Begini Cara Menghasilkan Uang dari Hobi Mendaki Gunung dan Bertualang - Pilihan Editor - www.indonesiana.id
x

Gunung Merbabu

anton sujarwo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Desember 2020

Jumat, 24 Desember 2021 15:06 WIB

  • Pilihan Editor
  • Topik Utama
  • Begini Cara Menghasilkan Uang dari Hobi Mendaki Gunung dan Bertualang

    Kamu tetap bisa menghasilkan uang sambil mendaki gunung, bertualang, menjelajahi alam raya dan jalan-jalan. Tentu saja asal kamu tahu caranya. Nah, ini adalah lima cara yang dapat kamu lakukan jika menginginkan bisa bertualang sekaligus tetap menghasilkan banyak uang.

    Dibaca : 800 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Hobi bertualang dan mendaki gunung tentu saja bukan hobi yang murah untuk dilakoni. Perjalanan yang dilakukan ke berbagai pegunungan dan tempat eksplorasi, sudah tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi berbagai perlengkapan bertualang dan mendaki gunung yang untuk item tertentu, juga memiliki harga yang tidak dapat dikatakan murah.

    Namun hobi mendaki gunung dan bertualang juga bukan hobi yang negatif lantaran kesan pemborosannya yang mungkin begitu melekat pada beberapa orang. Di balik kegiatannya yang melelahkan dan penuh risiko, mendaki gunung dan bertualang juga memiliki banyak manfaat. Manfaat kesehatan, mentalitas, pengembangan emosi dan melatih jiwa kepemimpinan, adalah beberapa efek positif yang dapat diambil dari hobi bertualang.

    Akan tetapi yang paling menarik dan mungkin belum diketahui banyak orang adalah; bahwa hobi seperti ini juga bisa membuat kamu menghasilkan uang. Jadi sembari terus mendaki dan bertualang ke berbagai pelosok negeri, kamu juga dapat terus menghasilkan uang yang mengalir ke kantong dan rekeningmu.

    Tapi, bagaimana caranya?

    Ini adalah beberapa di antaranya, atau kamu juga bisa melihat informasi lengkapnya disini.

    Membuka Jasa Endorsement

    Cara pertama yang bisa kamu tempuh untuk menghasilkan uang dari hobi sebagai seorang pendaki gunung atau petualang adalah dengan membuka jasa endorsement. Dengan menjadikan dirimu sebagai bintang iklan suatu produk, merek, atau jasa tertentu, maka kamu berhak mendapatkan bayaran yang dapat kamu tentukan sendiri jumlah dan besarannya.

    Namun untuk layak menjadi seorang endorser seperti selebgram atau bintang youtube dan lain sebagainya, kamu tentu saja harus memenuhi kriteria terlebih dahulu. Lantas, apa kriteria yang harus dipenuhi untuk dapat menawarkan jasa endorsement atas dirimu atau pun akunmu di media sosial semacam instagram, youtube dan juga facebook?

    Cara yang paling realitis tentu saja kamu harus memiliki follower atau pengikut yang cukup banyak terlebih dahulu. Jika akun follower instagram-mu mencapai jumlah ratusan ribu, subscriber youtube-mu juga banyak, maka tentu saja membuka jasa endorsement dapat kamu lakukan untuk menghasilkan uang sembari terus menekuni hobimu mendaki dan bertualang.

    Menjadi Brand Ambassador

    Menjadi seorang pendaki gunung dan petualang yang profesional saat ini bisa membuatmu menjadi kaya raya. Apakah kamu percaya ungkapan ini?

    Jika tidak, maka kamu harus berkenalan dengan Jimmy Chin, salah satu atlit pendaki gunung, petualang, pemain ski mountaineering yang dibayar sebesar $10.000 untuk satu jam berpidato pada salah satu forum penting di Amerika Serikat. Hal ini tentu saja tidak dicapai Jimmy dalam waktu semalam, ada proses panjang yang ia lakukan sebelum ada orang yang mau membayar sekitar 150 juta rupiah untuk satu jam ia berbicara.

    Jimmy Chin adalah brand ambassador merek-merek outdoor paling populer dunia seperti The North Face dan semacamnya. Dan ia sosok yang teguh dan tekun mengasah kemampuannya dalam dunia pendakian gunung, ia juga menjadi salah satu fotografer andalan dari National Geographic untuk kemampuannya menggunakan kamera di alam bebas.

    Apa artinya ini? Artinya bahwa dengan konsistensi yang kuat, semangat untuk terus belajar secara totalitas, profesi sebagai pendaki gunung dan petualang juga bisa mengantarkan kamu untuk menghasilkan banyak uang yang salah satu caranya adalah dengan menjadi seorang brand ambassador.

    Menjual Hasil Karya Berupa Foto

    Pekerjaan yang cocok untuk pendaki gunung selanjutnya adalah dengan menjadi fotografer alam bebas yang tentu saja dapat menghasilkan cukup banyak uang. Seperti halnya Jimmy Chin atau para fotografer outdoor paling populer lainnya, kamu dapat menghasilkan uang banyak dengan cara menjual hasil bidikan kameramu saat bertualang.

    Saat ini ada banyak website yang siap membayar fotomu dengan harga yang cukup menarik jika hasil karyamu memang pantas untuk itu. Situs-situs foto seperti Freepik, Stockphoto, Pixabay dan lain sebagainya, akan bersedia menampung fotomu-fotomu jika kamu memang cukup pandai menggunakan kamera untuk menangkap momen-momen menarik dalam petualangan yang kamu lakukan.

    Menjadi Seorang Pemandu atau Guide Pendakian dan Petualangan

    Pemandu atau guide juga menjadi salah satu pekerjaan untuk pecinta alam yang lazim dilakukan. Guide yang dimaksud disini tentu saja adalah guide dalam aktivitas bertualang atau mendaki gunung. Dengan menjadi pemandu suatu perjalanan petualangan atau pun pendakian, maka kamu tentu saja dapat menghasilkan uang sementara hobimu juga tetap tersalurkan.

    Namun untuk menjadi seorang pemandu gunung profesional, kamu tentu saja harus memenuhi syarat-syarat yang telah umum digunakan. Kamu misalnya harus mengerti dengan sangat baik segala segi aktivitas yang kamu lakukan, termasuk misalnya dalam skenario mendadak jika sebuah kondisi darurat terjadi pada tim yang kamu pandu nantinya.

    Di Indonesia menjadi guide menjadi sesuatu yang sudah umum dan cukup booming pada beberapa tahun terakhir. Perjalanan Open Trip, Pendakian Bersama, dan lain sebagainya, adalah beberapa contoh gaya bertualang komersial yang membutuhkan jasa kepanduan atau guide.

    Membuka Jasa Agen Perjalanan

    Menekuni profesi pendaki gunung sama sekali bukan hal yang tabu dan suram untuk dilakukan. Beberapa rekomendasi pekerjaan terkait dengan pendakian juga akan memberikan peluang untuk meraih mada depan yang cerah. Dan salah satu contoh dari rekomendasi pekerjaan tersebut adalah dengan membuka jasa agen perjalanan wisata atau pun petualangan.

    Membuka agen perjalanan komersial untuk pendakian gunung atau pun aktivitas petualangan lainnya, adalah salah satu bisnis yang tumbuh dengan sangat baik saat ini. Bermunculannya berbagai tempat wisata baru dengan basis alam bebas adalah indikator bagaimana besarnya minat wisata alam yang dapat menjadi bidang garapan agen petualang komersial yang menjanjikan.

    Jika kamu memilih profesi sebagai operator agen perjalanan petualangan, maka kamu tentu saja akan memiliki cukup banyak uang dengan kemampuanmu menjaring calon petualang yang membutuhkan jasamu. Nah, sambil mengantar para klien yang menggunakan jasa agen perjalanan yang kamu miliki, kamu juga bisa menyalurkan hobimu untuk terus bertualang.

    Menulis Buku

    Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan uang melalui hobimu sebagai pendaki gunung atau petualang adalah dengan menulis. Menulis pun ada banyak macam yang dapat kamu tekuni. Kamu bisa menulis di blog, di forum menulis seperti wattpad, atau jika kamu ingin lebih serius, maka kamu dapat menulis buku.

    Kisah pendakianmu ke berbagai gunung yang tentu saja melukiskan cerita dan kisah, dapat kamu ubah menjadi lembar-lembar tulisan buku dan novel. Cerita-cerita ini kemudian dapat kamu susun, diterbitkan dalam bentuk buku dan kemudian dijual di masyarakat. Dan dengan cara itu kamu kemudian bisa menghasilkan uang.

    Namun, menulis buku dan menjadikannya diterima di masyarakat tentu bukan hal yang mudah. Untuk dapat melakukan hal itu kamu harus tekun menulis, konsisten dan jangan pernah menyerah. Jika pun seandainya penjualan bukumu tidak seperti yang kamu impikan, paling tidak kisah serta buah penamu akan menjadi abadi sepanjang zaman.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.