Menjaga Jantung dengan Jantungku

Sabtu, 18 Desember 2021 15:43 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak masyarakat yang tidak mengetahui gejala ketika terkena penyakit jantung sehingga penanganan ataupun pengobatannya menjadi terlambat. Hal ini yang menyebabkan tingginya angka kematian dan biaya perawatan pada pasien-pasien dengan penyakit jantung. APlikasi Jantungku merupakan inovasi yang membantu masyarakat untuk menjaga dan merawat jantung.

Kepergian Walikota Bandung Oded M. Danial mengejutkan kita semua, terutama bagi warga Bandung.

Mang Oded, meninggal karena sakit jantung, saat hendak memberikan khutbah Jumat di Mesjid Mujahidin Jalan Sancang Kota Bandung, Jumat 10 Desember 2021, diyakini merupakan salah satu kematian yang husnul khotimah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Terlepas dari takdir atau bukan, kenyataannya penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyakit ini jadi penyebab sepertiga dari seluruh kematian yang ada di dunia pada tahun 2019. Jumlah kematiannya juga terus meningkat. Pada 2020 saja hampir 10 juta orang di seluruh dunia meninggal akibat penyakit jantung. Angka ini belum termasuk angka di 2021. WHO bahkan memprediksi pada 2030 mendatang orang yang meninggal akibat penyakit jantung bisa menyentuh angka 50 juta per tahunnya.

Jantungku (2)

Banyak masyarakat yang tidak mengetahui gejala ketika terkena penyakit jantung sehingga penanganan ataupun pengobatannya menjadi terlambat.  Hal ini yang menyebabkan tingginya angka kematian dan biaya perawatan pada pasien-pasien dengan penyakit jantung.

Selain itu, jumlah dokter spesialis jantung dibandingkan masyarakat yang harus dilayani masih sangat kurang, menurut PERKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia), saat ini jumlah dokter kardiovaskular hanya sebanyak 860 dokter. Jumlah dokter yang masih sabgat kecil dibandingkan jumlah penduduk dengan rasio 300 dokter untuk 100.000 penduduk dan terpusat di Jawa. Pandemi juga membatasi dan menyulitkan masyarakat untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung karena khawatir risiko penularan ketika berkonsultasi secara tatap muka.

Hal-hal di atas menjadi pemikiran beberapa dokter spesialis jantung. Bagaimana caranya membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan jantung, mengetahui gejala-gejala serangan penyakit jantung dan memberi tindakan pertolongan pertama? Berkonsultasi dengan spesialis yang kompeten dengan  cepat berdasarkan rekam medik pasien? Rekam medik adalah data sensitif yang tidak boleh diakses oleh sembarang orang, tapi dibutuhkan dokter agar dapat memberikan anjuran/diagnosa/tindakan yang tepat dalam upaya mengobati pasien.

Jantungku (3)

Berdasarkan pemikiran tersebut, maka lahitrlah aplikasi Jantungku yang hadir untuk memberikan solusi dari hulu ke hilir atas permasalahan kesehatan jantung.

Berbagai macam fitur dengan banyak manfaat disematkan dalam aplikasi, sehingga penggunanya dapat mengakses layanan kesehatan jantung hanya dari smartphone yang dimilikinya. Pengguna tidak perlu repot lagi membawa berbagai macam berkas atau dokumen saat berkunjung ke rumah sakit untuk melakukan kontrol atau pengobatan, karena fitur catatan medis yang ada di dalam aplikasi memungkinkan pengguna Jantungku untuk dapat menyimpan data kesehatannya. Seluruh data kesehatan pengguna Jantungku tersimpan dalam teknologi blockchain yang menjadi keunggulan Jantungku, sehingga pengguna tidak perlu khawatir datanya hilang atau diakses orang lain tanpa seizin pengguna yang bersangkutan.

  1. Agus Thosin, Sp.JP yang merupakan dokter spesialis jantung dan juga salah satu co-founder dari Jantungku mengatakan “Jantungku memiliki fitur yang merupakan sebuah terobosan dalam aplikasi kesehatan sejauh ini yaitu penyimpanan catatan medis digital yang dapat menyimpan data kesehatan penggunanya dengan aman, yang mana rekam medis ini hanya dapat berikan dengan seizin pengguna tersebut jika sewaktu-waktu diperlukan, ini sangat membantu sekali bagi para dokter spesialis jantung pada khususnya dalam memberikan penilaian medis kepada pengguna baik melalui konsultasi online maupun langsung, berhubung penyakit jantung ini merupakan chronic desease

Selain itu, pengguna tidak perlu kesulitan untuk mendapatkan akses kepada fasilitas kesehatan jantung terdekat. Dengan fitur AI Pemeriksaan Mandiri akan membantu pengguna bila terdapat gejala sakit yang diduga karena gangguan jantung, sehingga dapat diberikan informasi oleh aplikasi apakah disarankan untuk pergi ke dokter jantung atau tidak perlu, pengguna dapat mendaftarkan dirinya dengan mudah dan cepat ke fasilitas kesehatan jantung terdekat dari lokasi pengguna saat itu atau pun melakukan konsultasi secara online dengan dokter sepesialis jantung.

Jantungku (4)

Fitur-fitur lainnya seperti pengingat jadwal kontrol, jadwal minum obat, panduan pencegahan penyakit jantung maupun hidup sehat, dan fitur lainnya benar-benar akan memudahkan pengguna Jantungku untuk mendapatkan layanan kesehatan jantung yang efektif, efisien, dan lengkap. Selain itu, Jantungku bukan hanya berupaya untuk memberikan layanan terhadap penderita penyakit jantung saja, namun juga upaya pencegahan yang dapat dilakukan oleh individu. Melalui Jantungku, individu dapat menghitung persentase kemungkinan mereka terkenan penyakit jantung dengan fitur kalkulator kesehatan, sehingga individu tersebut mampu mencegah terjadinya penyakit jantung dan memulai atau melanjutkan kebiasaan hidup sehat.

“Aplikasi Jantungku hadir sebagai solusi layanan kesehatan jantung terintegrasi dari hulu ke hiliri yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun diikuti dengan perncanaan ekosistem digital lainya yang suatu saat dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan aplikasi, dengan tim dari berbagai perpaduan ilmu dan dimiliki juga oleh dokter spesialis jantung berpengalaman. Harapannya, masyarakat Indonesia mampu mengakses layanan kesehatan jantung yang mudah, lengkap, aman, efektif dan efisien” Ujar Feby M Faisal, salah satu co-founder dari Jantungku.

Aplikasi jantungku yang merupakan produk e-Health dari PT. Sehat Utama Global yang berlokasi di Bandung Heart Clinic Jl. Buah Batu No.211, Turangga, Kota Bandung, Jawa Barat sudah dapat dimanfaatkan melalui website www.jantungku.id atau sudah bisa diunduh melalui playstore.

Dalam aplikasi ini, terdapat berbagai macam fasilitas fitur dengan banyak manfaat, sehingga penggunanya dapat mengakses layanan kesehatan jantung hanya dari smartphone yang dimilikinya. Diantaranya adalah:

Jantungku (4)

1) Catatan medis, dimana pengguna aplikasi tidak perlu repot lagi membawa berbagai macam berkas atau dokumen saat berkunjung ke rumah sakit untuk melakukan kontrol atau pengobatan, karena fitur catatan medis yang ada di dalam aplikasi memungkinkan pengguna Jantungku untuk dapat menyimpan data kesehatannya. Seluruh data kesehatan pengguna Jantungku tersimpan dalam teknologi blockchain yang menjadi keunggulan Jantungku, sehingga pengguna tidak perlu khawatir datanya hilang atau diakses orang lain tanpa seizin pengguna yang bersangkutan. Selain fitur catan medis juga terdapat

2) Kalkulator Kesehatan, aplikasi Jantungku bukan hanya berupaya untuk memberikan layanan terhadap penderita penyakit jantung saja, namun juga upaya pencegahan yang dapat dilakukan oleh individu. Melalui fitur kalkulator Kesehatan pada aplikasi Jantungku, individu dapat menghitung persentase kemungkinan mereka terkenan penyakit jantung, sehingga individu tersebut mampu mencegah terjadinya penyakit jantung dan memulai atau melanjutkan kebiasaan hidup sehat. Selain itu  terdapat juga.

3) Pengingat Obat dan Kontrol, membantu pasien penyakit jantung untuk mengkonsumsi obat yang wajib dikonsumsi dan juga untuk pengigat jadwal kontrol ke dokter

4) Makanan dan Kalori, membantu pengguna aplikasi untuk mencatat dan menghitung kalori makanan yang dimakan setiap hari. 

5) Informasi Fasilitas Kesehatan jantung terdekat

6) Artikel Kesehatan, memberikan informasi valid dan edukasi mengenai penyakit jantung dan topik-topik Kesehatan lainya,

7) Penanganan Penyakit Jantung Mandiri dengan AI, membantu pengguna bila terdapat gejala sakit yang diduga karena gangguan jantung, sehingga dapat diberikan informasi oleh aplikasi apakah disarankan untuk pergi ke dokter jantung atau tidak perlu,

8) Pertolongan Pertama, membantu pengguna menemukan pertolongan pertama Ketika terjadi serangan jantung dan

9) Konsultasi Online dengan dokter spesialis jantung.

Jantungku (5)

Dengan mengunduh dan memanfaatkan aplikasi ini, diharapkan masyarakat memiliki sadar menjaga kesehatan jantung, termasuk paham bagaimana cara menangani dan memberi pertolongan pertama jika terjadi serangan jantung.

Aplikasi Jantungku meraih Silver Award Indonesia Healthcare Innovation Awards (IHIA) V Tahun 2021 untuk kategori Teknologi Informasi Kesehatan (TIK), 25 November 2021.

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Ikhwanul Halim

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Anak-anak Malam Minggu

Sabtu, 2 September 2023 17:05 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua