x

Live Worksheets, sebuah LKPD online yang dapat Membantu Kebutuhan Murid dalam Praktikum Virtual Fisika

Iklan

Yustina Jaziroh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 November 2021

Kamis, 2 Desember 2021 17:28 WIB

Live Worksheets, Membantu Kebutuhan Murid dalam Praktikum Virtual Fisika

Live Worksheets, Sebuah Media Pembelajaran Interaktif berupa LKPD Online yang Dapat Membantu Kebutuhan Murid dalam Praktikum Virtual Fisika

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saya Yustina Jaziroh, guru fisika di SMA Negeri 16 Garut. Saya memiliki keinginan agar murid tetap bisa praktikum walaupun pembelajaran jarak jauh (PJJ). Apalagi pada pembelajaran Abad 21 ini dibutuhkan keterampilan berpikir kritis murid dalam menemukan suatu konsep melalui pengalaman belajarnya. Salah satu cara melatih keterampilan berpikir kritis adalah praktikum, baik praktikum langsung maupun virtual. Sedangkan yang sering kita jumpai saat ini dalam PJJ hanyalah pemberian tugas yang akhirnya membuat murid jenuh belajar.

Praktikum biasanya dilengkapi dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD ini sebagai acuan agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Namun, kondisi pandemi mengakibatkan sulitnya praktikum langsung di laboratorium. Beruntung saat ini sudah ada website yang menyediakan praktikum virtual melalui PhET Simulation. Namun, disana belum ada panduan praktikumnya sehingga menu-menu yang ada justru membingungkan murid. Oleh karena itu, tetap diperlukan LKPD. Sayangnya, panduan praktikum dalam bentuk LKPD offline yang dibagikan guru kurang dapat membantu murid dalam memahami dengan baik praktikumnya. LKPD offline juga memakan waktu lama dan tenaga ekstra dalam proses pembelajaran, mulai dari membagikannya, menulis, mengumpulkan sampai mengoreksi hasilnya.

Saya mulai mencari cara mengatasi tantangan pembelajaran di atas, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi, yaitu membuat LKPD offline menjadi LKPD online menggunakan Live Worksheets. Media pembelajaran ini tidak perlu aplikasi khusus, cukup dengan kunjungi website liveworksheets.com dan membuat akun. Selanjutnya dapat mengunggah LKPD offline yang sudah dibuat. Pahami beberapa rumus pilihan jawaban yang terdapat pada Live Worksheets agar lebih menarik dan interaktif. Terakhir, simpan dan bagikan link Live Worksheets pada murid melalui WA grup maupun Google Classroom. Berikan kesempatan kepada murid untuk mengeksplorasi Live Worksheets dengan praktikum virtual sampai mereka dapat menemukan sendiri konsep fisika yang ditunjukkan. Tentunya, peran guru dalam merancang LKPD dengan baik sangat diperlukan. Setelah murid  mengerjakan Live Worksheets, secara otomatis guru akan mendapatkan notifikasi hasil pekerjaan murid dan sebaiknya langsung direkap karena akan hilang otomatis dari notifikasi 30 hari ke depan. Selanjutnya, guru memberikan kesempatan murid untuk mempresentasikan pengalaman belajarnya melalui Zoom Meeting agar terjadi umpan balik dan refleksi pembelajaran materi tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Serunya menggunakan Live Worksheets ini dilengkapi dengan fitur pilihan jawaban yang menarik dan interaktif, seperti Essay, Multiple Choice, Word Puzzle, Dropdown-Selection, Check Boxes, Join with Arrow, Drag and Drop, Listening Section, Speaking, Add MP3, Watching Video dan Insert Link. Bagi murid, pengalaman belajar menggunakan Live Worksheets memberikan kesan mendalam dan beragam, baik melalui visual tampilan LKPD yang menarik, audio-video dari proses mendengarkan video yang ditunjukkan, dan kinestetik melalui pengisian jawaban yang interaktif. Melihat tanggapan positif murid membuat saya lebih semangat dalam membuat Live Worksheets lainnya.

Dengan menggunakan Live Worksheets, murid dapat melakukan praktikum virtual dengan baik melalui menonton video materi dan panduan praktikumnya sehingga membuat murid lebih antusias dalam belajar. Selain itu, alat evaluasi yang disediakan Live Worksheets beragam, menarik dan interaktif sehingga membuat murid tidak mudah bosan. LKPD online menggunakan Live Worksheets mengefektifkan waktu dalam pembelajaran maupun penilaiannya, karena sudah terkoreksi otomatis sehingga meringankan tugas guru dan murid pun dapat segera mengevaluasi kemampuan diri. Banyak rekan yang tertarik mempelajari dan menggunakan Live Worksheets. Menurut rekan guru saya, Live Worksheets ini tidak hanya untuk LKPD pelengkap praktikum, tetapi juga dapat digunakan pada pelajaran lainnya.

 

Ikuti tulisan menarik Yustina Jaziroh lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB