Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja, Pembelajaran Berbasis Proyek Mengusung Tema Kewirausahaan di SMK PP Negeri Padang - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Rilda Gumala

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2021

Senin, 17 Januari 2022 15:23 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja, Pembelajaran Berbasis Proyek Mengusung Tema Kewirausahaan di SMK PP Negeri Padang

    Pembelajaran Berbasis Project (Project Based learning ) pada mata pelajaran P5BK ( Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK PP Negeri Padang

    Dibaca : 3.217 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kurikulum paradigma baru yang diterapkan di SMK PK (SMK Pusat Keunggulan), salah satu upayanya adalah dengan mengembangkan proyek penguatan profil pelajar pancasila dan budaya kerja untuk  mewujudkan  profil pelajar yang diharapkan dapat dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia yaitu profil pelajar pancasila dengan enam dimensi karakter meliputi : 1)Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia;2)Berkebhinnekaan global; 3)Beregotong royong;4) Mandiri; 5) Bernalar Kritis ;6) Kreatif.

    P5BK memiliki 9 (sembilan) tema yaitu : 1) Gaya hidup berkelanjutan;2) Kearifan lokal ;3)Bhinneka Tunggal Ika;4) Bangunlah jiwa dan raganya;5) Suara Demokrasi;6) Berekayasa dan berteknologi membangun NKRI; 7) Kewirausahaan; 8) Kebekerjaan ;9) Budaya Kerja. Pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 SMK PP Negeri Padang mengusung tema kewirausahaan untuk mendukung program mewujudkan  agripreneur milenial yang cerdas berkarakter sesuai profil pelajar pancasila.

    P5BK merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu guna mengamati dan mengupayakan solusi terhadap permasalahan  yang ada di lingkungan sekitar   melalui proyek. Hal ini diharapan memberikan ruang bagi peserta didik untuk belajar semakin aktif, interaktif , fleksibel,  dan situasi belajar tidak formal serta tentu saja terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi sehingga peserta didik  mampu menemukan solusi terhadap masalah, cepat mengambil langkah dan keputusan yang pada akhirnya nanti  peserta didik dapat menghasilkan produk atau aksi

    Sebagaimana diketahui bahwa pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk melakukan investigasi secara mendalam tentang suatu topik, menyelesaikan permasalahan berbasis riset  yang berkualitas ,nyata dan relevan. Dengan Pembelajaran berbasis proyek ini  tampak peserta didik sangat antusias, kreatif dalam berkerjasama dan berkolaborasi untuk menyelesaikan suatu proyek. Salah satu proyek kewirausahaan yang dipilih untuk dikembangkan oleh peserta didik dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5BK) di SMK PP Negeri Padang adalah Wirausaha Hidroponik sayuran daun seperti selada ( Lactusa sativa) dan Caisim (Brassica chinensis var Parachinensis), pembibitan dan pengolahan bunga telang (Clitoria ternatea)

    Bagi peserta didik baru dalam hal ini kelas X SMK PP Negeri Padang, pembelajaran berbasis proyek dengan menghasilkan produk di akhir proyek, dapat dilihat antusiasme  peserta didik yang luar biasa selama proses pembelajaran itu berlangsung. Bagi mereka pembelajaran P5BK adalah hal baru yang diterapkan untuk menguatkan dan mengembangkan karakter peserta didik sehingga menjadi pelajar sesuai dengan profil pelajar pancasila dan budaya kerja serta suatu hari nanti mampu menjadi pengusaha di bidang pertanian (Agripreneur) milenial. Tema P5BK yang diusung adalah kewirausahan sehingga peserta didik dapat berlatih secara fisik ,mental dan spiritual dalam dimensi profil pelajar pancasila, menempa diri menjadi insan-insan muda , petani milenial, serta agripreneur millennial.

     

    Ikuti tulisan menarik Rilda Gumala lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.