x

Beliau kerap disapa SDD

Iklan

ANISAH QOTRUNNADA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Desember 2021

Selasa, 14 Desember 2021 10:20 WIB

Puisi ‘Aku Ingin’ Karya Sapardi Djoko Damono, apa maknanya?

Puisi karya Sapardi Djoko Damono yang termuat didalam antologi puisi “Hujan Bulan Juni” yang berjudul ‘aku ingin’ memiliki makna yang tersirat didalamnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra berupa suatu ungkapan, gagasan, dan perasaan yang dtuangkan dalam tulisan, lalu dapat diekspresikan secara lisan. Seseorang dapat menceritakan suatu pengalamannya melalui puisi. Pada dasarnya puisi berisi suatu pesan, suasana, serta pengalaman dari seseorang yang kemudian dituangkan ke dalam puisi. Oleh karena itu, ketika membuat puisi pasti terdapat makna atau pesan yang ingin disampaikan melalui puisi tersebut. Sebagaimana, para sastrawan Indonesia yang menulis beberapa antologi puisi yang di dalamnya terdapat pesan atau makna yang ingin disampaikan, kemudian dituangkan ke dalam karya sastra sehingga menghasilkan suatu karya sastra berupa antologi puisi. Begitupun dengan salah satu sastrawan Indonesia, yaitu Sapardi Djoko Damono yang menciptakan karya sastra berupa antologi puisi.

Siapa sih yang tidak kenal Sapardi Djoko Damono? pasti semua orang mengenalnya. Sapardi Djoko Damono merupakan seorang pujangga di Indonesia. Sapardi Djoko Damono dikenal melalui karya-karyanya yang sangat memukau. Salah satu karya Sapardi Djoko Damono, yaitu antologi puisi yang berjudul Hujan Bulan Juni (1994). Puisi-puisi yang terdapat di dalam antologi puisi Hujan Bulan Juni sangat menarik lantaran antologi puisi tersebut memiliki makna yang tersirat didalamnya. Begitupun dengan puisi yang berjudul ‘Aku Ingin’ karya Sapardi Djoko Damono termuat di dalam antologi puisi Hujan Bulan Juni, dalam puisi Aku Ingin tersebut terdapat makna yang dituangkan oleh Sapardi Djoko Damono.

Syair puisi Aku Ingin yang termuat di dalam antologi puisi “Hujan Bulan Juni” Karya Sapardi Djoko Damono, sebagai berikut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

Syair puisi pada bait pertama terdapat makna yang tersirat dalam puisi tersebut, yaitu pada larik ‘Aku ingin mencintaimu dengan sederhana’ memiliki makna bahwa sosok ‘aku’ memiliki rasa cinta yang tulus kepada seseorang yang dicintainya, atau dapat dikatakan mencintai dengan kesederhanaan yang disebut juga dengan mencintai apa adanya. Sedangkan, pada larik ‘dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu’ penyair menulis sajak tersebut dengan melihat fenomena alam, yaitu fenomena kayu yang terbakar api sehingga kayu tersebut menjadi abu. Dengan demikian, larik tersebut memiliki makna bahwa ada rasa cinta yang belum sempat disampaikan tetapi cinta tersebut justru kandas layaknya, kayu dibakar api yang menjadi abu sehingga tidak ada harapan lagi dalam mengungkapkan rasa cinta tersebut.

Begitupun pada bait kedua pada puisi Aku Ingin tersebut terdapat makna, yaitu adanya penjelasan lebih lanjut bahwa penyair ingin menyampaikan melalui sajaknya dengan memperjelas dalam larik ‘Aku ingin mencintaimu dengan sederhana’ memiliki makna dengan memperjelas bahwa sosok ‘aku’ ingin mencintai sesorang yang dia cintai dengan apa adanya atas ketulusan hatinya. Adapun pada lirik ‘dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada’ penyair menulis sajak tersebut berdasarkan fenomena alam, yaitu fenomena awan yang hilang atau tidak terlihat ketika hujan turun, tetapi tanpa adanya awan maka hujan tersebut tidak akan turun dan tidak aka nada hujan. Dengan demikian, larik tersebut memiliki makna bahwa mencintai seseorang perlu adanya suatu pengorbanan. Oleh karena itu, penyair menyampaikan pada bait kedua bahwa sosok ‘aku’ mencintai seseorang yang ia cintai dengan apa adanya sesuai ketulusan hati dengan kesederhanaan walaupun tidak sempat mengungkapkannya, tetapi sudah melakukan suatu pengorbanan untuk orang yang dicintainya.

Ikuti tulisan menarik ANISAH QOTRUNNADA lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler