x

Iklan

MOH SYAIFUL HAFID (MSH)

Ketua Tim Gerakan Literasi Sekolah (Gelis) Merdeka SMAN 1 Malang
Bergabung Sejak: 2 Desember 2021

Minggu, 5 Desember 2021 05:52 WIB

Merdeka Belajar dengan Free Site Learning (FSL)


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Transformasi teknologi saat ini melaju dengan sangat cepat terutama dalam dunia pendidikan, sehingga metode pembelajaran harus menyesuaikan dengan kodrat zaman, jaringan internet memberikan kemudahan yang sangat optimal dalam pembelajaran jarak jauh yang tak terhalang oleh jarak dan waktu.

Salah satu teknologi yang mempengaruhi pembelajaran adalah teknologi internet, kehadiran internet sangat memberikan dampak yang positif terutama pada masa pandemic covid-19 saat ini, penggunaan teknologi internet sangat solutif untuk pembelajaran jarak jauh.

Hal diatas tidak berbanding lurus dengan kenyataan dilapangan, dimana dibeberapa sekolah masih banyak yang belum memaksimalkan hadirnya teknologi internet tersebut, contohnya yaitu masih banyak Ibu/Bapak guru yang membawa segudang perangkat pembelajaran, tugas siswa, dan lain sebagainya dalam bentuk fisik (print out).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Media website sangat cocok guna mengatasi problematika diatas, media website sebagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan dampak positif dalam penggunaan internet, hal ini membutuhkan peran yang baik dari pendidik dan tenaga kependidikan dalam memgelola pembelajaran secara hybrid learning saat ini.

Google sites adalah salah satu media website yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, hal ini menjadi keunggulan tersendiri dimana selain frer juga user dapat mengelola webaitenya secara merdeka, merdeka disini adalah user dapat diisi dengan materi, unit kegiatan belajar mandiri (UKBM), video pembelajaran, presensi, jurnal, nilai, dan lain sebagainya.

Selain itu, google site juga dapat terintegrasi dengan beberapa fasilitas yang disediakan oleh google, seperti google classroom, drive, worksheet, youtube, dan lain-lain. Sehingga guru dapat berbagi materi dalam bentuk dokumen, gambar, video, presentasi, kalender, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, siswa juga dapat mengakses materi-materi atau tugas yang disuguhkan oleh guru, sehingga siswa dapat mempelajari atau mengerjakan tugas-tugasnya secara merdeka dengan tidak terikat oleh jarak dan waktu.

Pembelajaran dengan google sites dapat berpengaruh dalam proses pembelajaran siswa, karena siswa lebih nyaman, praktis, enjoy dalam belajar.

Ikuti tulisan menarik MOH SYAIFUL HAFID (MSH) lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler