x

Iklan

Vita Marisa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Januari 2022

Sabtu, 22 Januari 2022 08:02 WIB

Konsultasi Belajar dan Mini Games Bersama Anak SD

Universitas Muhammadiyah Malang memiliki salah satu kegiatan  PMM, salah satu kegiatan PMM dilakukan oleh kelompok 5 Gelombang 17 di Desa Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Universitas Muhammadiyah Malang memiliki salah satu kegiatan  PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa). Kegiatan ini adalah sarana bagi Mahasiswa yang ingin terjun langsung ke lapangan untuk menerapkan kegunaan ilmu yang telah di dapat selama berkuliah dan mengaplikasikannya ke dalam masyarakat  dengan bimbingan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) yang dibagi pada setiap kelompok.

Pada kelompok 5  Gelombang 17 kami melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Kegiatan PMM ini memiliki tema  "Konsultasi Belajar dan Mini Games Bersama Siswa SD di Desa Pandanwangi"

Konsultasi belajar dan mini games ini kami lakukan di musolah yang ada di Rt 06 Desa Pandanwangi tepatnya pada malam hari. Konsultasi belajar ini dilakukan pada malam hari karena meneyesuaikan dengan jadwal anak-anak SD,dimana pada pagi harinya mereka melakukan kegiatan belajar di sekolah dan di hari libur susah untuk mengumpulkan anak-anak sendiri. Oleh sebab itu kami mengadakan konsultasi belajar dan mini games pada hari dimana anak-anak di Desa Pandanwangi sedang melakukan kegiatan belajar mengaji karena pada kesempatan itu terdapat banyak anak yang akan mengikuti kegiatan mengaji, jadi kami memanfaatkan situasi tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adapun kegiatan konsultasi belajar yang kami lakukan yitu dengan bertanya kepada anak-anak mengenai kendala apa yang di dapat saat sedang melakukan aktivitas belajar di sekolah maupun di rumah. Kami sebisa mungkin akan memberikan solusi kepada anak-anak mengenai masalah yang mereka hadapi.

Selain melakukan konsultasi belajar kami juga memberikan beberapa games kepada anak-anak berupa pertanyaan mengenai hitungan dan pengetahuan yang berkaitan dengan islam, dimana jika ada anak-anak yang berhasil menjawab dengan benar akan di berikan beberapa snack (makanan ringan). Tujuan kami memberikan anak-anak snack (makanan ringan) tersebut agar dapat menumbuhkan inisiatif anak-anak untuk menjawab pertanyaan yang di berikan. Adapun tujuan di buatnya games ini agar anak-anak dapat mengasah kemampuan yang telah dimiliki dan dapat menambah wawasan mengeinai islam dan perhitungan maupun dapat belajar sambil bersantai.

Harapan kami sebagai anggota PMM dari Universitas Muhammadiyah Malang semoga dengan adanya konsultasi belajar maupun mini games ini dapat menambah wawasan adik-adik yang ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan yang telah di selenggarakan.

 

Penulis: Nurul Faizah

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Ikuti tulisan menarik Vita Marisa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu