x

Iklan

Zakiyah S.Pd

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2021

Kamis, 2 Desember 2021 18:05 WIB

Pengembangan Media Tangram Tematik untuk Melatih Imajinasi Kreatif Siswa tunagrahita Ringan di SLBN Seduri Mojokerto


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

https://drive.google.com/drive/folders/1R-fyBS9e1g5BfQhCsLfQGJE44m4cqLTa?usp=sharing

Penelitian ini mengembangkan media tangram tematik untuk melatih imajinasi kreatif  siswa tunagrahita ringan . Tujuan penelitian ini adalah  : 1. Mendeskripsikan hasil melatih  imajinasi kreatif  siswa tunagrahita ringan sebelum menggunakan media tangram tematik. 2. Mendeskripsikan hasil pengembangan media tangram tematik dalam   melatih  imajinasi kreatif  siswa tunagrahita ringan. Imajinasi kreatif pada siswa tunagrahita merupakan hal yang mendasar, semakin rendah kemampuan  berfikir atau intelegensi siswa tunagrahita maka kemampuan dalam berimajinasi kreatif siswa tunagrahit tidak berkembang, untuk itu perlu adanya pengembangan dalam  kemampuan berimajinasi kreatif pada siswa tunagrahita agar bisa bisa meningkat.  
Penelitian ini menggunakan model penelitian Thiagarajan, terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate, dilakukan pada bulan Pebruari di SLBN Seduri Kab. Mojokerto dengan subjek siswa tunagrahita kelas tiga berjumlah 3 siswa. Pengumpulan data melalui tes dan non tes dengan menggunakan instrumen uji kelayakan produk dan tes kemampuan, untuk analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan awal berimajinasi kreatif siswa sebesar 36,7% dan pada kosa kata  sebesar 44%. Kemampuan awal inilah yang menjadi dasar penggunaan media tangram tematik dalam melatih kemampuan berimajinasi kreatif pada  siswa tunagrahita.  Berdasarkan penggunaan media tangram tematik untuk melatih kemampuan imajinasi kreatif otak kiri dan otak kanan siswa tunagrahita diperoleh hasil rata-rata kemampuan imajinasi kreatif  otak kiri 68,3% sedangkan kemampuan otak kanan sebesar 81,3%.
Pengembangan media tangram tematik dapat melatih kemampuan imajinasi kreatif pada  siswa tunagrahita ringan dapat dikatakan berhasil,  terjadi perubahan pada kemampuan  imajinasi kreatif siswa tunagrahita.

Kata Kunci :Media Tangram Tematik, Imajisansi Kreatif dan Kosa Kata, Siswa Tunagrahita

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

 

 

PDF

https://drive.google.com/file/d/1JcKYT42ZJmn1HNzlwb7yASDMvIzzcbUG/view?usp=sharing

Ikuti tulisan menarik Zakiyah S.Pd lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Interpolasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

20 jam lalu

Terpopuler

Interpolasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

20 jam lalu