x

Iklan

Junita Annisa Putri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Januari 2022

Senin, 24 Januari 2022 16:35 WIB

Unisa Yogyakarta Mendukung Program Pemerintah Tanggulangi Covid-19 dengan Mengadakan Vaksinasi Massal

Saya menulis Essai ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Wuhan coronavirus yang dinamakan WHO sebagai 2019 Novel Coronavirus adalah jenis virus corona yang dapat menginfeksi manusia karena kecepatanya dalam berkembang biak. Walaupun, pada umumnya hanya menginfeksi binatang. Terdapat 7 jenis virus corona yang dapat menginfeksi manusia. Dua di antaranya yaitu SARS Coronavirus dan MERS Coronavirus termasuk Coronavirus yang baru ditemukan. Virus corona (COVID-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Virus tersebut menyerang sistem pernafasan manusia. Salah satu cara mengatasi pemutusan rantai penularan Covid-19 adalah dengan melakukan vaksinasi bagi masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. Tubuh seseorang yang telah disuntikkan vaksin, akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Dengan demikian, tubuh akan mengenai virus dan mengurangi risiko terpapar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 10 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA Yogyakarta) menggelar vaksinasi massal. Kegiatan vaksinasi ini dilakukan guna mendukung program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran dan melindungi diri dari Covid-19 di Indonesia. Dalam kegiatan ini, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA Yogyakarta) menampung 6500 peserta vaksinasi yang bekerja sama dengan Anggota TNI, POLRI, dan Kementerian Kesehatan RI.

Pemberian vaksin dosis pertama dilaksanakan pada Rabu, 25 Agustus 2021 di Gedung B UNISA Yogyakarta yang beralamat di 68JM+M94, Area Sawah, Nogotirto, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55592. Dihadiri oleh Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo; Panglima TNI; Marsekal TNI Hadi Tjahjanto; Ketua Umum PP Muhammadiyah; Haedar Nashir; dan Ketua Umum PP ‘Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini.

“Covid-19 adalah masalah bersama yang harus dipecahkan bersama dan vaksinasi adalah bagian dari ikhtiar kita,” ujar Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah saat memberikan pernyataannya kepada wartawan. Rektor Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA Yogyakarta), Warsiti, menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk kontribusi nyata UNISA Yogyakarta untuk mendukung program vaksinasi Covid-19 di DI Yogyakarta. Warsiti juga mengatakan bahwa dengan adanya program vaksinasi massal ini, dapat mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) yang akan melindungi dan memperkuat sistem kesehatan masyarakat secara menyeluruh. Sehingga, dapat melangsungkan aktivitas atau kebiasaan baru dan dapat meningkatkan produktivitas.

Ikuti tulisan menarik Junita Annisa Putri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler