x

Menyelenggarakan kegiatan Study Tiru antara dua Perpustakaan Desa

Iklan

Ramadhina Nur Solikhah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 07:18 WIB

Mahasiswa UIN Malang Ikut Serta Menyelenggarakan Kegiatan “Study Tiru” Perpustakaan Desa

Mahasiswa KKM UIN Malang di Desa Plosorejo ikut serta menyelenggarakan kegiatan “Study Tiru” antara Perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo dengan Perpustakaan Desa Cakrawala Kabupaten Ngawi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa KKM UIN Malang di Desa Plosorejo ikut serta menyelenggarakan kegiatan “Study Tiru” antara Perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo dengan Perpustakaan Desa Cakrawala Kabupaten Ngawi. Dikarenakan pada tanggal 25 Agustus 2021 Perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo berhasil meraih juara 1 lomba perpustakaan desa terbaik se-nasional, maka kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan kekreatifitasan dan inovasi atau sharing ilmu pengetahuan dan wawasan baru Perpustakaan Desa Cakrawala agar siap kembali dalam mengikuti lomba tahun depan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 14 januari 2022 ini dihadiri sekitar 30 orang dari Perpustakaan Desa Cakrawala Kabupaten Ngawi dan disambut oleh Kepala Desa Plosorejo Drs. Bejananto, dan diisi materi oleh Bapak Sugiono. Dalam kegiatan ini, Ketua Pelaksana yakni Bapak Sugiono menjelaskan bahwa Perpustakaan Desa Plosorejo sebagai perpustakaan desa terbaik tingkat nasional memiliki perpustakaan dengan berbagai koleksi yang memadai. Perpustakaan Desa tersebut pada dasarnya menjadi sumber informasi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi warga dea setempat.

Perpustakaan Samudra Pustaka telah berinovasi diantaranya 9 Pojok Baca, Obrok Pintar, Bung Karno Corner dan tersedianya barcode yang memudahkan pembaca menemukan literasi. Selain ada buku, di Perpustakaan Samudra Pustaka juga terdapat pameran batik dan kerajinan hasil dari praktik setelah membaca buku. Perpustakan Samudra Pustaka terbuka untuk umum, dari daerah lain pun diperbolehkan utnuk berkunjung atau meminjam buku, asalkan tetap patuh dengan prokes yang ada.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Keberadaan Perpusakaan Desa di Desa Plosorejo harus dimanfaatkan  dengan sebaik-baiknya karena informasi yang termuat di dalam koleksi-koleksi yang tersedia tent akan menunjang kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat itu sendiri. Selain berharap agar masyarakat berinisiatif untuk berkunjung ke Perpustakaan Desa, maka Pengelola Perpustakaan Desa juga dapat mengembangkan layanan. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan bahan bacaan.

Ikuti tulisan menarik Ramadhina Nur Solikhah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB