sendiri.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Halo teman-teman  cendekia!

Apakah teman-teman  pernah mendengar kata gas? Jika iya kira-kira apa yang timbul dipikiran teman-teman sekalian? Untuk lebih paham , simak penjelasan berikut ya.

Jadi berdasarkan pengertiannya gas adalah suatu zat yang ringan,tidak berbentuk,tidak terlihat, mengisi ruangan pada suhu dan tekanan yang normal.Dapat dikatakan sifatnya seperti udara. Jika begitu maka timbul lagi nih pertanyaan, jadi udara itu apakah termasuk gas atau tidak ya? Jawabannya adalah iya.Udara merupakan campuran gas yang terdapat dipermukaan bumi yang mengandung gas nitrogen, oksigen, karbondioksida dan lainnya. Udara ini adalah gas yang selalu kita hirup setiap hari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Coba teman-teman bayangkan, bagaimana cara gas mampu memenuhi suatu ruangan?Mengapa gas tersebut tetap berada di ruangan tersebut? Kita tentunya penasaran bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi. Ternyata hal tersebut dipengaruhi oleh sifat gas itu sendiri lho!

Benda gas adalah salah satu bentuk dan wujud zat benda yang mempunyai volume dan bentuk yang selalu berubah-ubah sesuai dengan wadahnya meskipun sulit dilihat dengan mata telanjang manusia. Selain tidak bisa dilihat oleh mata manusia, benda gas tidak bisa dipegang seperti benda padat dan benda cair.  Gas juga dapat bergerak bebas kemana saja dan volumenya juga turut berubah mengikuti wadahnya.

Selanjutnya teori  dan hukum yang membahas sifat gas yaitu teori kinetik gas dan hukum termodinamika. Akan tetapi pembahasan kita kali ini lebih berfokus pada teori kinetik gas. Teori kinetik gas adalah teori yang digunakan untuk menjelaskan sifat-sifat atau kelakuan suatu gas. Teori kinetik gas tidak mengutamakan kelakuan sebuah partikel, tetapi meninjau sifat zat secara keseluruhan.

Teman-teman cendekia perlu juga mengetahui faktor-faktor apa saja ya yang mempengaruhi teori kinetik gas? Faktornya ialah tekanan, suhu dan energi kinetik serta banyak tumbukan pada dinding suatu wadah. Dari banyaknya faktor tadi yang sangat mudah diamati ialah bagaimana tekanan dan suhu yang terjadi.

            Aplikasi Gas dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah pemaparan di atas, apakah teman-teman cendekia dapat menyebutkan contoh penerapan teori kinetik  gas di dalam kehidupan sehari-hari kita? Berikut contoh-contoh dari penerapannya ya!

  1. Balon Karet

    Mengapa balon dapat meletus? Balon dapat meletus disebabkan oleh dua hal yaitu kenaikan suhu dan tekanan gas pada balon. Jika kita meletakkan balon di bawah sinar matahari dalam waktu cukup lama maka balon akan meletus. Peristiwa meletusnya balon di atas terkait dengan hubungan tekanan, suhu,dan volume gas. Hal ini karena gas dalam balon juga meningkat, sama halnya dengan memompa balon secara terus-menerus.Gas dalam balon akan menekan dinding balon secara terus-menerus bersamaan dengan kenaikan tekanan dan volume balon.Nah pada saat dinding balon tidak dapat menahan tekanan gas maka pada saat itulah balon akan meletus.

  2. Cat Semprot

    Tentunya teman-teman tidak asing dengan gambar di atas. Cat semprot juga merupakan aplikasi dari teori kinetik gas. Seperti yang kita ketahui cat pilox atau cat semprot memiliki dua jenis zat yakni cat dan gas dengan tekanan tinggi yang disebabkan tekanan oleh gaya yang amat besar di dalam kaleng. Kaleng akan dikocok terlebih dahulu agar gas dan cat menyatu. Pada saat lubang terbuka cat dan gas secara otomatis meyembur keluar sebab tekanan di dalam kaleng yang sangat besar.

  3. Jarum Suntik

    Jarum merupakan alat yang menerapkan teori kinetik gas. Hal ini dapat dilihat melalui cara kerja atau penggunaan jarum suntik. Saat kita menarik batang penutup jarum, maka volume pada ruangan jarum meningkat dan tekanan menjadi rendah.Pada saat itu juga cairan yang berada di sisi lain akan masuk ke dalam jarum.

    Setelah itu saat cairan akan disuntikkan ke dalam tubuh, jarum suntik di dorong dan tekanan di dalam ruang jarum  kembali meningkat bersamaan dengan volume gas yang berkurang.

  4. Pompa Sepeda

     

    Saat sepeda yang kita gunakan mengalami kurang angin atau ban kempes tentunya akan menghambat aktivitas kita. Maka kita perlu memompa ban sepeda agar dapat digunakan kembali.Ketika kita memompa sepeda, maka udara yang terdapat di dalam pompa akan masuk ke dalam ban melalui lubang kecil ( pentil) sepeda. Pada saat kita menarik pompa maka  akan menyebabkan volume udara menjadi kecil dan tekanan udara menjadi besar sehingga udara terdorong ke dalam ban sepeda.

     

Ikuti tulisan menarik Lamtiur Paronauli Silaban lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu